Resep Mujarab Untuk Batuk Kering Dari Bumbu Dapur

6 min


Siapa sih yang tidak terganggu dengan batuk. Suranya yang begitu keras dapat menggangu orang lain maupun diri anda sendiri. Terdapat dua jenis batuk, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk berdahak biasanya batuk yang disertai dengan lendir.sedang kan batuk kering adalah batuk yang biasa, tetapi bisa sangat menyiksa tenggorokan anda.Sebenarnya batuk adalah respon dari tubuh sebagai tameng agar zat-zat asing yang berada di saluran pernapasan dapat di singkirkan.

Selain itu, debu, asap rokok, alergi juga menjadi salah satu penyebab umum terjadinya batuk. Apalagi bagi anda penderita asam lambung dan infeksi virus influenza akan sangat mudah bagi virus-virus jahat penyebab batuk menyerang anda.

Di bawah ini kami akan berikan beberapa bahan-bahan alami yang biasa anda temui di dapur guna mengobati keluhan yang anda rasakan saat ini yaitu batuk kering.

Bahan-bahan dapur yang bermanfaat sebagai pengobatan batuk kering alami:

1. Cobalah konsumsi madu

Selama berabad-abad silam madu sangat banyak di dugunakan sebagai sarana pengobatan. Seperti halnya pengobatan batuk kering alami. Rasa gatal dan iritasi dalam tenggorkan anda dapat langsung di redakan dengan mengkonsumsi madu ini. Di karenakan di dalam madu terkandung sifat anti bakteri yang cukup tinggi.

Cara pengobtan alami dengan madu juga sangat muddah cukup dengan 2 sdt madu yang di campur denagn air hangat  kedalam sebuah gelas atau juga bisa menggunakan perasan jeruk nipis. Campuran ini akan membarikan rasa hangat pada tenggorokan anda, sehingga dapat meredakan iritasi akibat batuk kering yang anda alami.

Namun ada pula yang langsung meminum madu tersebut. Dengan cara 1 sdm 2-3 kali sehari. Dan perlu di ingat jangan pernah memberikan cairan madu ini kepada anak di bawah 1 tahun, karena lambung si anak tadi belum siap dan malah akan berakibat keracunan.

2. Seduhan jahe

Seduhan jahe

Jahe adalah jenis rempah-rempanh yang banyak di dapur kita. Selain berguna untuk bumbu masakan jahe juga memeiliki khasiat dalam mengobati batuk kering. Rasa hangat yang di miliki jahe mampu meredakan iritasi pada tenggorokan anda.

Jahe juga dapat meningkatkan sistem imun dan membuat tubuh kita kembali fit. Karena di dalam kandungan jahe terdiri atas antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi.

Brikut cara penyajian jahe sebagai obat batuk anda:

Siapkan:

  • 20-40 gram irisan jahe segar
  • Segelas air panass
  • Madu / gula aren

Langkah penyajian:

Seduhlah irisan jahe tadi kedalam segelas air hangat. Aduk dan minumlah secra bertahap. Untuk menambah rasa manis, tambahkan madu atau gula aren ke dalam nya.

3. kunyit

Kunyit adalah sejenis jahe-jahenan yang memiliki ciri khas berwarna oren ke kuning-kunigan.Konsumsi kunyit secara teratur membuat tubuh anda selalu sehat dan bugar. Hal ini di karenakan di dalam kunyit terkandung senyawa antioksidan tertinggi di bandingkan dengan rempah lainnya.

Langkah pembuatan obat dari kunyit:

Siapkan:

  • 1 sdt bubuk kunyit / kunyit yang telah di parut
  • 1/8 lada hitam bubuk
  • 1 gelas air hangat

Langkah penyajian:

Masukkan 1 sdt bubuk kunyit dan lada hitam ke dalam 1 gelas air hangat. Aduk sampai rata . tunggu beberapa saat. Kemudian minum perlahan. Lakukan pengobatan ini setidaknya 2 kali sehari.

4. Daun Mint

Walau masih jarang di ketahui, ternyata daun mint juga bermanfaat dalam meredakan batuk kering anda. Iritasi di karenakan batuk bisa di tanggulangi dengan daun mint ini. Kandungan menthol yang  ada di dalamnya berperan aktif untuk menghilangkan rasas sakit tersebut.

Beberapa produk di pasaran juga membatu anda, terutama yang berbahan dasar daun mint, seperti minyak esnsial peppermint, permen mint, atau dengan cara yang alami yaitu dengan seduhan teh yang di campur dengan daun mint.

5. Daging Buah Nanas

Daging Buah Nanas

Ya, buah nanas nampaknya juga bermanfaat terutama untuk pengobatan batuk kering. Cukup sederhan, dengan membuat jus nanas sebanyak 3 kali sehari  secara langsung menjadi obat alami bagi anda. Karena di dalam buah nanas terkandung Enzim Bromelain, yaitu enzim yang bersifat in-flamasi yang cukup ampuh meredakan tenggorokan anda yang sedang ter iritasi.

6. Minyak Kayu Putih

Selain umum di gunakan pada bayi, minyak satu ini menghirupnya saja membuat kita terasa lega. Untuk pengobatan batuk kering siapkan bahan-bahan brikut:

  • Baskom kecil
  • Air panas
  • Minyak kayu putih

Caranya, masukkan air kedalam baskom kecil, kemudian tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Hirup uap dari minyak tadi secara perlahan dengan jarak aman. Lakukan treatment ini cukup 1 kali sebelum tidur. Agar dada anda terasa lega saat tidur nanti.

7. Air Garam

Bahan yang satu ini bisa di katakan tersedia di semua dapur anda. Rasanya yang asin menjadi salah satu pengobatan batuk kering. Rasa gatal akibat batuk kering dan sekaligus brtujuan mengusih bakteri merupakan kegunaan dari air garam ini. Cukup dengan berkumur anda bisa merasakan mamfaat nya.

Tidak perlu berlebih, hanya dengan 2-3 kali sehari dengan cara berkumur 1 gelas air hangat yang di campur dengan setengah sdt  efektif menghilangkan batuk kering anda.

Segera berkonsultasi dengan dokter apabila batuk kering anda terjadi selama seminggu lebih yang disertai dengan gejala-gejala seperti demam, nyeri dada, sesak napas dan lain sebagai nya. Jangan lupa beristirahat, dengan istirahat cukup akan mengembalikan sistem kinerja imun yang berguna dalam melawan batuk kering yang sedang anda derita.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *