Tips Dan Langkah Mudah Membuat Bonsai Bunga Bougenville

Tips Dan Langkah Mudah Membuat Bonsai Bunga Bougenville

Diposting pada

Ada berbagai macam jenis seorang seniman dalam menciptakan karyanya. Jika pada sebuah karya 2D kita bisa mengenal apa yang dinamakan dengan lukisan. Namun jika pada sebuah tanaman karya ini dapat di lihat dalam bentuk bonsai dan tanman indah sejensinya. Mungkin dari sekian banyak anda sudah tidak asing lagi dengan istilah “bonsai” ini. untuk pengertiannya sendiri bonsai merupakan sebuah tekhnik atau cara memperindah tanaman hingga membuatnya tampak tertarik dari segi estetika ataupun fungsional.

Kebanyakan seseorang yang melihat tanaman bosai ini akan merasa senang dan berkeinginan untuk memilikinya. Hal ini di karenakan sebuah tanaman akan menjadi lebih memiliki nilai setelah di lakukaknnya tekhnik bonsai tersebut di bandingkan dengan tanaman sebelumnya. Dari ketertarikan seseorang terhadap tanaman bonsai ini tentunya akan menjadikan ladang bisnis yang cukup menguntungkan. Apalagi hal ini di dorong dengan minimnya lahan hijau di pekarangan rumah dan dapat di atasi dengan meletakkan tanaman bonsai ini yang tidak memakan banyak tempat.

Bonsai Bunga Bougenville

Beberapa tekhnik bonsai ini sebenarnya sudah cukup banyak di kembangkan di masyarakat. Dalam beberapa jenis bonsai yang di aplikasikan pada tanaman buah kita lebih mengenal dengan tabulampot. Namun adakah jenis tanaman hias yang dapat di olah menggunakan tekhnik bonsai ini..? tentunya ada. Untuk itu kami di sini akan memberikan contoh jenis tanaman hias yang bisa anda jadikan bonsai melalui beberapa langkah di bawah ini.

Bonsai menggunakan tanaman hias bougenville. Pada dasarnya jenis tananaman ini masuk kedalam tanaman berbunga. Jika di dalam masyarakat kita lebih banyak mengenal dengan istilah bunga kertas. Alasan yang cukup konkrit kenapa kami memilih bunga bougenville ini adalah jenis bunga ini memiliki warna bunga yang sangat verh dan juga memiliki masa hidup tanaman yang relatif lama. Selain itu, perawatan dalam bonsai ini nantinya juga tidak terlalu ribet dan menyusahkan anda. dan adapun poin utama dalam keunggulan tanaman bougenville ini adalah memiliki batang bernuansa klasik yang menjadikan tanaman ini sebagai daya tarik tersendiri jika anda bisa mengolahnya dengan baik.

Proses Pembuatan Bonsai Bougenville (Bunga Kertas)

  • Pastikan anda memiliki bakal tanaman untuk anda jadikan bonsai ini
  • Langkah kedua adalah menyiapkan media tanam yang berisi berbagai campuran bahan yang diantaranya tanah humus dan juga pupuk kandang dengan perbandinga 1:1
  • Kemudian siapkan pot. Pot ini tidak usah yang terlalu besar melainkan anda hanya memerlukan pot dengan ukuran 35-40 cm saja. Alasan di pilihnya pot yang dangkal ini adalah agar tanaman bonsai ini nanti akarnya tidak dapat berkembang lebih banyak.
  • Jangan menggunakan pot dengan ukuran yang terlalu besar.
  • Langakah selanjutnya adalah dengan mengikat pangkal pot sebagai alat bantu bembentukan batang bunga Bougenville ini. selain itu, fungsi lain pada pengikatan ini adalah sebagai penopang tanaman sebelum memiliki akar yang kuat.

Bonsai Bunga Bougenville

Peralatan untuk membuat bonsai

  • Semprotan air. Untuk memberikan nutrisi agar bonsai anda tentap terjaga kesehatannya
  • Gunting tanaman . Sebagai alat memotong dan membentuk bonsai anda
  • Penjepit
  • tang potong

langkah pembuatan

  • Saat bunga bougenville telah menunjukkan pertumbuhan yang baik, maka anda bisa mulai mendesain bentuk bonsai sesuai dengan keinginan anda.
  • Setelah beberapa minggu kemudian jika tanaman ini sudah muali menunjukkan pertumbuhannya maka anda bisa mulai membentuk dengan mendesain bonsai sesuai keinginan anda.
  • Cara pembentukan ini anda bisa menggunakan kawat yang kemudian anda bisa melilitkan pada bunga atau ranting bougenville.
  • Lilitlah dengan kekuatan tertentu agar bougenville ini menjadi bonsai yang anda inginkan.
  • Perlu anda ketahui pelilitan ini memerlukan waktu yang berbeda pada setiap batangnya. Jika pada batang yang sudah tua akana memakan waktu yang lumayan lama. Namun pada batang yang lebih muda tentunya akan lebih cepat dan mudah dalam pembentukannya.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *