Ramuan dan Obat-obatan Yang Terbukti Ampuh Mengatasi Sakit Gigi

6 min


Jika Anda sedang mengalamai sakit gigi solusi terbaiknya adalah segera berobat ke dokter gigi. Akan tetapi kebanyakan dokter akan menyarankan Anda untuk kembali lagi di lain waktu ketika rasa nyeri pada gigi anda sudah sedikit berkurang. Biasanya Dokter gigi tidak bisa melakukan pengobatan apa pun disaat gigi annda masih sakit atau masih bermasalah.

Berikut kami sajikan berbagai cara mengobati sakit gigi yang bisa Anda lakukan di rumah sementara menunggu jadwal berobat Anda berikutnya.

1. Gunakan air garam

air garam

Sebelum melakukan treatmnet ini hendaklah berkumur atu flossing lebih dulu untuk mengeluarkan sisa makanan yang terselip di sekitar gigi yang sakit.

Cara membuatnya cukup mudah dengan melarutkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air hangat (240 ml). kemudian Kumur dalam mulut selama beberapa saat, konsentrasikan pada area yang sakit pada gigi anda. Kemudian buang bekas air kumur.ulangi cara ini hingga hingga dirasa sudah reda.

Kandungan zat Garam akan menyerap kelembapan dalam mulut yang membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Dan yang perlu anda ketahui juga Air garam juga membantu mengurangi peradangan akibat infeksi.

2. Kompres menggunakan air es

Tempelkan kompres es ini pada bagian pipi yang terasa sakit selama beberapa menit. atau Anda juga bisa tempelkan kompres langsung pada permukaan gigi yang ngilu. Cara ini dilakukan guna membuat saraf gigi kebas sehingga ngilu tak lagi terasa.

Ada satu trik menarik lain lagi yang mungkin bisa Anda coba jika ingin menggunakan kompres es batu untuk mengobati sakit gigi. Lakukan pemiijatan pada area punggung tangan di antara ibu jari dan telunjuk dengan kompres es batu. Karena pada area ini terdapat saraf-saraf yang sensitif terhadap rangsangan “dingin” sehingga akan mengalahkan sinyal rasa sakit pada gigi Anda.

3. Daun jambu

Daun jambu merah memiliki kandungan atau sifat antiradang, antimikroba, dan sekaligus pereda nyeri (analgesik) yang berguna sebgai cara mengobati sakit gigi di rumah anda.

Daun jambu

Caranya adalah lipatkah atau menggulung satu-dua lembar daun jambu, kemudian kunyah sampai ekstrak di dalam daun tersebut keluar berupa air. Dengan menggunakan lidah Anda “tangkap” sari tersebut dan oleskan pada area gigi yang sakit.

Namun Jika cara ini dirasa sulit buat Anda, cobalah rebus empat sampai lima lembar daun jambu dan tambahkan sejumput garam dapur. Dinginkan sebentar. Kemudian gunakan larutan dari daun jambu ini sebagai obat kumur.

Cara mengobati sakit gigi memakai obat

Jika penggunaan obat sakit gigi alami di atas ternyata kurang ampuh buat Anda, mungkin saatnya beralih ke obat betulan atau obat dokter. Kebanyakan obat dokter sakit gigi bisa Anda beli di apotek atau warung terdekat tanpa perlu menebus resep dokter. akan tetapi sebaiknya tetap lakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi guna mencari obat mana yang paling pas buat Anda.

Berikut kami sajikan beberapa pilihan obat sakit gigi yang paling ampuh dan paling umum di jumapai di sekitar anda:

Paracetamol

Kemungkinan sebagian besar Anda pasti punya persediaan paracetamol di rumah untuk berjaga-jaga jikalau anda sakit. Ternyata obat ini juga berperan membantu meredakan sakit gigi anda.

Paracetamol adalah suatu obat yang termasuk golongan NSAID yang bekerja meredakan nyeri akibat peradangan. dan tentunya Paracetamol juga dapat menurunkan demam dan meringankan sakit kepala yang sering muncul akibat sakit gigi.

Namun apabila Anda punya alergi atau masalah serius pada organ hati anda, tentunya Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat sakit gigi ini. Maka untuk penanganan yang tepat pastikan Anda membaca cara pakainya terlebih dulu pada label kemasan.

Ibuprofen

Ibuprofen

Sama seperti jenis obat di atas, ibuprofen juga termasuk kedalam tergolong NSAID yang bisa menjadi cara mengobati sakit gigi beserta masalah penyerta lainnya. Akan tetapi dalam penggunaanya hindari minum ibuprofen saat perut anda sedang kosong karena malah akan melukai lambung anda.

Dan yang paling perlu di ingat andalah jangan sembarangan mendobel dosis dengan tujuan agar lebih cepat sembuh. karena Cara ini tidak terbukti lebih efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi anda . Jadi untuk itu pastikan Anda selalu membaca petunjuk pemakaian obat beserta dosis yang dianjurkan sebelum mengonsumsi obat ini.

Naproxen

Naproxen adalah jenis salah satu obat pereda nyeri yang sering digunakan untuk mengobati sakit gigi. Obat sakit gigi ini biasanya tersedia dalam bentuk tablet dengan dosis 220 mg.

Nampaknya Anda harus mewaspadai efek samping dari obat ini. Beberapa efek samping umum dan sering kali terjadi adlah jika meminum obat ini akan muncul sakit perut, mulas ringan, diare, sembelit, perut kembung, sakit kepala, kulit gatal dan memerah, serta penglihatan kabur.

Jika penggunaan obat medis juga tak kunjung mengobati sakit gigi yang Anda derita, dokter biasanya akan merekomendasikan obat antibiotik yang dosisnya lebih kuat atau menggunakan prosedur medis tertentu. Misalnya perawatan saluran akar gigi (root canal) ,pembersihan karang gigi (scaling) menambal gigi, atau bahkan mencabut gigi yang bermasalah dan menggantinya dengan gigi palsu.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *