Hindari Kecalakaan Akibat Listirk Berikut Beberapa Instalasi Kabel Yang Bisa Anda Pelajari Secara Mudah

5 min


Bagi anda yang memiliki rumah baru tentunys tidak luput nantinya akan memesang jalur listrik guna sebagai penerangan maupun dalam mrnggunakan alat-alat rumah yang menggunakan daya listrik. Namun untuk anda yang  masih baru dan ingin belajar sendiri mulai daripemasanagn kabel,pemilihan jenis kabel maupun penggunaan kabel-kabel yang berbeda fungsinya. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan seperti kesalahan memasang jalur sehingga berakibat konsleting listrik ada baiknya anda lebih dahulu beberapa hal dasar yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. Dan untuk itu, di bawah ini kami akan berikan beberapa hal dasar sebelum anda melakukan pemasangan instalasi listrik di rumah anda.

Ketahui ukuran kabel listrik yang diperlukan

Ketahui ukuran kabel listrik yang diperlukan

Pada dasarnya ukuran yang terdapat pada kabel nantinya dapat menentukan besar kecilnya ampere yang masuk kedalam rumah anda. hal ini dapat di lihat dengan membandingkan beberapa diameter sebagai acuan asli dalam anda memilih kabelnya nanti.

Jika dalam pemilliahan kabel saja sudah tidak sesuai kemungkinan akan berefek kurang baik juga pada ampere atau tegangan listrik yang masuk. Efek yang terburuk akibat salah pemilihan kabel biasanya akan menyebabkan hubungan pendek arus  listrik hingga menyebabkan kebakaran.

Ketahui perbedaan kode warna pada kabel listrik

Ketahui perbedaan kode warna pada kabel listrik

Jika anda lebih dahulu mengetahui beberapa warna kode yang berapa pada kulit kabel tentunya juga anda bisa menentukan ukurang yang tepat untuk instalasi rumah anda. dikarenakan pada setiap warna kabel sebenarnya memiliki arti yang menggambarkan besar atau kecilnya kawat kabel yang berada di dalamnya. Sperti pada kabel kabel listrik NYM berwarna putih berukuran 3 x 2,5 mm untuk daya maksimal 900 VA, sementara ukuran 3 x 4 mm berfungsi untuk daya maksimal 5500 VA. Dari hasil tersebut dapat di simpulkan bahwasaannya apabila anda salah dalam pemilihan warna kabel ini kemungkinan juga akan berefek buruk pada instalasi rumah anda.

Cara pemasangan kabel listrik

Cara pemasangan kabel listrik

Dalam Prosedur pemasangan kabel ini nyatanya cukup mudah, namun memerlukan sedikit keterampilan untuk menghasilkan instalasi listrik yang rapi dan aman. Bisa di katakan demikian karena pada proses penyambungan kabel anda tentunya terlebih dahulu harus mengupas kulit dari kabel tersebut namun yang perlu anda ingat adalah jangan sampai anda mengenai kawat yang ada di dalamnya. Hal ini di maksudkan krena kawat tersebut nantinya akan mudah putus bila terkena goresan dari benda tajam selain itu dapat juga menyebabkan kosleting pada listrik.

Melindungi kabel listrik dengan pipa konduit

Melindungi kabel listrik dengan pipa konduit

Meskipun telah pada kabel telah terlindungi lapisan pembungkus atau isolator,namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan masih bisa menyebabkan konsleting listrik bisa terjadi akibat dari rusaknya pembungkus kabel tersebut. Biasanya  dalam sistem aliran listrik yang menggunakan banyak kabel, harus  diperlukan pipa konduit untuk menjaga jalur instalasi listrik agar tetap rapi dan juga terjamin keamanannya.

Jangan lupa untuk Perhatikan  berapa jumlah kabel yang cukup untuk satu pipa konduit, hal ini bergantung dengan ukuran dan material pipa konduit yang dipakai semakin besar pipa yang di gunakan semakin banyak pula kabel-kabel yang bisa anda masukkan. Berdasarkan fungsinya Pipa konduit ini dapat berfungsi sebagai pelindung seluruh bagian kabel listrik dengan baik, terutama dari hewan pengerat seperti tikus dan sejenisnya.

Ketahui berapa maksimum penggunaan kabel listrik

Ketahui berapa maksimum penggunaan kabel listrik

Dalam satu sambungan listrik rumah anda, biasanya terdapat batas maksimum penggunaan jumlah kabel listrik yang baik untuk anda gunakan.karena dalam Instalasi kabel yang berlebih dapat menyebabkan kerusakan pada saklar penyala lampu ,selain itu juga dapat berimbas pada alat elektronik rumah tangga, dan keseluruhan jaringan listrik. Hal ini dapat anda ketahu dari mulai putusnya aliran listrik pada benda elektronik yang anda gunakan ataupun pada seluruh aliran listrik di rumah anda.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *