Rahasia Manfaat Garam Dapur Untuk Tanaman Karet Yang Mengejutkan


Karet merupakan salah satu jenis tanaman tunggang yang memiliki banyak daun dan canbangnya. Selain itu jenis tanaman satu ini banyak di jadikan sebagai bahan olahan mentah oleh petani. Bahkan di indonesia sendiri karet sendiri menjadi sektor pertanian yang menjanjikan. Tidak jarang di berbagai daerah di nusantara menggunakan tanaman ini sebagai salah satu penghasilan pokok mereka.

Dalam pengolahan karet ini sendiri ini adalah dengan cara mengambil getah pada batangnya. Biasanya getah pada pohon karet berwarna putih yang kemudian lama kelamaan akan mengental secara bertahap. Untuk mengeluarkan getah atau cairan di dalam batang  karet ini, kebanyakan petani menggunakan sebuah alat pahat atau yang biasa dengan pisau karet. Bentuk pada pisau ini melengkung dengan lekukkan di atasnya. Namun jika anda masih pemula dalam menggunakan alat ini, sebaiknya harus berhati-hati. Pasalnya ujung  pada alat pahat karet ini memiliki mata pisau yang tajam pula.

Garam Dapur

Di semua jenis tanaman memerlukan sebuah bantuan nutrisi seperti pupuk dan jenis lainnya. Apalagi pada jenis tanaman karet yang umumnya di masyarakat setiap hari harus di ambil getahnya. Jika pada perawatan pemupukan tidak di perhatikan, tentunya akan mengakibatkan pohon atau batang karet yang telah di ambil getahnya lama-kelamaan akan mengalami kekurangan nutrisi dan bisa mengakibatkan berabagai masalah pada pohon karet ini sendiri seperti daun kering, batang yang tidak bisa bertumbuh sebagai mana mestinya, hingga pohon karet mengalami pengeringan dan mati.

Nah untuk mengatasi hal itu, anda sebaiknya memerlukan sebuah nutrisi yang tepat pada pohon karet anda agar pohon karet yang setiap hari anda sadap getahnya bisa bertahan hidup lama dan juga dapat menghasilkan getah yang berlimpah pula. Maka dari itu, di sini kami memberikan solusi yang tepat yaitu dengan menggunakan Garam Dapur. Mengapa menggunakan bahan tersebut, tentunya memiliki manfaat yang baik pula pada tanama karet anda. untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa manfaat atau keunggulan Garam Dapur untuk tanaman terutama tanaman karet anda.

Manfaat Garam Dapur sebagai Pupuk Organik Tanaman

  • Manfaat Garam Dapur yang pertama adalah sebagai penetral asam dan tanah pada tanah.
  • Nah jika anda ingin menanam pohon karet namun memiliki pH basang yang tinggi anda bisa menggunkan Garam Dapur sebagai solusi yang tepat. pH yang tinggi ini biasanya terdpat pada tanah yang memiliki kriteria sebagai berikut Tanah bekas kandang hewan, yang dimana telah tercampur dengan urin hewan tersebut. Tanah gersang dan kering. Dan juga pada tanah yang memiliki sisa dari pembakaran kebun. Ini biasanya di lakuakan di banyak daerah guna membuka lahan ladang baru.
  • Maka dari itu cara pengaplikasiannya yang tepat adalah dengan menggunaka garam dapur dan meyiramkannya pada tanah tersebut. Biasanya jika tidak menggukan Garam Dapur anda memerlukan wakatu yang cukup lama guna menunggu lahan yang siap untuk di tanami karet anda.

Garam Dapur

  • Manfaat yang kedua pemberian pupuk Garam Dapur pada tanaman adalah memberi berupa asupan natrium dan juga klor. Perlu anda ketahui bahwasannya kedua jenis zat baik ini sangat di bitihkan pada tanaman karet anda karena akan menstribusi unsur kalium pada tanah anda.
  • Manfaat selanjutnya adalah di dalam Garam Dapur terdapat zat dengan nama sodium. Dimana zat ini juga sangat bermanfaat pada tanaman karet anda sebagi perangsang tumbuh dan berkembang.
  • Keberadaan NaCI yang dapat memperkaya keberadaan mikroorganisme tanah pada tanaman karert anda. mikroorganisme ini bisa berupa cacing, bakteri dan lain sebagainya.
  • Dapat menjadi dekomposisi pada tanah anda. sehingga dapat menarik unsur hara di dalam tanah anda.
  • Dapat menghilangkan bahkan membunuh berbagai bakteri dan jamur yang dapat mengganggu tanaman karet anda.
  • Secara tidak langsung dapat menyuburkan tanaman menggunkan bahan alami
  • Tidak mudah hanyut oleh air hujan
  • Dapat mempertahankan keberadaan kandungan air di dalam tanah anda.

Demikianlah beberapa manfaat garam dapur pada tanaman karet anda. selalu gunakan pupuk alami yang baik dan tanpa menimbulkan efek buruk pada tanaman sehingga tidak merusak tanah dan tanaman itu sendiri. Selamat mencoba….!!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *