Ramuan Ampuh Penyembuh Bibir Kering Dan Pecah-pecah

6 min


Mencium atau bahkan menjilati bibir merupakan salah satu kebiasaan buruk terutama bagi kaum wanita. Kondisi tersebut akan berakibat rentan kekeringan pada bibir anda di tambah dengan cuaca kering seperti akhir-akhir ini. Bibir adalah salah satu bagian tubuh manusia yang sayang nya tidak mengandung kelenjar minyak .kelenjar minyak ini berfungsi sebagai pelembab kulit pada umumnya, dan bibir tidak memiliki itu.

Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa tips agar anda terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah . penggunaan lip balm atau produk pelembab bibir lainnya menjadi salah satu pilihan praktis tercepat bagi anda yang sedang bermasalah dengan bibir tersebut. Namun sayang nya dari sekian banyak produk-produk pelembab bibir kebanyakan mengandung bahan kimia seperti mentanol, asam salisitat dan peppermint. Efek dari bahan-bahan kimia tersebut biasanya malah akan menambah parahnya kondisi bibir anda. Dan untuk mengatasi itu, kami memiliki beberapa bahan-bahan alami bagi anda yang sekarang sedang mengalami bibir kering dan peca-pecah.

Berikut tips alami mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

1 . Gunakan guala pasir

Gula pasir merupakan bahan dapur yang sangat mudah di jumpai. Selain itu kandungn di dalam gula tersebut sangat bermanfaat untuk melembabkan bibir anda. Karena di dalam gula terdapat asam glikolat yang memiliki segudang manfaat. Berikut bahan dan langkahnya:

Siapkan:

  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt minyak zaitun/madu
  • Air hangat

Langkah:

Oleskan pada bibir dan gosok secara perlahan-lahan dengan gerakan melingkar, kurang lebih selama 5 menit.kemudian bersihkan dengan air hangat hingga bersih. Lakukan cara ini minimal 2 kali sehari baik pagi maupun malam sebelum tidur.

2.Minyak Kelapa

Jika anda di dalam ruangan ber AC maupun tubuh anda sedang mengalami perubahan temperatur yang cukup signifikan, kondisi tersebut akan memperparah bibir anda. Di karenakan bbir memiliki pertahanan yang sangat buruk. Tidak seperti bagian tubuh lainya pigmen melanin dan kelenjar tidak terdapat pada bibir, sehingga bbir mudah mengalami kekeringan dan pecah-pecah.

Kenpa memilih minyak kelapa.? Karena di dalam minyak kelapa terdapat anti bakteri dan emolien yang sangat berguna sebagai lapisan pada bibir anda sehingga bibir terasa lembab an sejuk. Cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada bibir yang kering niscaya bbir anda terhindar dari kering dan pecah-pecah. Lakukan tretment ini sesuai dengan kebutuhan anda.

3.Lidah Buaya

Mendengar Lidah buaya mungkin telinga anda sudah tidak asing lagi. Selain sebagai penyubur rambut ternyata lidah buaya juga berperan aktif dalam mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Adapun dalam penelitian lain lidah buaya juga meiliki beberapa manfaat diantaranya mengobati satiawan, perut sembelit, menghilangkan plak gigi, serta membantu menyembuhkan luka bakar.

4.Madu

Madu adalah salah cairan yang di hasil kan oleh lebah yang di ambil dari sari-sari bunga. Sejak dulu kakek nenek kita selalu menyarankan berobat dengan jenis cairan manis ini. Selain enak madu juga memliki segudang manfaat. Di karenakan manu bersifat tinggi akan antioksidan dan anti-inflamasi.

Cra pengobatan paling sederhana menggunakan madu adalah dengan mengoleskan langsung pada bibir. Kemudian tunggu beberapa menit hingga bibir terasa lembab. Namun sebelum itu, pastikan dahulu madu yang anda gunakan adalah madu yang benar-benar murni ti dak bercampur dengan gula pasir ataupun tambahan pemanis lainnya.

5.alpukat

Ya, buah hijau yang satu ini selain paling enak di buat juz juga punya memliki peran dalam penyembuhan bibir kering dan pecah-pecah. Menurut peneitian para ahli, buah yang berasal dari meksiko dan amerika tengah ini kaya akan lemak sehat sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain mengobati bibir kering dan pecah-pecah, buah alpukat ini sekaligus juga membuat bibir anda tampak merah alami.karena dalam buah ini terkandung asam oleat dan lioneat.

Berikut bahan bahan yang perlu anda siapkan:

  • Buah alpukat
  • Setengah sdt minyak zaitun
  • Sendok

Langkah:

Pilihlah buah alpukat yang sudah benar-benar matang. Ambil dading buah alpukat dengan mengerok nya menggunakan sendok. Kemudian haluskan buah tersebut sampai benar-benar halus. Campur dengan setengah minyak zaitun,usapkan pada bibir secara merata menggunakan jari tangan sembari pijat lembut pada area bibir tersebut. Diamkan 10-15 menit kemudian bilas hingga bersih menggunakan air. Cara ini cukup efektif bila di lakukan secra rutin.

Tips Pencegahan bibir kering dan pecah-pecah

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pribhasa ini mungkin suda amat sering anda dengar baik lewat orang tua anda maupun saran dari dokter-dokter kesehatan. Untuk pencegahan bibir kering dan pecah-pecah sebanarnya cukup sederhana. Karena pada dasarnya bibir anda haruslah lembab setiap hari agar terhindar dari masalah diatas.

Berikut beberpa tipsnya:

  • Menjaga kesehatan bibir anda dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran
  • Tinggalkan penggunaan lipstik, apalagi lipstik dengan jenis matte atu lipstik dengan ketahanan yang cukup lama.
  • Jangan terlalu sering menjlat bibir anda walaupun bertujuan melembabkannya.
  • Hindari / kurangi berada di ruangan ber AC. Suhu udara yang berbeda di dalam ruangan AC akan berakibat kurang baik bagi bibir anda.usahakan selalu gunakan pelembab bibir di mana pun anda berada.
  • Jaga cairan tubuh anda. Minumlah setidaknya 8 gelas/hari sebagai langkah agar terhindar dari kekurangan cairan tubuh (dehidrasi)

Jangan takut atau ragu untuk ber konsultasi dengan dokter atupun klinik-klinik terdekat, apabila menemukan bibir anda menglami infeksi di sekitar mulut maupun bibir. Terutama bagi anda yang beraktifitas di luar ruangan. Cegahlah menggunakan penutup mulut (masker) atau syal sebagai langkah antisipasi. Dan jangan lupa gunakan lip balm yang mengandung SPF, karena tidak semua produk lip balm terdapat kandungan tersebut.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *