Tips Rahasia Cara Perawatan Bonsai Bougenville

Diposting pada

Jenis tanaman bunga denga metode bonsai memang akhir-akhir ini sangat populer di kalangan masyarakat kita. Selain menjadi keunggulan pada bunganya, keunggulan lain adalah mudahnya pada saat perawatan jenis bonsai bunga ini. umumny ada beberapa jenis bunga yang sangat terkenal untuk di jadikan bosai, namun kebanyakan yang lebih mudah dalam perawatannya jatuh kepada bunga dengan nama bougenville. Bunga bougenville ini di dalam masyarakat kita lebih terkenal dengan sebutan bunga kertas.

Bagi anda yang hendak membuat bonsai menggunakan bunga jenis ini tentunya sangat mudah. Karena jenis bunga ini cukup umum di temui di berbagai toko bunga, dan bahkan mungkin saudara, tetangga atau anda sendiri sudah menanam bunga ini.

Bonsai Bougenville

Jika anda sudah melakukan beberapa tekhnik pembuatan bonsai dengan baik seperti di artikel sebelumnya, tentunuya anda juga membutuhkan proses perawatan bonsai. Selain demi menjaga kesehatan dan ketahanan pada bonsai itu sendiri, perawatan juga di perlukan agar bentuk tanaman yang sudah anda bentuk bisa bertahan lama dan menjadi lebih sempurna lagi.

Untuk itu langsung saja kita simak beberapa langkahnya di bawah ini:

Perawatan Tanaman Bonsai Bougenville

  • Hal yang paling penting untuk anda lakukan adalah melakukan pengairan dan pemupukan. Hal ini manjadi penting karena pada dasarnya sebuah tanaman bonsai akan lebih terbatas dalam penyerapan makanannya. Maka dari itu pemupukan harus anda lakukan secara berkala.
  • Cara perawatan yang mesti anda lakukan juga adalah dengan memberikan penyemprotan pestisida. Selain untuk menghilangkan berbagai hama dan bakteri yang bisa menyerang bonsai anda, pemberian pestisida ini juga sebagai langkah menjaga kelembapan pada bonsai anda. dan pastikan pemberian pestisida ini menggunakan bahan alami atau pestisida organik.
  • Perawatan selanjutnya adalah dengan menggunting dan memangkas daun dan juga ranting yang kiranya tidak penting untuk menjaga bonsai anda tetap pendek
  • Anda juga perlu menjaga kelambapan pada media tanam bonsai itu sendiri. Cara ini bisa anda lakukan dengan meletakkan bonsai pada tempat dengan drainase yang baik.

Bonsai Bougenville

  • Di dalam sebuah tanaman bonsai dengan jenis bunga bougenville kadang juga di perlukan tambahan nutrisi dan perangsang. Anda bisa memberiakan bonsai bougenville anda berbagai jenis bahan organik baik cair maupun padat guna merangsang pertumbuhannya. Hal ini bukan tanpa alasan, kebanyakan bonsai gagal dan mati karena tidak dapat tumbuh dan berkembang sebagai mana mestinya.
  • Jika bosai anda tumbuh dengan baik anda juga perlu memberikan perawatan tahunan. Perawatan ini adalah dengan memberikan pupuk sebanyak 2 sampai 3 kali dalam satu tahun saja. Pupuk yang perlu anda berikan adalah pupuk yang memiliki kandungan nitrogen rendah.
  • Lakukan penyiraman sebanyak 1 kali sehari atau hanya pada saat tanah benar-benar kering saja. Hal ini di karenakan pada jenis tanaman bunga bougenville ini adalah jenis tanaman yang kurang suka dengan kondisi tanah yang basar dan becek. Namun yang perlu anda perhatikan adalah kelambapannya saja.
  • Hindari membuat media tanam bonsai anda terlalu basah atau becek. Ini di karenakan dapat memberi efek buruk pada tanaman yaitu akar akan mengalami pembusukan. Jika ini sudah terjadi dapat di pastikan bonsai bougenville anda akan segera mati.

Demikianlah sahabat beberapa tekhik dan tips cara melakukan perawatan pada bonsai dengan jenis tanaman bunga bougenville. Perawatan ini cukup mudah untuk anda lakuakan bukan. Dan yang perlu anda perhatikan adalah pastikan anda selalu menjaga kelembapan dan nutrisi pada bonsai anda agar bonsai tetap terjaga dalam asupan makanan untuk pertumbuhannya. Semoga artikel ini dapat membantu anda. wassalam.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *