Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Kolam Anda Tanpa Memerlukan Perawatan Khusus

Diposting pada

tanaman air merupakan jenis tanaman yang media tanam tumbuhnya merupakan di air baik dalam keseluruhan maupun hanya berada pada sebagian saja.  Memilki tanaman air merupakan salah satu kepuasan tersendiri bagi setiap individu. Karena selain dapat memperindah kolam, jenis tanaman air tertentu dapat pula mempercantik ruangan rumah anda. di bawah ini bebebrapa karakteristik yang jarang di ketahui.

Ciri atau Karakteristik Tanaman Air

  • Memiliki kutikula lapisan pelindung yang tipis.
  • Stomata terbuka lebih sering
  • Di salah satu sisi daun pada tanaman air terjadi peningkatan jumlah stomata.
  • Struktur tanaman kurang kuat atau lemah karena selalu didukung oleh tekanan air yang besar di sekelilingnya
  • Memiliki daun berbentuk flat atau datar serta lebar di permukaan air yang dimana berfungsi sebagai alat apung di air.
  • Kadang pula memiliki batang berongga untuk membantu agar tanaman mengapung di air.
  • Akar pada tanaman air cenderung kecil dan pendek yang tumbuh tersebar di daun.

Selain itu, dalam penanamannya juga tergolong mudah dan simpel untuk anda lakukan sendiri di rumah. Diantanya seperti berikut ini.

Contoh Tanaman Air Cepat Tumbuh

Eceng Gondok (Eichhornia crassipes)

Eceng Gondok (Eichhornia crassipes)

Tanaman eceng gondok ini merupakn jenis tanaman yang paling sibur di berbagai rawa atau bendungan yan dimana mengandung insur air yang banyak. Saking banyaknya di negara kita, ada yang menganggap tanaman ini sebagi limbah. Namun di berbagai kalangan masyarakat yang kreatif, eceng gondok ini dapat di jadikan beberapa hal muali dari pakan ternak dan juga kerajinan tangan.

Namun tidak salah pula jika anda ingin menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias di kolam anda. ciri karekteristik yang di punyainya tentunya juga sangat bagus jika di aplikasikan pada kolam anda. selain dapat di jadikan sebagai tanaman hias pada kolam, eceng gondok ini memiliki manfaat lain yaitu sebagai media alternatif dalam pengurangan polutan alami pada kolam anda. sehingga kandungan di dalam kolam anda akan menjadi lebih bersih dan sehat bagi makhluk hidup yang berada di dalamnya.

Tanaman Cat Tail / stok (Typha latifolia)

Tanaman Cat Tail stok (Typha latifolia)

Jenis tanaman hias kali ini adalah tergolong pada famili Typhaceae. Dimana tanaman hias yang mudah dalam pertumbuhannya di air. Di dalam masyarakat sendiri tanaman ini lebih sering di sebut dengan tanaman hias air ekor kucing. Penamaan ini bukan tanpa alasan, seperti yang anda lihat pada bagian tanaman terdapat juntaian yang mirip dengan ekor pada kucing. Selain itu, bunga pada jenis tanaman ini juga berbeda yaitu pada bunga betina akan berbentuk silinder dan memilki waena kecoklatan dan sedangkan pada bunga jantan memiliki bentuk yang kecil namun warna tetap sama.

Tanaman Air Kapu-kapu (Pistia stratiotes)

Tanaman Air Kapu-kapu (Pistia stratiotes)

Pada jenis tanaman ini sering di samakan dengan eceng gondok karena memiliki karekteristik tumbuh yang berada di permukaan air. Tanaman air kapu-kapu atau juga sering di samakan dengan apu-apu ini memiliki warna daun hijau yang memiliki bulu berwarna putih. Jika anda memiliki ikan di dalam kolam anda tentunya jenis tanaman satu ini sangat cocok sekali. Karena pada akar tanaman ini dapat di gunakan ikan anda sebagi tempat bertelur. Dan dari sinilah ikan anda juga akan mendapatkan pakan alami yang dapat membantunya tumbuh kembang dengan baik.

Namun kekurangan pada jenis tanaman ini adalah tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung apalagi sampai seharian. Karena daun pada jenis tanaman ini akan menguning dan tentunya tidak enak untuk di pandang mata.

Tanaman Cyperus/Siperus

Tanaman Cyperus Siperus

Dan yang terakhir adalah tanaman hias air jensi siperus. Jenis tanaman satu ini umumnya memiliki daun yang kecil serta halus yang tumbuh di setiap bagian ujung batangnya. Selain itu, beberapa kriteria khas dari tanaman ini adalah mempunyai tinggi tangkai yang tumbuh hingga 1 meter dan juga memiliki bunga bertangkai yang banyak tersebar pada pusat susunan daun.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *