Lumrah Di Konsumsi, Ternyata Inilah Penyebab Bau Mulut Yang Jarang Di Ketahui

4 min


Mulut adalah salah satu bagian tubuh manusai yang terletak di kepala dan umumnya berbentuk rongga terbuka yang berfungsi sebagai masuknya makanan dan minuman. Namun kali ini kita akan membahas tentang penyebab bau mulut yang mungkin anda sedang alami sekarng ini.

Bau mulut bisa di kategorikan dalam masalah kesehatan mulut juga. Di karenakan bau menyengat yang keluar dari mulut merupakan dampak adanya bakteri-bakteri yang bersarang di rongga mulut anda. Selain mengganggu diri anda sendiri bahkan mengganggu orang lain masalah bau mulut ini menjadi penyebab hilangnya rasa percaya diri anda saat bebicara dengan seseorang.

Kebiasaan  berikut nampaknya juga berpengaruh dan penyebab bau mulut anda:

1. Merokok

Umum di kalangan masyarakat kita, di lingkungan khususnya merokok menjadi hal yang dianggap sudah tidak tabu lagi. Bahkan banyak yang mengatakan menjadi gaya hidup mereka. Dengan merokok mereka terlihat lebih keren.

Merokok

Namun, tanpa mereka sadari merokok mejadi faktor utama penyebab bau mulut anda. Karang gigi, penyusutan gigi, renggangnya satu gigi dengan gigi lainnya serta tentu saja bau mulut menjadi bebrapa cotoh efek buruk yang berakibat pada mulut anda. Hal ini terjadi karena menurut penelitian para ahli kesehatan dalam 1 batang rokok terdapat lebih dari 4 ribu bahan kimia serta 200 di antaranya beracun.

2. Konsumsi makanan berbau

Jengkol, petai, dan buah durian merupakan jenis makanan umum yang sering kita konsumsi. Beberapa makanan di atas tadi juga menjadi penyebab bau mulut. Selain itu bawang putih dan berapa rempah-rempah malah akan memperparahnya. Karena di dalam proses pencernaan, jenis makanan tadi akan di pecah menjadi molekul-molekul kecil dan di sebar luaskan ke seluruh tubuh tidak terkecuali ke paru-paru anda. Dari paru-paru ini lah akan berpengaruh pada napas anda.

3. Diet

Diet

Tidak bisa di pungkiri kebiasaan yang satu ini sangat lumprah di lakukan pada orang-orang sekitar anda, termasuk yang paling mendominasi adalah kaum perempuan. Hal ini banyak di lakukan karena mereka berpendapat diet adalah salah satu cara mendapatkan tubuh yang idel sehingga dapat memperkuat rasa percaya diri mereka.

Kenapa Kebiasaan yang satu ini juga menjadi penyebab bau mulut, di karenakan kebanyakan diet mempunyai progam yang menerapkan unutuk mengurangi lebih banyak karbohidrat ( nasi atu penggantinya ) dan memperbanyak konsumsi makanan tinggi protein. Hasil dari diet ini dalam kenytaannya menghasilkan keton – senyawa kimia dari peecahan lemak yang di lakuka oleh hati dan yang berpengaruh terhadap bau tak sedap pada mulut.

4. Kebersihan mulut yang tidak diperhatikan

Menjaga kesehatan mulut sangat lah penting bagi kita. Terutama pada gigi, bagian yang satu ini harus sangat di perhatikan dalam kebersihannya. Meskipun begitu ada beberapa orang yang menyepelekannya. Padahal, kebiassan buruk ini dapat mengganguu kesehatan mulut seperti bau mulut, menumpuknya sisa-sisa makanan, gigi berlubang hingga bertumbuhnya bakteri dalam mulut. Jika kebiasaan buruk ini terus berlanjut bukan tidak mungkin gigi anda akan rusak bahkan tanggal.

Menggosok gigi 2 kali sehari dan berkumur dengan air menjadi kegiatan rutin yang harus anda jaga demi kesehatan mulut hingga tidak berpotensi menjadi bau mulut yang tidak sedap.

5. Mulut yang kering

Di kondisi cuaca kering seperti sekarang ini, mulut yang terasa kering memang susah untuk di hindari. namun bagi yang sudah terindikasi mulut kering harus berhati-hati. Karena di kondisi ini mulut yang kering juga menjadi penyebab bau mulut. Hal ini dapat terjadi karena kelenjar ludah sudah tidak mampu memproduksi air dengan baik sehingga bakteri-bakteri yang berada di dalam mulut akan cepat berkembang.

Selain itu ada beberapa kondisi medis yang berakibat juga pada bau mulut yaitu: Gagal hati( rusaknya sebagian besar organ hati) obstruksi usus ( penyumbatan usus halus / besar) dan ketoasidosis diapetik ( konplikasi diabetes hingga banyaknya keton dan berakibat rendahnya insulin)

Jangan segan dan takut untuk berkonsultasi pada dokter kesehatan anda apabila masalah ini tak kunjung sembuh dalam tempo waktu yang cukup lama. Penanganan yang tepat dari dokter ahli-ahli kesehatan dapat mencegah terjadinya hal buruk yang mungkin anda alami meski di mulai dari bau mulut saja.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *