Sesederhana Inikah Tips Menghilangkan Kebiasaan Ngorok

6 min


Ngorok merupakn dimana kondisi terhalangnya atau menyempitnya saluran pernapasan yang mengabibatkan munculnya suara seperti kodok dan sangat penganggu bagi seseorang yang sedang tidur. Tidak dapat disalahkan, namun kebiasaan ini sangat umum di alami oleh orang-orang sekitar anda baik tetangga maupun anggota anda sediri.

Namun taukah anda, kebiasaan ini juga menjagi pertanda adanya gejala-gejala penyakit serius seperti sleep apena atau terganggunya organ-organ dalam sehingga saat bangun tidur yang seharusnya tubuh mengalami regenrasi sel sehingga tubuh tubuh menjadi segar namun akibat sleep apena ini tubuh anda akan lesu atau kelelaha seusai bangun tidur.

Berikut kami akan uraikan beberapa tips menghilangkan kebiasaan mengorok yang mudah atu sederhana yang dapat anda lakukan guna menghindari masalah tersebut:

Cobalah ubah posisi tidur anda

Tips yang pertama ini nampaknya cukup mudah dan sederhana untuk anda lakukan. Cukup dengan mengubah posisi tidur anda menjadi miring baik kanan maupun kiri dapat menghilangkan kebiassan ngorok ini. Selain itu ada beberapa saran dari beberapa pakar kesehatan menambahkan bantal sehingga kepala lebih tinggi daripada tubuh juga menjadi pilihan yang perlu di coba demi menghilangkan kebuiasaan buruk tersebut.

Meskipun demikian ada sebagian orang yang tidur dengan posisi telentang sehingga membuat pangkal lidah dan langit-langit pada mulut terderong ke belakang sehingga air ludah yang seharusnya keluar malah terjebak di kondisi tersebut dan berakibatlah suara dengkuran.

Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan

Selain obesitas (berat badan berlebih) menjadi penyebab utama bagi penyakit-penyakiut kronis lainnya. Ternyata kondisi ini juga memperparah bagi anda yang mengalami masalah dengkuran. Dikarenakan tubuh yang gemuk apalagi di posisi leher dapat menekan diameter internal tenggorokan dan sehingga akan muncul suara yang disebut dengan dengkuran.

Namun bagi anda yang berniat menurunkan berat badan guna menghindari maslah tersebuat cobalah untuk merubah gaya hidup anda menjadi sehat. Rutin berolah raga 3-4 kali dalam seminggu di sore atau pagi hari dan jangan lupa untuk mengurangi asupan kalori berlebih yang biasa terdapat dalam junk food dan maanan berminyak lainnya dan gantilah dengan porsi yang lebih kecil dan tentunya makanan yang sehat.

Hindari dehidrasi dan bergadang

Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangn cairan yang berdampak pada susahnya metabolisme/ kinerja tubuh . dehidrasi dan kurang nya tidur atu begadang dapat digolongkan sebagai solusi menghilangkan kebiasaan mengorok lantaran tubuh manusia menbutuhkan 8 gelas/ hari serta istirahat tidur yang baik rata-rata adalah 7-8 jam per har. Jika keduanya terpenuhi tubuh yang sehat dan fit lah yang and adapatkan sehingga dapat mengurangi masalah-masalah seperti di atas.

Mencuci hidung

Mencuci hiung ini di lakukan dengan lakukan agar dapat membebaskan saluran napas yang terhalang oleh berbagai partikel-pertikel polusi atau zat polutan maupun bakteri-bakteri dan virus penyebab penyakit. Caranya adalah memasukkan dan mengeluarkan kembali sejenis cairan salin atau yang lebih gampang kita temui adalah cairan garam isotonik kedalam kedua hidung secara bergantian. Tindakan ini tentunya efektif sebagai langkah terapi guna menghilangkan dengkuran anda.

Alat bantu pernapasan

Langkah ke 5 ini bertujuan agar mempermudah jalannya napas anda dengan cara melebarkan saluran napas anda. Namun alat bantu napas ini tidak sembarangan yaitu nasal strip atau nasal dilator. Kedua alatĀ  ini sangat membantu bagi anda untuk menghilangkan dengkurang di saat anda sedang tertidur.

Tindakan medis

Jika ke lima langkah di atas di rasa kurang memberikan manfaat sebagai langkah-langkah sederhana dalam menghilangkan kebiassan ngorokĀ  bahkan masih belum ada perubahan nya, terpaksa langkah ke 6 ini harus anda tempuh.

Berikut bebrapa langkah medis yang bertujuan menghilangkan kebiasaan ngorok anda:

  • Konsumsilah obat alergi
    • Antihistamin merupakan salah satu jenis obat umum yang di berikan dokter kepada penderita alergi. Karena alergi juga dapat berpengaruh akibat kurangnya udara yang mesuk melalui hidung sehingga memaksa si penderita bernapas menggunakan mulut yang berujung pada timbulnya suara ngorok.
  • Terapi
    • Terapi ini terutama di berikan bagi penderita masalah ngorok yang sudah akut seperti sleep apnea. Terapi ini dilakukan dengan cara memberikan selang saluran oksigen ke arah hidung atau mulut agar si pasien tetap bisa bernapas terbuaka sampai pasien bisa berapas dengan baik dan juga tentu saja tidak mendengkur. Terapi ini di sebut juga dengan continous positive airway pressure ( CPAP )
  • Oral apliance ( pemasangan alat khusus di mulut )
    • Langkah ini biasa di lakukan dokter dengan cara mendorong posisi lindah dan rahang bawah agar labih maju yang bertujuan agar jalan napas tetap terbuka meski dalam posisi tidur
  • Operasi
    • Langkah ini mungkin jalan terakhir agar anda bisa terbebas dari dengkuran . diantara operasi-operasi yang di jalani yaitu uvulopalatopharyngoplasty ( UPPP ), somnoplasty, stimulasi saraf dan lain sebagainya.

Demikianlah ke 6 cara sederhana dan yang melalui tindakan medis semoga bermanfaat bagi anda guna menghilangkan kebiasaan mengorok yang saat ini anda alami. Satu lagi selalu jaga kebersihan kamar tidur anda karena tidak bisa di pungkiri masalah ngorok yang anda derita bisa muncul dari sini, seperti bantal, kasur, guling maupun sprei yang anda gunakan. Karena benda-benda tersebut biasanya banyak menumpuk kotoran-kotoran keci, bulu hewan peliharaan dan terutama debu.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *