Trik Mudah Mencangkok Kelengkeng Agar Cepat Tumbuh Akar


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang salah satu buah yang memiliki banyak penggemar tidak terkecuali dengan anda yaitu kelngkeng. Buah yang satu ini paling mudah andda temui di pasaran atau juga di berabagai toko buah terdekat anda. selain itu, buah dengan karakteristik kecil dan memiliki kuilit yang tips ini selain memiliki rasa manis yang amat legit, juga kadang bisa di buat sebagai campuran berbagai camilan sehat seperti yougurt dan juga bisa di masukkan sebagai campuran es buah.

Selain beberapa manfaat di atas, buah satu ini dalam pertanian juga memiliki peran yang penting dalam sektor budi daya. Nah, berangkat dari sini apakaha anda salah satu orang yang tertarik akan hal tersebut. Mengukur dari banyaknya penggemar dan minat masyarakat, tidak salah lagi kalau buh dengan naman latin  Dimocarpus Logan ini cocok untuk anda jadikan ladang bisnis.

kelengekeng super

Selepas dari itu semua, untuk mengawaloi terlebih dahulu alangkah baiknya jika anda memulai dengan cara mencari tutorial menanam buah kelengkeng ini sendiri di rumah sebagai langkah percobaan. Karena jika anda berhasil dalam hal ini, tentunya akan menghemat budget pengeluaran anda nanti.

Maka dari itu kami di sini akan memberikan beberpa trik dan tips bagaimana  cara penanaman kelengkeng ini menggunakan metode-metode yang di jamin anda bisa dengan mudah mempraktikkannya sendiri dirumah. Selain itu, setelah anda dapat mempraktikkannya dengan baik kemungkian besar berikutnya anda bisa menggunakan metode ini sebagai langkah pembudidayaan dengan skala lebih besar.

Oke baiklah tidak usah berlama-lama lagi di bawah ini beberapa metode pananaman kelengkeng yang umum dan mudah untuk anda terapkan sendiri di rumah.

Cangkok

Metode yang pertama adalah pembudidayaan kelengkeng menggunakan metode pencangkokan, mugkin dari anda cukup sering mendengar dengan metode ini. namun pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa teknik yang belum banyak di ketahui orang-orang sebelum melakukan pencangkokkan. Diantaranya adalah:

  • pastikan indukan yang akan anda buat cangkok adalah indukan kelengkeng yang dalam keadaan sehat,
  • Selain itu pastikan pula bahwa pohon kelengkeng sedang produktif dan juga memiliki ketahanan dari berbagai hama penyakit

Bahan-bahan dan perlengkapan yang perlu anda siapkan sebelum melakukan pencangkokan diantarnaya adalah:

  • plastik,
  • pisau yang tajam,
  • tanah,
  • pupuk kandang,
  • dan juga tali

jika anda sudah dapat mengumpulkan beberapa peralatan dan bahan di atas anda sudah dapat langsung mempraktikkannya dengan metode pencangkokan di bawah berikut ini.

cara pencangkokkan

langkah-langkah pencangkokan

  1. memilih batang yang akan anda cangkok. Pastikan sesuai dengan kriteria di atas
  2. selanjutnya anda bisa memilih pada bagian batang yang muda. Ini di karenakan pada bagian batang muda akan labih cepat tumbuh dan berkembang di bandingkan dengan batang yang sudah tua.
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan mengkupas kulit batang yang muda ini dengan beberapa cm saja.
  4. Setelah anda mendapatkan sayatan yang anda inginkan kemudian anda bisa menutup sayatan ini dengan campuran tanah dan pupuk kandang yang sebelumnya sudah anda siapkan
  5. Setelah itu, anda bisa membungkus batang yang telah tertempel denga tanah tersebut dengan plastik. Namun sebelum membungkusnya anda perlu membuat  lubang pada plastik tersebut.
  6. Perlu anda ketahui Fungsi lubang pada bagian plastik ini adalah nantinya sebagai jalan keluar air ketika cangkokan anda siram 2 kali dalam sehari. Jika tidak di beri lubang kemungkinan besar cangkok anda akan mengalami kebusukan atau gagal.
  7. Setelah membungkusnya dengan plastik anda kemudian bisa mengikatnya dengan bantuan tali atau sejensinya.
  8. Ketika benar-benar sudah sempurna anda tingga menuggu kira-kira selama 2 bulan. Dalam masa ini anda haruslah melakukan perawatan seperti menyiram dengan air maksimal 2 kali sehari.
  9. setelah menuggu kira-kira 2 bulan, anda biasanya akan dapati akar yang mulai tumbuh pada batang kelengkeng yang anda cangkok tadi melalui lubang-lubang yang telah anda buat sebagai jalan air.
  10. Setelah akar sudah keluar dari luabang dengan ukuran yagn cukup panjang, anda kemudian dapat memotong batang tersebut dari induknya .
  11. Sebagai langkah akhir dari proses pencangkokkan ini anda bisa memindahkannya ke media tanam baik tanah langsung atau di media pot yang anda kehendaki.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *