15 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan dan Kecantikan

4 min


Kencur adalah jenis Empon-emponan atau temu temuan yang sangat mudah ditemui dan dapat dibudidayakan dimana saja asalkan tanah da. Nutrisi yang terkandung dalam kencur baik untuk kecantikan dan kesehatan tubuh kita.

Khasiat Kencur Untuk Kecantikan

Kencur Dapat Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Tahukah anda bahwa Kencur bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cara menjadikannya masker ataupun dioleskan di area yang berjerawat secara langsung. Selain itu jika pemakaian masker kencur secara rutin dan teratur, kencur juga dapat mencegah timbulnya jerawat.

kencur untuk kecantikan

Sebagai Pemutih Wajah

Memiliki wajah putih berseri dan bercahaya merupakan dambaan setiap kaum hawa. Kita dapat memenfaatkan kencur sebagai masker alami untuk perawatan kulit wajah. Vitamin C yang terkandung pada kencur mampu menghilangkan fleg hitam atau sel-sel kulit mati serta membersihkan kotoran pada kulit wajah.

Mampu Mengencangkan Kulit

Selain dapat memutihkan, Kencur juga berkhasiat untuk mengencangkan kulit. Dengan memanfaatkan masker kencur, kulit wajah akan menjadi lebih kencah dan memperlambat penuaan. Sehingga akan terlihat awet muda.

Mampu Menghaluskan Kulit

Kandungan Vitamin E yang terdapat pada kencur bisa dimanfaatkan sebagai penghalus kulit tangan dan wajah.

Mengontrol Minyak Berlebih Pada Wajah

Manfaat lain dari kencur adalah untuk mengontrol kelebihan minyak pada wajah. Jika kulit wajah terhindar dari minyak berlebih, maka akan mencegah datangnya jerawat.

Manfaat Kencur Bagi Ibu Menyusui

Bagi ibu menyusui permasalahan ASI tidak lancar sangat sering terjadi. Mengkonsumsi Kencur merupakan cara alternative selain memompa ataupun hingga mengkonsumsi obat perangsang ASI. Selain dapat memperlancar keluarnya ASI, kencur juga bisa digunakan untuk:

Meningkatkan serta menjaga kekebalan tubuh

Slah satu nutrisi yang terkandung dalam kencur adalah vitamin D yang berguna untuk menjaga dan meningkan sistem kekebalan tubuh. Mnegkonsumsi secara rutin dan berkala dapat membantu kita terhindar dari penyakit.

Menghangatkan pada tubuh

Untuk itu agar tubuh anda tetap terjaga dan stabil kesehatannya anda perlu mengkonsumsi kencur sebagai salah satu solusi pemuda dalam menjaga kesehatan tubuh. Atau juga dapat dijadikan bedak basah (Parem)

Menambah nafsu makan bayi

Tumbuh kembang bayi sangat bergantung dari asupan gizi dan nutrisi dari ASI. Saat tiba waktunya diberikan makanan pendamping, hendaknya sang ibu menambahkan kencur pada makanannya agar nafsu makan bayi tetep terjaga dengan baik. Ibu juga dapat mengkonsinya secara langsung.

Manfaat Lain Dari Kencur Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kencur sudah terbukti mampu mengobati berbagai penyakit. Berikut ini adalah resep tradisional menggunakan kencur.

kencur sebagai obat

Mengobati masuk angin

Cuci bersih terlebih dahulu 1 rimpang kencur, lalu kunyah kencur tersebut bersama garam dapur kemudian minumlah air hangat. Untuk mencegah dan mengobati masuk angin anda dapat melakukannya dua kali sehari.

Menghilangkan darah yang kotor

Kencur dipercaya mampu membersihkan darah yang kotor, berikut cara penyajiannya.

Ambillah 4 rimpang kencur, 2 lembar daun trengguli, 2 biji cengkeh yang telah kering dan adas secukupnya. Kemudian cuci hingga bersih bersih semua bahan, lalu rebus dengan 1 liter air hingga mendidih, lalu disaring. Minum 2x sehari secara teratur.

Mengobati radang pada lambung

Ambil 2 rimpang kencur yang sudah dicuci bersih. Kupas kencur kemudian dikunyah buang ampas dan telan airnya. Lakukan ini hingga sembuh.

Mengobati keseleo

Siapkan 1 rimpang kencur lalu cuci bersih. Rendamlah segenggam beras beberapaa menit kedalam air kemudian tumbuk keduanya hingga halus. Balurkan pada bagian tubuh yang keseleo.

Menghilangkan perut mules

Parut 1 rimpang kencur yang telah dicuci lalu tambahkan 2 sendok air masak dan garam secukupnya. Peras parutan tadi dan minum airnya. Lakukan 2-3 kali dalam sehari.

Obat batuk

Cuci dan bersihkan 2 rimpang kencur. Parut kencur dan campurkan kedalam segelas air hangat. Aduk rata dan disaring, lalu ambil airnya. Tambahkan garam dapur secukupnya dan minum sampai habis. Lakukan satu kali sehari untuk pencegahan.

Mengobati diare

Siapkan 1 rimpang kencur dan 2 bawang merah lalu tumbuk hingga halus. masukkan kedalam daun pisang kemudian bakar sampai hangat ramuan tersebut. Oleskan pada bagian perut.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

masbrojoss

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *