Perbedaan Manfaat Antara MOL dengan POC Dan Mana Yang Lebih Baik


Sebelum membahas tentang perbedaan POC dan MOL lebih baik kita kuak satu persatu secara rinci dalam proses penggunaan dan pembutan dua jenis pupuk alami tersebut.

MOL atau Mikro Organisme Lokal merupakan sebuah cairan alami yang terbuat dari beberapa campuran bahan yang semuanya di sesuaikan dengan kebutuhannya. Kegunaan dalam zat MOL ini adalah mempercepat dekomposisi atau penghancuran zat-zat organik yang terdapat di media tanam atau tanaman itu sendiri. Selain itu, MOL ini juga mempunyai manfaat lain berupa sebagai nutrisi tambahan bagi tanaman agar cepat tumbuh dan menghasilkan buah atau hasil secara maksimal.

MOL (mikro organisme lokal)

Adapun beberapa kandungan inti yang berada di dalam MOL ini ada banyak antara lain:

  • sitoksin,
  • gliberlin,
  • inhibitor
  • dan auksin

Setelah anda mengatahui beberapa rincian singkat diatas, tentunya anda juga kadang bingung kenapa harus memakai zat atau pupuk alami MOL ini. pada dasarnya pupuk alami ini yang paling utama adalah ramah lingkungan dan tentunya tidak memerlukan uang yang banyak guna membuatnya.

Adapun untuk tujuan kami mengembangkan MOL atau Mikrooranisme lokal ini adalah sebagai berikut:

  • berguna sebagai Mengembangbiakkan biang penghancur bahan organik dekomposer. Di bandingakn dengan obat atau cairan kimia lainnya, MOL ini berguna sekali dalam pemanfaatan bahan organik sebagai proses penghancuran beberapa gangguan yang berda di tanaman anda.
  • dan berguna sebagai Meningkatkan bio-aktivasi serta nutrisi bagi tanaman. Ketika anda memanfatkan MOL Ini sebagai pupuk pada tanaman anda, itu sama dengan anda sedang memberi nutrisi tambahan pada tanaman tersebut dengan nutrisi yang alami tentunya.

Manfaat MOL bagi Tanaman

selain beberap sedikit manfaat yang telah di sampaikan di atas sebelumnya, di bawah ini kami berikan beberapa manfaat jika anda menggunakan mikro organisme lokal atau MOL, diantaraya adalah:

  • sangat berguna dalam starter dekomposisi atau penghancuran bahan-bahan organik
  • berguna sebagai starter untuk pupuk organik cair yang tentunya di dalam MOL ini kaya akan nutrisi bagi tanaman
  • MOL ini memiliki lebih banyak dan lama dalam menyediakan Penyedia tambahan bagi tanaman baik buah maupun sayuran
  • dan yang ke empat, memberikan kelancaran penyerapan unsur hara/ nutrisi oleh akar tanaman, karena di dalam zat MOL juga kaya akan kandungan elektrolitnya

Pengertian Pupuk Organik Cair (POC)

Berbeda dengan MOL atau suatu bahan yang terbuat dari mikro organisme lokal, POC ini atau pupuk organik cair adalah sebuah larutan yang berasal dari beberapa pembusukan bahan alami yang di ambil dari tanaman atau jenis-jenis lainnya. Biasanya POC ini di kalagan masyarakat kita lebih banyak di temukan di bandingkan MOL apalagi anda berada di pedesaan. Beberapa bahan baku POC yang paling umum seperti kotoran hewa, ternak, dan bahkan kotoran manusia yang dimana beberapa hal tersebut kaya akan zat hara yang sangat baik bagi tanaman maupun sayuran.

Pupuk Organik Cair (POC)

Ada 3 fungsi lain yang anda dapat dari POC jika di aplikasikan pada tanahmaupun tanaman adalah sebagai berikut :

  1. POC tidak merusak zat-zat hara tanah dan tanaman walaupun digunakan dalam intensitas yang lama.
  2. POC memiliki bahan pengikat, sehingga larutan yang disiramkan ke permukaan tanah bisa langsung terserap dengan baik oleh tanaman
  3. Dapat menjadi solusi tepat jika anda menginginkan pupuk yang baik denga harga terjangkau di bandingkan dengan pupuk kimia.

Spesifikasi dan Manfaat Pupuk Organik Cair

Perlu anda ketahui di dalam POC terkandung beberapa zat yang sangat bermanfaat bagi tumbuhan maupun sayuran anda. di bawah ini kami berikan 3 kandungan inti di dalam POC antara lain sebagai berikut:

  1. Memiliki kandungan giberelin

Di dalam sebuah kotoran hewan atau sejenisnya, pasti mengandung apa yang di namakan dengan giberelin. Kandungan ini memiliki manfaat yang baik bagi tanaman anda seperti:

  • Perangsang tumbuhnya tunas baru pada tanaman
  • Dapat dengan cepat memperbaiki sistem jaringan sel serta sel-sel tanaman yang rusak
  • Perangsang pertumbuhan sel-sel baru
  • memperbaiki zat klorofil pada daun
  • Perangsang terbaik di dalam proses pertumbuahan kuncup bunga
  • Media perangsang bakal buah untuk tanaman berbuah
  • Dapat Memperkuat tangkai serbuk sari pada bunga
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *