Tips Rahasia Perawatan Bonsai Bougenville


Taukah anda perawatan pada setiap tanaman merupakan hal yang sangat penting untuk di jaga. Selain itu, pada saat proses ini merupakan salah satu proses yang harus di lakukan secara terus menerus atau continu. Dalam perawatan ini dapat mencangkup berbagai macam mulai dari penyiraman, penyiangan , pemberian pupuk, pemberantasan hama, pemangkasan dan lain sebaigainnya. Pada dasarnya setiap perawatan pada tanaman memanglah harus berbeda-beda anda tidak bisa menyamakan satu jenis tanaman dengan jenis tanaman lainnya. Kita ambil contoh pada pohong rambutan dan kelengkeng.meski keduanya memiliki karakterisitik jenis atau pohon yang tidak jauh beda, namun pada faktanya proses perawatan kedua jenis tanaman ini berbeda.

Dalam hal perawatan ini tentunya juga berlaku pada jenis tanaman bonsai. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bonsai adalah sebuah tanaman hias yang di bentuk sedemikian rupa agar menciptakan suatu karya seni yang indah. Nah dalam perawatannya sendiri bonsai ini ada berbagai macam cara pula. Namun pada jenis bonsai  bougenville ini ada sedikit berbeda dengan kebanyakan jenis tanaman bonsai lainnya.

 Bonsai Bougenville

Pasalnya sangking populernya bonsai jenis bougenville ini kebanyakan orang masih salah akan proses perawatannya. Namun taukah anda, berbeda dengan jenis bonsai lain, bonsai ini cenderung membutuhkan sedikit perawatan yang ekstra mulai dari penyiraman yang harus sesui dengan kadar air tanahnya, pemupukan yang wajib di lakukan dan juga tanama ini sangat konsumtif sekali pada sinar matahari. Namun untuk lebih jelasnya lagi ada beberapa cara dan langkah yang bisa anda lakukan di rumah dalam perawatan bonsai bougenville ini agar anda mendapatakan bonsai yang bagus dan cantik sehingga anda bisa menikmatinya dengan penuh kebanggaan. Langsung saja simak beberapa tips dan trik perawatan bonsai bougenville di bawah ini.

Perawatan Tanaman Bonsai Bougenville

  • Langakah yang pertama yang perlu untuk anda perhatikan adalah proses Pengairan dan juga  pemupukan yang harus anda lakukan secara rutin dan juga teratur dalam kadar yang disesuaikan pada tanaman. Hal ini untuk menjaga ketersediaan keberadaan unsur hara pada media tanam sehingga bonsai anda bisa tumbuh dengan baik.
  • Langkah yang kedua adalah anda juga bisa melakukan lakukan penyemprotan menggunakan air biasa atau juga bisa anda melakukannya dengan sesekali menggunakan pestisida dengan campuran bahan organik. Hal ini bertujuan  untuk menjaga kelembaban tanaman bonsai bougenville  anda namun sekaligus juga mencegah bonsai dari penyakit yang biasanya juga menyerang bonsai bougenville.

 Bonsai Bougenville

  • Langkah ke 3 anda juga bisa melakukan proses pemangkasan pada daun dan ranting tanaman bonsai bougenville anda. namun harus di perhatikan terlebih dahulu bahwa pemotongan ini untuk menghilangkan batang atau daun yang tidak penting saja  dan guna menjaga bonsai bougenville  anda tetap pendek dan rapi.
  • Jangan meletakkan bonsai bougenville anda pada sembarang tempat, namun anda perlu meletakkan bonsai bougenville ini pada tempat yang dimana memiliki drainase yang bagus. Hal ini untuk menjaga kelembaban pada media tanam bonsai bougenville.
  • Kadang anda juga perlu memberikan perangsangan pada bonsai anda. hal ini anda bisa memberikan bahan berupa organik cair atau bisa padat.
  • Pada 1 tahun masa tanam bonsai anda bisa memberikan 2 sampai 3 kali  memberiakan berupa pupuk  rendah nitrogen.
  • Perhatian betul pada proses penyiraman. Karena tanaman ini tidak suka dengan tanah yang becek anda bisa melakukan penyiraman 1 kali sehari saja. Bila kelebihan cairan pada media tanam biasanya akan berefek pada pembusukan pada akar bonsai anda.

Demikianlah sahabat beberapa langkah perawatan yang bisa anda lakuakan di rumah untuk mendapatkan bonsai yang baik dan cantik.wassalam

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *