Makanan Yang Memperburuk Kesehatan Otak Hingga Kematian

5 min


Otak dalam salah satu organ dari tubuh manusia yang sangat penting keberadaannya. Selain sebagai pengatur dalam segala hal tindakan kita, otak memiliki tugas-tugas mengatur berbagai syaraf di tubuh anda. Maka dari itu menjaga kesehatan otak kita adalah suatu hal yang wajib di lakukan.

Kebanyakan masyarakat berpendapat menjaga otak cukup dengan tidak membuat tress otak itu sendiri. Namun pendapat itu tidak sepenuhnya benar. Kondisi manusiayang apabila dalam keadaan lapar juga dapat mempengaruhi kinerja otak, ini termasuk prtunjuk bahwa selain menjaga pola pikir kita agar tidak setres makanan juga berpengaruh dalam kesehatan otak anda. Terutama bagi makanan yang tinggi akan anti-oksidan dan lemak sehat memberikan manfaat baik bagi otak itu sendiri. Dan perlu di garis bawahi, tidak semua makanan mengandung manfaat positif tersebut. Ada pula makanan yang malah akan memperburuk kesehatan otak anda.

Berikut kami uraikan beberapa makanan yang tidak di sarankan untuk kesehatan otak anda:

1. Makanan yang tinggi karbohidrat halus

Dalam pengertian karbohidrat halus ini adalah  gula meja dan biji-bijian yang digiling menjadi tepung putih. Pasar atau bahkan rak-rak mini-market di sekitar anda banyak makanan yang mengandung akan karbohidrat halus ini.

Makanan yang tinggi karbohidrat halus

Mie istan , kue-kue kering , dan roti-roti putih adalah sedikit contoh makanan yang mengandung karbohidrat halus ini. Minum-minuman yang mungkin biasa anda minum nampaknya juga sama,  seperti minuman bersoda dan minuman manis-manis lainnya juga termasuk yang harus anda hindari. Bisa di simpulkan, makanan dan minuman instan lah sebenarnya yang paling buruk sebagai makanan otak anda. Ya, mungkin anda baru menyadarinya sekarang, jadi demi menjaga kesehatan otak, Lebaih baik hindari makanan dan minuman di atas tadi.

Selain dapat merukan kesehatan otak. Ternyata makanan di atas tadi jika di konsumsi secara terus menerus akan berakibat vatal. Obesitas ( berat badan berlebih), diabetes type-2 dan yang paling di takutkan adalah serangan jantung adalah sedikit contoh yang apabila anda masih bertahan dengan kebiasaan buruk tersebut.

2. Lemak Trans

Dalam kasus ini, bukan lemak trans yang di ambil dari lemak-lemak alami seperti halnya daging sapi,susu maupun keju . melainkan lemak yang di produksi oleh industri-industri pabrik besar maupun kecil yang biasa di sebut dengan minyak terhidrogenasi.

Lemak Trans

Seperti halnya produk-produk kolestrol tadi , lemak trans juga umum dan banyak kita jumpai di rak-rak supermarket. Contohnya, margarine, mentega, krimer , kripik kentang , dan biskut kalengan. Selain itu lemak trans juga dapat kita jumpai di sekitar kita seperti donat, martabak dan makanan yang di goreng dengan minyak yang di pakai berulang kali. meski kita mengira itu adalah produk-produk alami yang di olah sendiri atau olahan rumahan ternyata itu termasuk makanan buruk bagi otak kita.

Efek dari makan-makanan di atas tadi dapat berakibat buruk diantaranya alzeimer, dan volume otak yang lebih rendah serta ganguan kognitif ( sulit berkonsentrasi dan mudah lupa).

3.Makanan sampah

Sudaha umum di kalangan masyarakat kita konsumsi makanan satu ini tidak aneh lagi. Makanan sampah atau istilah kerennya (junk food) menjadi makanan yang di banyak di gemari masyarakat terutama masyarakat perkotaan. Kepraktisan menjadi salah satu pilihan banyak masyarakat kota memilih makanan ini. Selain sudah menjadi gaya hidup, menyiapkan makanan sendiri di rumah menjadi penyebab mereka beralih ke makanan cepat saji ini.

junk food

Jika anda gemar dengan maknan ini maka anda tentunya anda juga siap dengan resiko-resiko buruk yang di timbulkannya. Obesitas dan dan gangguan mental merupakan sedikit contoh daari pengaruh makanan tersebut. Karena di dalam junk food miskin akan gizi, vitamin mineral dan serat.

4. Minuman Ber-akohol

Tidak diragukan lagi alkohol dapat merusak dari segi kesehatan apa saja, terutama kesehatan otak anda. Kecanduan akan minuman ini menjadi yang terburuk. Karena sebenarnya orang yang kecanduan mengalami gangguan otak yang di sebut dengan ensefalopati wernicke. Gangguan ini jika di terjadi secara terus menerus akan berkembang menjadi masalah-masalah yang rumit seperti masalah penglihatan, kehilangan keseimbangan, halusinasi bahkan kehilangan daya ingat yang dalam atau amnesia.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *