Mengupas lebih dalam tentang keunggulan pupuk organik alami di bandingkan dengan pupuk kimia

Diposting pada

Pengertian Pupuk Organik Cair (POC)

POC atau Pupuk Organik Cair merupakan merupakan jenis pupuk alami yang banyak di gunakan di pertanian-pertanian saat ini. selain di anggap efektif memberi dampat sangat baik bagi tanama, POC ini dapat dengan mudah di buat menggunakan bahan-bahan yang sudah tersedian di lingkungan anda.

Perlu anda ketahui, bahwa POC ini berasal dari pembusukan bahan-bahan alami yang di dapat dari limbah tanman dengan bentuk kotoran hewan dan juga kotoran manusia. Mengapa kotoran ini sangat baik bagi tanaman, karena di dalam kotoran hewan maupun manusia kaya akan zat hara.

Pupuk Organik Cair

Selain itu, penggunaan POC ini tentunya lebih ramah lingkungan di bandingkan dengan pupuk kimia lainnya. Karena pada POC ini tidak akan memberikan efek buruk pada tanah dan segala yang berada di dalamnya malahan akan memperbaiki zat-zat yang dapat merugikan tanaman. Sedangkan untuk pupuk anorganik atau yang bisa di sebut dengan kimia merupakan jenis pupuk yang di buat dari zat-zat kimia yang kemudian akan memberikan efek negatif pada tanah.

Di bawah ini beberapa keuntungan POC yang anda dapat di bandingkan dengan pupuk kimia lainnya, diantaranya adalah:

POC kaya dengan giberelin

Jika anda yang belum tahu tentang apa giberelin ini, merupakan jenis zat yang dapat mempercepat tumbuhnya tunas baru pada tanaman. Selain itu zat ini juga bermanfaat seperti dapat memperbaiki sel-sel tanaman yang rusak, memperbaiki klorofil, perangsang kuncup bunga, memperkuat tangakai serbuk sari, dan juga memperkuat daya tahan tanaman anda agar tidak mudah terkena penyakit dan hama.

Tinggi kandungan alkohol

POC juga tinggi dalam jumlah alkohol yang baik untuk tanaman anda. adapun untuk fungsi alkohol ini adalah sebagai sterilisasi tanaman dalam menghentikan pertumbuhan penyakit yang berada di tanaman serperti mikroba, jamur dan jenis lainnya.

Setelah anda mengetahui 2 keunggulan alami dari POC di atas, tentunya anda tidak ragu lagi jika akan menggunakan pupuk organik ini pada tanaman anda. selain dapat manfaat secara alami, tentunya juga anda sangat berkontribusi dalam memanfaatkan limbah yang berada di lingkungan anda.

Jenis POC atau pupuk organik cair

Jenis POC atau pupuk organik cair

Pada umumnya ada dua jenis tipe pada pupuk organik cair ini yang dalam pengolahannya mengguanakn proses pengomposan yaitu:

  1. POC dari pupuk hijau, pupuk kandang dan pupuk dari campuran keduanya.

Beberapa karakter dari pupuk organik cair ini:

  • Pupuk jenis ini dalam pengolahannya cukup mudah, hanya dengan melarutkan jenis pupuk di atas ke dalam air anda sudah dapat mengaplikasikannya di tanaman anda.
  • Lebih cepat memberikan efek baik pada tanaman
  • Mudah di dapatkan
  • Cepat meresap ke dalam tanah
  • Harga terjangkau

Beberapa kelamahan dari POC jenis ini:

Diantaranya kandungan dalam larutannya kurang stabil dan sangat mudah mengendap.

  • tidak bisa menyimpan pupuk jenis POC ini dalam jangka waktu yang lama.
  • harus langsung digunakan agar tidak mengendap kembali
  • Pupuk jenis ini kurang efektif jika disemprotkan ke daun.
  1. POC dari bahan-bahan organik dengan bantuan mikro-organisme hidup

POC jenis ini berasal dari materail-material organik yang belum teruerai sempurna. Adapun untuk katekter dari jenis POC ini adalah:

  • Unsur hara yang terkandung di dalamnya benar-benar berbentuk cair
  • Larutan pada POC jenis ini lebih stabil
  • tidak akan mengendap meski didiamkan dalam waktu yang lama
  • Lebih efesien karena dapat bertahan lama

Perlu anda ketahui, untuk memaksimalkan tumbuh kembang tanaman anda, anda jangan hanya mengandalkan dari kedua jenis pupuk cair alami ini. namun anda harus juga mengiringi dengan penggunaan pupuk padat yang dimana jika pupuk padat di aplikasikan ke tanaman anda maka akan lebih bertahan lama di bandingkan dengan POC ini.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *