Tips Rahasia Memelihara Ketajaman Mata Hingga Tua

4 min


Mata andalah salah satu indera yang sangat vital. Berkat mata kita bisa menikmati keindaah isi dunia ini. Memilki penglihatan yang sehat sampai usia tua merupakan keinginan semua orang. Meskipun demikian banyak beberapa kasus walupun umur yang belum masuk kategori senja sudah mengalami ganguan pada mata seprti katarak dan lain sebagainya.

Makanan yang banyak mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, zinc dan asam lemak omega-3 sangat di perlukan demi menjaga kesehatan mata.

Berikut daftar makanan apa saja yang dapat menjaga kesehatan mata anda:

Konsumsi Wortel

Wortel

Mungkin tidak asing lagi di telinga kita bahwasannya wortel sangat berguna dalam kesehatan mata. Dari kakek buyut, ayah,ibu selalu menyarankan agar banyak-banyak konsumsi wortel, karena dalam wortel terkandung vitamin A yang cukup tinggi dan prekusornya.kedua zat ini berguna untuk menjaga kornea mata dan selaput mata yang berada mengelilingi mata yang gunanya bertanggung jawab atas cahaya-cahaya yang masuk.

Ikan salmon

Ikan salmon yang memiliki lemak tinggi sangat baik untuk mata. Selain itu terdapat juga adanya asam lemak omega-3 yang bermanfaat menjaga agar mata tidak kering dan degenerasi makula, dan apabila gejala ini tidak serius di tindak lanjuti maka akan berakibat dengan kebutaan.

Memang ikan salmon boleh di masak dalam beberapa jenis makanan. Namun untuk mendapatkan khasiat dari ikan salmon ini lebih baik hindari makan ikan salmon yang penyajiannya dengan cara di goreng.

Cobalah konsumsi telur

Selain tinggi akan gizi, ternyata telur juga berperan aktif dalam menjaga kesehatan mata anda. Banyak rumor yang beredar bahwa kuning telur tinggi akan kolestrol. Namun keadaan di masyarakat membuktikan masih banyaknya mereka mengkonsumi telur ini.

telur

Cukup dengan merebus telur atau bagi anda yang punya sedikit inofasi dapat mengorak-arik telur dengan minyak zaitun ada sudah dapat manfaatnya. Karena di dalam nya terkandung zeaxanthin,seng dantak lupa vitamin A yang masing-masing sangat di perlukan dalm menjaga kesehatan mata anda.

Jenis kacang-kacangan

Mendengar kata kacang mungkin yang terbayang di fikiran anda andalah camilan gurih yang sangat cocok sebagai camilan waktu sore maupun sambil duduk-duduk menonton tv bersama keluarga. Ternyata, Di dalam kacang terkandung banyak zat-zat penting juga dalam menjaga kesehatan mata seperti halnya asam alfa-linolenat dan tentunya vitamin E. Kandungan-kandungan tersebut biasanya terdapat dalam kacang tanah, hazelnuth, kacang almond dan kacang kenari yang umum di jumpai di sekitar anda.

Buah-buahan

Buah yang di maksud di sini tentunya buah ang tinggi akan vitamin C.vitamin C itu sendiri sebagai anti-oksidan tinggi guna menjaga kesehatan mata anda. Buah dengan vitamin C tinggi yang banyak di jumpai misalnya jeruk, kiwi, pepaya dan jambu biji.

Umbi-umbian

Umbi-umbian memang jarang di temui kalau tidak di pasar yang  cukup besar. Kandungan- kandungan dalam ubi ini juga memliki sedikit banyak membantu dalam menjaga kesehatan mata anda . vitamin A , serat , kalium ,serta beta-karoten yang tinggi berperan dalam pengobatan trsebut. Terutama ubi dengan jenis ubi jalar.

Memperbanyak konsumsi sayuran hijau

sayuran hijau

Memperbanyak konsumsi sayuran hijau sangat banyak manfaatnya. Bayam, sawi, dan brokoli Selain banyak di konsumsi rata-rata oleh masyarakat kita, sayuran hijau juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan mata dari efek buruk radikal bebas. Manfaat ini hadir karena di dalam sayuran hijau terdapat  anti-oksidan, vitamin C, Vitamin E , dan vitamin A.

Demikian 7 daftar makanan penambah kesehatan mata bagi anda yang ingin menjaga mata anda tetap sehat dan tajam meski sudah usia sudah mulai menua.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *