Mudahnya Menumbuhkan Biji Alpukat Dengan Tabulampot Mode Hidroponik

Mudahnya Menumbuhkan Biji Alpukat Dengan Tabulampot Mode Hidroponik

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel tentang mudahnya budidaya tanaman dengan tabulampot.  Dengan mengetahui tekhnik atau metode ini anda di harapkan dapat membudidayakan tanaman sendiri di rumah tanpa memerlukan lahan yang luas.

alpukat

Metode dengan membudidayakan jenis tanaman tertentu dengan menanamnya ke dalam sebuah wadah atau lebih di kenal dengan pot atau yang biasa disebut dengan tabulampot sangatlah menguntungkan dan pastinya mudah sekali untuk anda lakukan. Mengapa demikian, karena Hal tersebut pada umumnya tanaman yang ditanam secara menggunakan metode tabulampot ini cenderung lebih mudah dalam melakukan proses perawatan dan juga pada proses berbuahnya mengalami percepatan yang signifikan.

Maka dari itu, untuk Anda yang akan berencana membudidayakan menggunakan cara tabulampot ini , hal yang  tentu pertama-tama Anda ketahui adalah dengan menentukan jenis varietas tanaman buah apakah yang ingin Anda tanam di dalam pot tersebut. Untuk itu ada kami meberikan ide beberapa jenis tanaman yang biasanya kebanyakan dibudidayakan menggunakan metode tabulampot seperti jenis tanaman alpukat, mangga, jeruk dan lainnya. Untuk lebih mudahnya kami menyarankan anda agar budidaya tabulampot menggunakan tanaman alpukat.

Langkah pertama

Pemilihan bibit alpukat

Pada jenis budidaya tabulampot dengan menggunakan tanaman  alpukat, lebih baik Anda menggunakan jenis bibit yang didapatkan dari metode perbanyakan secara vegetatif. Karena pada dasarnya penggunakan bibit secara vegetatif akan jauh lebih aman di bandingkan lainnya karena pada bibitnya yang sama persis dengan induknya. Keunggulan lain adalah pada vegetatif  ini nantinya akan menghasilkan jenis batang  tanaman yang memiliki ukurann lebih kecil dibandingkan dengan bibit yang lain atau yang didapatkan secara generatif. Pada metode budidaya tabulampot ini yang dimana memang membutuhkan media lahan yang sempit dan sifat ini justru akan menguntungkan pada potnya. Selain itu, pada Ukuran tanaman yang lebih kecil ini tentu akan sangat pas waktu anda memasukkannya ke dalam pot. Dan juga pada masa  perawatannya juga akan lebih mudah

Tabulampot Alpukat Metode Hidroponik

persiapan

  • Siapkan biji alpukat yang akan ditanam,
  • siapkan cup
  • bersihkan biji
  • merendam biji ke dalam air untuk menumbuhkan tunasnya.
  • Perlu di ingat, anda harus meletakkan biji alpukat yang bersisi luas dibawah dan yang bersisi sempit diatas.
  • Jangan merendam penuh. Agar tidak terendam air sepenuhnya , gunakan penusuk biji alpukat di 2 atau 3 sisi bagian sekelilingnya, sehingga pada bagian bawah yang terendam saja yaitu sekitar 2 atau 3 cm .

 

Perawatan biji

Menggunakan larutan bawang merah,

  • Menggunakan larutan bawang merah,
  • Menggunakan bawang merah. Caranya adalah dengan memarut 1 siung bawang merah kemudian anda bisa memberi air dan rendam biji alpukat tersebut selama 1 hari 1 malam.
  • Cara ini di maksudkan sebagai perangsang untuk akar.
  • perlu anda ketahui, pada jenis bawang merah ini merupakan di dalamnnya memilikizat zpt atau yang dinamakan zat perangsang tumbuh pada tanaman.

Perawatan biji alpukat II

  • Setelah anda merendam dengan air bawang, kemudian ganti lagi dengan air bersih.
  • ditunggu biji alpukat ini selama 8-10 hari dan lihat perubahannya

pemindahan biji alpukat

  • Setelah beberapa haru, biasanya akar pada biji akan lebih banyak dan lebih panjang
  • Kemudian anda bisa pindahkan ke tempat yang memadahi
  • Anda bisa memindahkan langsung pada pot dengan media tanah atau  langung membuat lobang pada tanah.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *