Mudahnya Stek Batang Kelengkeng

Diposting pada

Membudidayakan tanaman merupakan hal yang wajib di lakuakan bagi semua umat manusia. Tanpa adanya bududiya ini berbagai jenis tanaman akan segera hilang dan musnah di dunia. Bididaya ini bisa di lakukan dengan berbagai cara seperti mencangkok, stek, merunduk, dan masih banyak lagi macamnya. Dalam sekala besar pembudidayaan ini bisa di aplikasikan untuk hal yang sangat menguntungkan seperti reboisasi hutan, pertanian, ladang dan lain sebagainya.

Sebenarnya di dalam masyarakat sendiri sudah sering mendengar berbagai cara pembudidayaan ini. namun, masalahnya adalah mereka belum mengetahui secara detil cara dan pengaplikasiannya pada tanaman yang baik dan benar seperti apa. Dan dari sini lah kebanyakan mereka enggan untuk melakukkannya. Selain faktor tersebut di dalam masyarakat kita juga sering mengenal dengan istilah lebih baik langsung beli hasilnya saja di bandingkan harus bersusah payah untuk menanam dan melakukan perbagai hal yang menurut mereka merepotkan. Padahal persepsi ini sebenarnya salah kaprah. Selain akan menurunkan tingkat keperdulian manusia terhadap tanaman, hal ini juga akan mempengaruhi berbagai jenis sektor ekonomi mereka sendiri.

kelengkeng lebat

Seperti halnya jika anda dapat membudidayakan sebuah tanaman dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya hal tersebut akan berefek pada pendapatan anda juga. Apalagi ini belum di hitung jika anda membududayakan tanaman dengan sekala besar, tentu juga akan mendapatkan pemasukan yang besar pula. Nah, bagi anda yang bernait untuk melakukan pembudidayaan tanaman dengan cara yang instan, maka kami memiliki solusinya yaitu stek pohon.

Mungkin dari sekian banyak anda sudah sering mendengan dengan istilah stek ini. nah untuk lebih jauhnya lagi tentang bagaimana cara stek dan cara pengaplikasiannya langsung pada tanaman yang baik dan benar seperti apa, mari kita simak beberapa langkahnya di bawah ini.

Stek

Stek pada dasarnya adalah cara mendapatkan bibit dengan cara mudah di bandingkan dengan kebanyakan cara lainnya. Cara ini dapat anda lakuakan namun harus memperhatikan beberapa syarat diantaranya adalah Anda harus terlebih dahulu mendapatkan indukan pohon yang memiliki kriteria tertentu seperti berbuah lebat, sehat, dan juga indukan yang memiliki ketahanan daya tahan terhadap penyakit dan hama.

stel kelengkeng

Adapun untuk langkah dalam stek ini adalah sebagai berikut:

  • Memilih batang dengan kriteria di atas
  • Memotong pada bagian batang dengan bentuk runcing
  • Pastikan batang anda potong memiliki usia yang cukup tua
  • Potong batang tersebut dengan hati-hati
  • Ukuran batang ini biasanya hanya memiliki panjang 15-20cm saja.
  • Setelah anda melakukannya anda bisa menancapkan pada media tanam sebelumnya anda sudah siapkan
  • Persiapan pembuatan media tanam bisa anda lakukan dengan cara mencampurkan tanah, sekam dan juga pupuk kandang dengar perbandingan 1:1:1.
  • Setelah anda melakukan penancapan pada media tanam, kemudian anda hanya tinggal melakukan berbagai perawatan seperti menyiram dan memastikan tanaman stek anda terjaga dengan baik.

Perlu anda ketahui, dengan menggunakan tekhnik atau metode stek ini di percaya anda akan mendaptakan bibit yang akan tumbuh lebih cepat dengan kualitas yang sama dengan indukan di bandingkan anda harus mananam melalui biji dari tanaman tersebut.

Demikian sahabat bahasan kami tentang cara budidaya tanaman melalui metode stek. Dimana metode ini sangat mudah untuk anda aplikasikan di rumah. Namun sebelumnya anda harus mengetahui jenis apa saha tanaman yang bisa anda stek. Karena tidak semua jenis tanaman bisa anda stek dengan mudah, melainkan harus menggukana bantuan-bantun hal tertentu agar stek bisa berjalan dengan baik. selain itu pada jenis tanaman dengan batang berair dan jenis tanaman lainĀ  seperti pohon pisang, pohon kelapa dan jenis sayuran tentunya tidak dapat untuk anda lakukan penyetekkan.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *