Mungkin Anda Bingung Mengapa Kulkas Anda Tidak Dingin. Ternyata Hal-Hal Berikut Ini Penyebabnya

4 min


Mari simak penjelasan penyebab kulkas tidak dingin!

Kulkas merupakan perangkat rumah tangga yang hampir dimiliki di setiap rumah. Supaya kulkas awet dalam penggunaanya dan tika menyulitkan ketika sewaktu-waktu rusak atau bahkan tidak dapat berfungsi secara maksimal maka kulkas juga perlu perawatan yang baik.  Kendala yang sering terjadi adalah kulkas yang tidak dingin lagi sehingga menyebabkan makanan yang disimpan dalam kulkas menjadi rusak atau bahkan membusuk. Ketika hal ini terjadi lalu bagaimana mengatasinya?

Bunga es salah satu penyebab kulkas tidak dingin

Bunga es salah satu penyebab kulkas tidak dingin

Saat kulkas tidak dingin lagi penyebab utama yang mungkin terjadi adalah bunga es yang sudah terlalu tebal hingga menutupi pada bagian lubang angin. Lubang angin inilah yang berperan dalam mendinginkan udara di dalam kulkas. Jadi jika kulkas tidak dingin maka periksalah bagaimana kondisi bunga esnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Kamu hanya perlu membiarkan kulkas terbuka dan jika perlu letakkan kipas angin yang menyala di depannya supaya angin dari kaipas angin tersebut bisa langsung berinteraksi dengan bagian dalam kulkas. Cara ini terbukti ampuh dan efektif mencairkan bunga es sehingga pada bagian freezer menjadi bersih seperti semula. Jika bunga sudah mencair, kamu bisa membuang air yang tertampung pada bagian bawah freezer. Lalu lakukan pengelapan menggunakan lap tekstil agar air hilang dan tidak menimbulkan pembentukan bunga es dalam waktu dekat. Terakhir nyalakan kembali kulkas dan tunggu beberapa saat untuk bisa dingin kembali. Dan sebaiknya lakukan pembersihan bunga-bunga es ini secara rutin.

Kulkas tidak dingin padahal masih baru!

Kulkas tidak dingin padahal masih baru!

Kamu baru saja membeli kulkas tapi tidak dingin? Tentu menyebalkan bukan? Tapi tak perlu khawatir, bukan berarti rusak ya. Saat kamu membeli kulkas baru sebaiknya periksa terlebih dahulu suhunya setelah dinyalakan, karena kulkas baru biasanya beroperasi pada suhu yang relatif rendah sehingga menyebabkan kulkas tidak dingin seperti seharusnya. Aturlah suhunya pada angka maksimal untuk mengetahui kualitas kulkas barumu. Dari situlah akan terlihat apakah kulkas tersebut dapat bekerja dengan baik atau tidak.

Menyimpan makanan panas juga dapat menyebabkan kulkas tidak dingin lho!

Menyimpan makanan panas juga dapat menyebabkan kulkas tidak dingin lho!

Tahukah kamu jika menyimpan makanan panas bisa menyebabkan kulkas tidak dingin? Hal ini terjadi sesuai dengan logika dasar bahwa jika suhu panas yang dihasilkan oleh makanan yang  lebih dominan, maka suhu di sekitar pun juga mengikutinya. Menyimpan banyak makanan dengan kondisi panas di dalam kulkas ini menyebabkan suhu di dalam kulkas akan menurun karena berinteraksi dengan suhu yang terlalu panas. Inilah yang menyebabkan kulkas tidak dingin stelah menyimpan makanan panas.

Jauhkan kulkas dari peralatan panas!

Jauhkan kulkas dari peralatan panas!

Sama halnya dengan menyimpan makanan panas dalam kulkas, peralatan yang menghasilkan panas juga akan mempengaruhi performa kulkas. Kulkas bisa saja menjadi kurang dingin bahkan bisa menyebabkan kulkas tidak dingin sama sekali. Jadi kalau kulkas di rumahmu tidak dingin, maka coba cek apakah di sekitar kulkas  ada peralatan yang dapat menghasilkan panas atau tidak? Jika ada jauhkan dari kulkas ya karena kulkas juga butuh perawatan yang baik.

Demikianlah tadi beberapa hal yang menyebabkan kulkas anda tidak dingin lagi. bahkan hal-hal tersebut mungkin saja terjadi padahal kulkas anda masih dalam kondisi baru beli atau baru. selain itu jagalah kulkas anda agar terhindar dari banyaknya bunga es dengan rutin mengecek dalam kulkas minimal1 minggu sekali karena biasanya hal inilah yang menjadi penyebab utama kulkas anda menjadi tidak dingin.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *