Kesuburan wanita tergantung pada bebrapa hal ini

6 min


Banyak wanita mengimpikan memiliki pasangan.Hal tersebut tentunya di tujukan agar memiliki keluarga yang bahagya dari sisi lahir maupun batin. Namun tidak sedikit juga yang kesusahan dalam mewujudkan hal tersebut, terutama mendapatkan momongan. Karena dengan memliki momongan menjadi suatu kebahagyaan tersendiri dari suatu pasangan.

Meiliki keturunan atau momongan tidak lepas dari yang namanya kehamilan. Hampir semua pasangan mendambakan hal tersebut. Meskipun begitu ada beberapa pasangan yang sudah setahun lebih berhubungan intim secara intensif masih belum di karuniai suatu hal yang di namakan kehamilan.

Namun yang tidak mereka sadari adalah gaya hidup yang buruk, obesitas (berat badan berlebih) dan penyumbatan tuba falopi menjadi faktor alami bagi wanita mengalami masalah kesuburan hingga berpengaruh tak kunjung hamil.

And tidak perlu khawatir lagi, bagi anda yang sekarang masih bergaya hidup buruk dapat memanafaat tips-tips dari kami , berupa terapi yang mudah-mudahan berguna dalam meningkatkan kesuburan anda hingga berpeluag terjadinya kehamilan.

Tips meningkatkan kesuburan bagi wanita:

1.fertility diet

diet kesuburan

Fertility diet adalah nama lain dari (diet kesuburan). Diet kesuburan ini sangat baik di terapkan bagi anda yang ingin meningkatkan kesuburan. Denagn cara mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat dan menghindari makanan yang banyak mengandung lemak trans. Selain itu konsumsilah protein nabati sebagai ganti dari protein hewani seperti halnya daging merah. Satu hal lagi, makanan yang mengandung lemak sehat, juga sangat berperan dalam hal ini.

Buah-buahan, tiram,susu murni,sayuran hijau adalah berapa jenis makanan yang dapat membantu dalam meningkatkan kesuburan anda. Jenis kacang-kacangan seperti kacang kedelai,kacang merah dal lain sebagainya juga bisa membantu. Ada juga yang menyrankan untuk mengganti nasi putih dengan quinoa serta ikan berlemak.

2.Aktivitas Fisik

Jangan berfikir aktifitas fisik malah akan mempersulit kesuburan anda. Karena dengan adanya aktifitas fisik tersebut dapat membakar kalori-kalori yang tersimpan dalam tubuh anda. Seperti yang di katakan di atas tadi obesitas (berat badan berlebih) menjadi slah satu faktor penyebab kurang nya kesuburan di karenakan banyak hormor estrogen yang berdampak mengganggu ovulasi dalam rahim anda.

Namun yang perlu di ingat adalah jangan melakukan aktivitas fisik secara berlebihan karena tubuh yang terlalu kurus juga menghalangi terjadinya sistem reproduksi sehingga kesuburan anda terganggu dan berujung sulit akan hamil. Maka dari itu berat badan yang ideal menjadi target utama sebagai titik aktivitas fisik anda. Jadilah pribadi yang aktif dalam segala hal terutama olahraga yang bisa anda lakukan minimal 3 kali seminggu.

3.Hindari Minuman Akohol Dan Merokok

Minum minuman yang berakohol dan merokok sangat tidak di anjurkan bagi anda yang memiliki tubuh sehat, apalagi bagi anda yang sekarang menjalani proses meningkatkan kesuburan. Efek dari buruknya kebiasaan ini akan sangat mepegaruhi  sel telur anda, dan jika kebiasan ini terus berlanjut tidak hanya sel telur, sekaligus menyebabkan ovarium (indung telur) menua sebelum waktunya. Hal ini dapat terjadi di karenakan adanya bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam minuman berakohol dan rokok yang sering and konsumsi.

Tinggalkan ke dua kebiasaan buruk tersebut, baik minum-minuman berakohol maupun merokok. Tetapi , apabila pasangan anda yang merokok mintalah untuk segera berhenti. Asap rokok yang setiap hari anda hisap sangat buruk bagi kesuburan anda, apalagi kehamilan adalah prioritas utama bagi anda ber dua.

4.Beri Waktu Tubuh Anda Untuk Bersantai

Tubuh yang lelah juga sangat berdampak bagi anda. Apalagi anda sebagai menantu yang terus tertekan agar segera di karuniai kehamilan. Buntut dari tekanan tersebut akan berakibat fatal seperti stres dan lebih banyak lagi. Jauhilah stres, karena jika anda stres kesuburan anda akan sangat terganggu. Amenore hipotalamus fungsional (AHF) atau penurunan mendalam fungsi reproduksite rmasuk anovulasi dan infertilitasi adalah bebrapa penyakit jika anda mengalami stres.

Bersantai

Cobalah untuk tetap bahagya, melakukan hal-hal yang mungkin membuat anda senang, berlibur ke pantai, shopping dan lain sebagainya. Kontrol rasa setres anda sebaik mungkin jangan sampai membuat anda tertekan baik mental juga pikiran.

5.Terapi

Dalam kata terapi ini tentunya adalah terapi kesuburan. Cepat ingin memiliki momongan adalah impian semua pasangan, baik yang baru menikah maupun ingin menambah momongan lagi. Di bawah ini akan kami berikan tips yang di golongkan dengan penentuan tekhnik ,usia dan riwayat kesehatan bagi anda yang berkeinginan meningkatkan kesuburan.

  • Obat peningkat kesuburan. Dalam obat ini dokter biasanya akan memberikan resep yang berisi klomifen sitrat (clomiphene citrate),gonadotropin,metformin dan bromcriptine. Beberapa jenis obat tersebut di tujukan agar si pasien memiliki peluang kehamilan yang tinggi.
  • Laparoskopi atau histeroskopi. Adalah jenis bedah yang dilakukan untuk menghilagkan atau memperbaiki organ reproduksi wanita. Biasanya bedah ini bertujuan menghilangkan bebrapa kelainan pada wanita seperti penyumbatan tuba falopi, perlengketan rahim,miom, polip rahim dan kelainan bentuk rahim.
  • Program Bayi tabung. Inseminasi buatan (intrauterine insemination,IUI) atau melalui metode in viro fertillisation(IVF) dalam bahasa sehari-hari lebih di kenal dengan bayi tabung.Cara ini biasanya di lakukan sebagai langkah terakhir bagi pasangan untuk mendapatkan keturunan.

Haid tidak teratur juga sangat berefek bagi kesuburan wanita. Gaya hidup sehat menjadi pilhan yang harus di tempuh demi terwujudnya kesuburan yang baik.

Berkonsultasilah kepada dokter-dokter ahli kesuburan. Agar anda mendapat terapi yang tepat secara langsung. Baik dari sisi usia anda, maupun dari segi kelainan-kelainan yang anda alami. Terutama bagi anda yang berkeinginan segera memiliki momongan.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *