Tips mudah metode tabulampot alpukat di rumah

Tips Mudah Menanam Alpukat Dengan Metode Tabulampot Di rumah

Diposting pada

Metode budidaya menggunakan tabulampot atau dalam artian tanam tumbuhan dalam pot merupakan cara mudah penanaman modern. Yang dimana penanaman ini di tujukan sebagai langkah memaksimalkan lahan sempit yang tersedia. Selain itu, tabulampot mempunyai tujuan lain sebagai media tanam yang mempunyai keuntungan estetika seperti enak di pandang dan juga tidak kalah perkembangan dari tanaman yang langsung di tanam di tanah.

Ada beberapa tanaman yang paling cocok dalam penggunaan metode ini sepert jeruk,  mangga, alpukat dan jenis tanaman lainnya. Selain ada pula beberapa varietas lain yang kadang juga di jadikan tabulampot oleh beberapa pembudidaya seperti pisang, kelengkeng dan masih banyak lagi. Nah langkah pertama yang perlu untuk anda perhatikan adalah memilih jenis varietas yang nantinya untuk mengisi pot anda. disini kami sarankan pilihlah tanaman yang mempunyai perawatan yang mudah dan mempunyai keunggulan perkembangan yang lumayan cepat yaitu tanaman alpukat

tabulampot alpukat

Jenis tanaman alpukat sendiri mungkin dari anda sudah banyak yang mengenalinnya. Mulai dari siri fisik buah yang bulat dan lonjong berwarna hijau tua dan ketika matang akan berwarna keunguan. Pada dasarnya jenis buah yang satu ini merupakan buah yang tumbuh subur di iklim tropis dan sub-tropis seperti negara kita indonesia. Tinggi pohon ini bisa mencapai 10- 12 meter pada derah-daerah tertentu di indonesia.

Untuk membuat tabualmpot alpukat anda sebaiknya mulai memperhatikan beberap hal di bawah ini, dinataranya adalah:

Memilih Jenis Bibit Tabulampot Alpukat

Pada dasarnya pemilihan ini merupakan langkah yang paling utama dalam anda memulai tabulampot alpukat. Maka dalam pemilihan tabulampot alpuakat ini ada 2 jenis dari bibit yang berasal dari proses geeratif atau biji dan juga pada jenis vegetatif atau di dapat dari proses cangkok,stek, okulasi batang dan jenis perkembangan menggunakan bantuan manusia lainnya.

Namun menurut kami, anda sebaiknya memilih pembibitan dari hasil vegetatif saja. Mengapa demikian, karena bisanya pada proses vegetatif tanaman akan mewakili keseluruhan dari induk muali dari jenis buah, daun dan batang. Namun pastikan terlebih dahulu anda telah mengambil dari induk yang benar-benar memiliki kualitas  terjamin seperti buah yang besar, legit, dan juga memiliki biji kecil.

Menyiapakan Media tanam

Media tanam alpukat

Untuk langkah yang ke 2 ini anda dapat menyiapkan berupa media tanam yaitu tanah. Namun jangan hanya tanah yang biasa saja. Namun, pastikan tanah untuk tabulampot ini merupakan tanah yang kaya akan nutrisi bagi alpukat. Nah untuk mendapatkannya anda bisa memperoleh beberapa  jenis tanah di bawah ini seperti:

  • tanah gembur,
  • tidak mudah tergenang air,
  • subur
  • banyak mengandung bahan organik di dalamnya
  • mempunyai pH sedikit asam sampai netral, (5,6-6,4).

Setelah anda mendaptakan kriteria tanah seperti di atas, kemdian masukkan bibit tadi kedalam pot dan tutup dengan tanah. Dalam peletakkannya sendiri jangan asal-asalan karena dapat merusak dari bibit anda sendiri. Sebaiknya taruh secara perlahan-lahan, bila perlu gunakan batang kayu kecil sebagai penyangga agar bibit anda dapat berdiri dengan sempurna.

Perhatikan kondisi sekitar lingkungan anda

Setelah anda selasai dalam penanaman di dalam pot, kemudian perhatikan pula kondisi sekitar lingkungan anda apakah lingkungan anda berada di daerah dengan tekanan angin dan kekuatan hujan yang kuat atau lemah. Karena pada tanaman alpukat ini biasanya akan berkembang dengan baik apabila berada pada  kondisi angin yang tidak terlalu kencang. Untuk itu, anda dapat meletakkan tabulampot anda pada belakang rumah atau di teras yang di kelilingi temboh sehingga angin tidak mudah merusak tanaman anda.

Proses perawatan

Pada proses ini kami menyarankan beberap langkah perawatan yang mudah untuk anda lakukan, seperti:

  • Menyiram tanaman anda dengan kadar air yang cukup, jangan berlebih karena akar dapat mengalami pembusukkan.
  • Pastikan terkena matahari langsung
  • Hindarkan tabulampot anda dengan angin yang kencang
  • Lakukan pemberian pupuk baik kimia maupun organik untuk meambah nutrisi pada tumbuhan
  • Segera beri penanganan ekstra jika tabualmpot alpukat anda mengalami masalah hama atau penyakit dengan memberikan pestisida buatan atau kimia.
  • Sambil menuggu proses alpukat anda berbuah, cobalah untuk membuang beberapa batang yang dapat menggaanggu batang induk pada alpukat anda
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *