Sering Di Salah Artikan, Berikut Perbedaan Antara Kolase Dan Montase

4 min


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara Kolase dan Montase. Mungkin dari sekian banyak orang masih jarang akan mendengar dengan kedua istilah diatas. Pada dasarnya kedunya merupakan sebuah bagian dari seni rupa dua dimensi yang bisa anda aplikasikan juga pada penambahan desain rumah anda.  Untuk mengetahui lebih lanjut mari kita simak beberapa penjelasannya di bawah ini:

Kolase

Kolase

Dalam pengertian aslinya Kolase ini memiliki arti sebagai penggabungan beberapa hal yang di satukan sehingga menjadi kesatuan yang memiliki sifat harmonis.

Dalam pengertian sederhana yang sering kita temui di sekeliling kita adalah pernahkan anda melihat penyusunan suatu gambar yang dibuat dari beberapa material seperti kain, kertas koran, dan juga biji-bijian…? tanpa kita sadari bentuk penyatuan dari beberapa material tersebut merupakan sebuah yang di namakan Kolase.

Biasanya beberapa material tersebut sering di gunakan anak-anak yang sedang mengikuti praktek di sekolah seperti membuat gambar dari berbagai macam campuran bahan tersebut, sehingga menghasilkan suatu karya yang memiliki nilai tersendiri.

tidak berhenti dari situ saja, nampaknya konsep Kolase ini sudah merambah pada hiasan-hiasan dalam rumah, seperti di bawah ini.

Hiasan Rumah dari Kolase

Hiasan Rumah dari Kolase

Dalam sejarahnya teknik Kolase ini pertama di kenalkan oleh dua orang seniman basar yang berduet melakukan sebuah karya yang di berjidul  Still Life With Chair Caning untuk karnya dari keduanya itu sendiri di tampilkan pada tahun 1912. Kedua orang tersebut bernama Pablo Picasso dan George Braque.

Seperti yang telah anda lihat di atas meskipun pada dasarnya karya ini hanya menggunakan cat minyak saja, tetapi dapat menampilka suatu ekspresi dari kursi rotan (chair caning) nampak begitu terlihat nyata dan menipu mata kita seolah bagian kursi dar rotan tersebut di tempelkan pada kanvas.

Seiring berkembangnya zaman teknik ini juga mulai dikembangkan lagi oleh orang yang ahli-ahli dalam mempelajari bidang tersebut. Sehingga tidak di raguakan lagi pada saat sekarang ini anda sering menemui karya ini menjadi lebih inivatif dan konseptual. Seperti pada contoh zine yang bisa anda gunakan dalam hisan dinding rumah anda.

Tidak memerlukan teknik yang serius sebenarnya jika anda juga berniat dalam membuat desain ini. cukup dengan menggunting dan menempelkan saja dan menentukan bentuk yang menurut anda akan mempunyai seni tinggi, maka anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah.

Montase

Montase

Sedikit berbeda dengan Kolase di atas pada Montase ini biasanya di lakukan dengan memotong gambar yang sebenarnya telah terbentuk kemudian di satukan lagi lewat penempelan-penempelan yang kemudian akan memuat jenis gambar baru yang memiliki makna.

Dalam pengertiannyapun berbeda-beda seperti pada istilah montase foto atau (photomontage) ini sering disebut dengan memodifikasi bentuk gambar baik gambar itu berbentuk analog maupun digital. Lain lagi dengan intilah yang di berikan oleh sinematografi, mereka sering menyebut teknik ini dengan rangkaian gambar yang tidak  bergerak.

Membuat Kreasi Montase

Membuat Kreasi Montase

Adapun jika anda berniat untuk membuat kreasi dari montase ini siapkan dulu berupa software digital, selain itu anda juga bisa merangkaninya pada bidang tertentu yang anda inginkan. Dalam pembutannya montase ini sendiri sering mengandalkan teknik yang di sebut dengan eksposisi atau layering.

Untuk langkahya biasnya di lakukan terlebih dahulu dengan menempelkan gambar dasar yang berguna menceritakan latar tempat dan waktu kejadian tersebut. Kemudia disusul dengan melakukan penempelan untuk menambahkan cerita dan makna baru pada pada karya seni tersebut.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *