Unik Pemanfaatan Kardus Bekas Jadi Bingkai Foto Yang Cantik.
Unik Pemanfaatan Kardus Bekas Jadi Bingkai Foto Yang Cantik.

Unik, Pemanfaatan Kardus Bekas Jadi Bingkai Foto Yang Cantik.

Diposting pada

Jika biasanya anda memilih berjalan ke toko untuk membeli bingkai foto yang anda sukai, namun, sekarang anda juga bisa loh menciptakan bingkai foto dari kardus bekas. Tentunya pembuatan bingkai foto dari kardus ini akan lebih unik di bandingkan yang lain. Pembuatan bingkai foto dari kardus bisa ini berangkat dari ide yang tergolong sederhana. Penasaran, yuk simak di bawah ini langkah-langkah untuk membuat bingkai foto dari kardus yang bisa dengan mudah anda coba di rumah!

Menyiapkan alat juga bahan

Menyiapkan alat juga bahan

Langkah Sebelum anda membuat bingkai foto dari kardus, yang kita perlu persiapkan adalah alat dan bahan yang dibutuhkan. Bahan utama yang anda perlukan adalah kardus, baik itu kardus bekas maupun baru bisa juga anda gunakan.

Anda bisa memilih apakah anda akan membuat bingkai foto dari kardus bekas susu, sereal atau kardus mie instan yang berserakan di pasaran. Selain penggunaan kardus, kamu juga membutuhkan peralatan lainnya seperti cutter, penggaris, staples karton, spidol, dan tentunya lem sebagai perekat, persiapkan gambar dan hiasan sesuai dengan desain bingkai foto lucu yang ingin anda buat.

Memotong bahan bingkai foto dari kardus

Memotong bahan bingkai foto dari kardus

Selanjutnya adalah Setelah semua alat dan bahan anda sudah siap, lalu ambil kardus yang akan dibuat bingkai tadi. kemudian potong sesuai ukuran yang anda inginkan atau sesuai ukuran foto menggunakan gunting tadi. anda juga bisa membuat bingkai foto dari kardus berukuran 13×18 cm atau 15×20 cm, namun juga harus tergantung foto yang akan kamu letakkan di sana nanti. Kemudian tentukan kira-kira berapa lebar bingkai foto yang akan anda buat ini.

Misalnya anda akan membuat bingkai foto dari kardus bekas yang ukurannya 13×18 cm dengan lebar bingkai 5 cm. Maka, anda hanya harus memotong kardus dengan menambahkan 5 cm dari ukuran awalnya tadi. Ukuran kardus bekas yang harus kamu potong menjadi 18×23 cm guna menysakan sedikit.

Potong untuk lubang foto

Potong untuk lubang foto

Langkah selanjutnya adalah setelah memiliki kardus dengan ukuran yang anda inginkan, kemudian melubangi bagian tengah kardus sebagai tempat agar foto bisa di letakkan . Caranya cukup mudah, tempelkan foto anda di bagian tengah kardus tadi, kemudian buatlah garis di keliling mengikuti ukuran foto anda.

Membuat garis di dalam bingkai foto dari kardus

Membuat garis di dalam bingkai foto dari kardus

Pembuatan Garis di dalam bingkai foto dari kardus ini biasa disebut sebagai inner liner. Tujuan dari inner liner ini adalah agar hasil dari bingkai foto keren anda terlihat lebih bagus dan rapi. dan nanti akan terlihat lebih bagus. Cara membuatnya tergolong cukup mudah, anda cukup mengambil kertas yang ukurannya agak tebal berwarna putih atau hitam. kemudian Potong seukuran bingkai foto dari kardus yang telah dibuat. setelah itu buat lubang yang ukurannya lebih kecil dari bingkai awal anda tadi.

Hiasi bingkai foto dari kardus sesuai kreatifitas

Hiasi bingkai foto dari kardus sesuai kreatifitas

Pada sesi ini, anda bebas berkreasi untuk menghias bingkai foto dari kardus yang sedang anda buat ini. Berbagai bahan bisa anda tambahkan untuk menghias bingkai foto dari kardus, seperti cat akrilik, bunga, pita atau hiasan lainnya yang bisa menambah cantik tentunya.

Bagian belakang bingkai foto dari kardus

Bagian belakang bingkai foto dari kardus

Namun anda juga jangan lupa untuk membuat bagian belakang bingkai dari proyek DIY-anda ini dengan bahan yang sama seperti yang telah sebelumnya atau dengan kardus yang lebih kaku dan tebal. Caranya dengan sangat mudah, lakukan pemopotongan pada kardus seukuran bingkai, oleskan lem sebagai perekat di sekeliling bingkai kemudian tempelkan kardus tersebut di bagian belakangnya.

Untuk menjadikan hasil yang maksimal sehingga bingkai foto dari kardus ini lebih awet, anda bisa menambahkan pelindung berupa plastik bening di atas foto anda. Jadi proses ini kalau diurutkan dari atas, pertama adalah bingkai luar, inner liner, plastik bening, foto, dan kemudian baru yang terakhir bingkai bagian belakang.cukup mudah kan.

Buat penyangga atau gantungan

Buat penyangga atau gantungan

Proses Ini saatnya menyempurnakan bingkai foto cantik buatan anda sendiri. jangan lupa Pilih kardus yang memiliki ukuran tebal, lalu potong dengan bentuk seperti dasi anak sekolah. Tempelkan bagian bagian ini di bagian belakang bingkai anda dan setelahnya selesai sudah bingkai foto dari kardus yang anda buat.

Untuk pemakaian bingkai foto yang akan dipajang dengan cara digantung di dinding, anda bisa menambahkan tali di bagian belakang bingkai foto anda. selain tali Kamu bisa menggunakan benang wol, tali rotan, tali goni, maupun tali suede atau tali satin.

Demikianlah tadi tujuh langkah mudah yang perlu dilakukan untuk membuat bingkai foto dari kardus yang unik dan tampak berbeda dari bingkai pada umumnya tentunya dengan hasil karya anda sendiri.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *