Keunggulan Cocopeat Dibandingkan Dengan Jenis Median Tanam Lainnya

Diposting pada

Mungkin anda salah satu orang yang bingung setelah mendapati apa gunanya batok kelapa, sabut kelapa setelah daging dari buah kelapa ini anda jadikan sebagai bumbu masakan. Memang benar demikian, pemanfaatan dari sabut maupun limbah kelapa ini masih jarang untuk kita temui. Bahkan walaupun ada masih kurang tentunya dalam sosialisasi pemanfaatan limbah buah kelapa kepada masyarakat. Tentunya ini akan menjadi masalah tersendiri nantinya.

Seperti di lansir di salah satu berita ternama, limbah batok maupunn sabut kelapa ini umumnya sangat banyak di temui di indonesia. Mengapa demikian, di karenakan seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa wilayah indonesia ini terdiri atas kepulauan-kepulauan yang banyak dan bisa di katakan terbanyak di dunia yang mengakibatkan kelapa menjadi salah satu sektor andalan para petani untuk mencari nafkah di sana. Dan dengan adanya data demikian tentunya limbah ini di takutkan akan semakin menumpuk dan mengakibatkan masalah lainnya di kemudian hari.

media cocopeat

Nah maka dari itu, kami disini akan memerikan sedikit inspirasi yang tentunya guna mengurangi limbah dari buah kelapa ini. adapaun cara ini adalah menggunakan limbah dari buah kelapa dan di jadikan sebagai pupuk atau juga dapat di jadikan median tanam. Nama dalam pemanfaatan limbah ini sering di sebut dengan cocopeat. Untuk anda yang belum mengerti apakah itu cocopeat. Ini merupakan salah satu pemanfaatan dari sabut kelapa yang terlebih dahulu akan melalui beberapa proses hingga menghasilkan suatu bahan yang bermanfaat untuk tanaman anda.

Selain bermanfaat bagi tanaman, jika anda dapat mengembangkan cocopeat ini dalam skala yang besar tentu saja anda akan dapat mendapat pemasukan dari sana. Karena jenis cocopeat ini masih jarang di temui, hingga membuat usaha cocopeat skala yang besar bukanlah suatu hal yang mustahil dan tentunya harus denga di sertai sosialisai baik manfaat, keunggulan dan keuntungan tersendiri jika konsumen menggunakan cocopeat ini di tanaman mereka.

Beberapa faktor utama dari keunggulan cocopeat in di bandingkan dengan jenis media atau pupuk bagi tanaman lainnya adalah sebagai berikut:

  • Cocopeat ini memiliki kemampuan berbeda dengan tanah dan sejenisnya karena ia berbentuk layaknya spons yang dimana akan mamapu untuk menahan sejumlah besar air di dalamnya.
  • Bisanya dalam 1 Kg Cocopeat yang sudah dalam keadaan jadi dapat menampung kiranya sekitar hingga 16 liter air
  • Manfaat utama yang menjadi unggulan adalah cocopeat dapat meningkatkan porositas di dalam tanah anda
  • Hal ini di karenakan di dalam cocopeat dapat menahan lebih banyak udara dan air secara bersamaan sehingga sirkulasi serta drainase pada wadah/lahan anda akan lebih terjaga abaik kelambapan dan juga suhu stabil di dalamnya

media cocopeat

  • Cocopeat membuat pembentukan akar tanaman akan mudah
  • Selain itu, cocopeat juga bermanfaat pada tanaman karena akan lebih sehat dan subur di sebabkan porositas/tingkat kegemburan tanah yang tinggi
  • Jenis pengguaan media tanam cocopeat ini Sangat cocok untuk sayuran berdaun seperti pada jenis sayuran kangkung, bayam dan sawi yang dibudidayakan dalam pot
  • Menjadi media tanam yang sempurna bagi tanaman anda karena memiliki PH terbaik yaitu 5,8 hingga 6,5,
  • Dan keunggulan terakhri selain dapat di manfaatkan pada tanah sebagai pupuk dan media tumbuh tanaman, cocoprat ini juga dapat digunakan sebagai media tanam untuk budidaya secara hidroponik atau media yang lebih mengedepankan air.

Demikanlah tadi beberapa keunggulan dari cocopeat yang bisa anda dapatkan. Jangan ragu untuk menggunakan cocopeat, karena sama dengan anda sedang membantu dalam mendaur ulang dari bekas buah kelapa yang biasanya tidak ada manfaatnya.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *