Manfaat dan Cara Membuat Mol Nasi Basi


Nasi merupakan salah satu makanan pokok manusia terutama di negara kita indonesia. Bahkan ada perumapamaan yang cukup terkenal bahwa orang indonesia kalau belum makan nasi namanya belum makan, cukup lucu bukan. Nah, namun apakah anda juga sering makan nasi entah kekenyangan atau karena hal  lainnya yang mengakibatkan nasi anda tidak habis dan anda binung harus di apakan.berikut ini kami berikan sedikit panduan manfaat nasi bekas untuk tanaman dan apasaja yang terkandung dalam nasi bekas hingga dapat bermanfaat untuk tanaman tersebut.

kandungan mol nasi basi

Mungkin anda pernah mendengar dengan istilah MOL atau Mikro Organisme Lokal yang dapat di jadikan sebagai pupuk pada tanaman. Dan ini nampaknya yang sering terbuat dari nasi bekas. Tidak hanya nasi bekas kadang juga MOL ini dapat di buat dengan berbagai bahan seperti:

  • limbah hijau,
  • bonggol pisang,
  • rebung bambu,
  • buah maja,
  • keong mas,
  • sisa sayuran,
  • buah atau limbah pasar,
  • sampah rumah tangga dan sebagainya

Biasanya hasil dari mol campuran nasi basi dan berbagai jenis lainnya akan memunculkan bau yang tidak sedap atau kurang lebih seperti tape. Jika anda tidak menyukai hal tersebut anda bisa tetap membuat mol dengan bau yang lumayan seperti dengan campuran antara pisang dengan tape. Cara ini cukup efektif untuk mengubah bau yang semulanya tidak sedap. Dalam pengolahannya sendiri andalah sebagai berikut:

  1. Potong kecil-kecil buah pisang
  2. Tumbuh buah pisang dengan halus,
  3. Masukkan kedalam wadah
  4. Tambahkan gula dan air sebagai fermentasi
  5. Masukkan tape.

Setelah mengendapkan ini beberapa lama, maka anda sudah dapat MOL yang kaya akan nutrisi jika di aplikasikan pada tanaman. Dan tentunya baunya jauh lebih enak di bandingkan dengan MOL bekas dapur anda.

Namun perlu anda ketahui, dalam pemberian gula pada bahan MOL anda haruslah sesuai dengan takaran. Karena gula ini memegang peran penting dalam proses fermentasi sempurna. Dalam takarannya biasanya 1 liter air penambahan di beri dengan 5 sdm gula pasir. Untuk lebih memaksimalakan lagi tambahkan air kelapa atau nira juga bisa dengan air tebu.

mol nasi basi

Kembali pada kandungan MOL nasi ini adalah adanya mikroba yang sangat berguna dalam penghancur mikroba atau jamur-jamur yang dapat mengganggu tanaman. Selain itu ada beberapa manfaat lain dari MOL nasi diantaranya adalah:

  1. sebagai dekomposer pada tanah, akar, dan juga batang.
  2. MOL nasi dapat Meningkatkan bio-aktivasi
  3. MOL nasi sebagai tambahan nutrisi bagi tanaman karena kaya akan organisme baik dari karbohidrat
  4. MOL nasi baik dalam starter , dekomposisi atau penghancuran bahan-bahan organik
  5. MOL nasi sebagai Penyedia nutrisi tambahan bagi tanaman baik buah maupun sayuran yang anda miliki
  6. Dan dapat Membantu kelancaran penyerapan unsur hara
  7. MOL nasi adalah nutrisi baik oleh akar tanaman, karena kandungan elektrolitnya
Selain itu, anda perlu mengetahui tentang syarat-syarat terbentuknya mol dengan baik seperti:
  • Menggunakan media tertutup atau kedap udara Ini anda bisa menggunakan berabagai wadah seperti botol plastik, drum bekas, ember dan bisa juga pada media ember bekas cat dengan ukuran medium.
  • Cobalah menghindari penggunaan media kaleng seperti drum seng, kontainer, dan juga wadah jenis tembaga lainnya.
  • Usahakan tidak melebihi batas pada isi wadh, karena akan berdampak pada kualitas mol anda.
  • Waktu minimum dalam pembuatan MOL biasanya kisaran pada lima hingga dengan rentang waktu paling lama 3 minggu.

Demikiannlah beberapa kandungan baik pada MOL nasi yang sangat kami rekomendasikan kepada anda. dengan bahan baku yang sudah tersedia di sekitar anda, tidak ada alasan lagi untuk mencoba mempraktikkan MOL nasi ini. selamat mencoba…!!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *