Hal sepele yang harus ibu hamil patuhi agar tidak berefek buruk pada janin

5 min


Kehamilan adalah suatu yang paling di impikan oleh semua pasangan. belum lengkap rasanya bila sudah berpasangan selama beberapa tahun masih belum mendapatkan hal ini. Untuk pasangan yang sudah di berkahi dengan kehamilan hendaknya menjaga kesehatan baik diri sendiri dan janin yang sedang di kandung. Menjaga idealnya kandungan 9 bulan bukanlah suatu perkara yang mudah. Bahkan dari hal-hal sepele pun kita tentu harus menjaganya demi kondisi janin di dalam kandungan tetap sehat dan lahir dalam keadaan selamat.

Berikut hal-hal sepele yang harus anda jauhi demi terjagaya janin anda dari hal-hal yang tidak diinginkan:

1. Konsumsi makanan mentah

Mengkonsumsi makanan mentah sebenarnya boleh saja di lakukan. Sushi,sashimi adalah bebrapa contoh olahan makanan mentah yaang sebaiknya anda hindari.

Konsumsi makanan mentah

Kandungan yang berada di makanan tersebut biasanya berupa jenis-jenis bakteri atau parasit termasuk toxoplasma, E. Coli, listeria dan salmonela. Bakteri-bakteri tersebut akan berakibat meningkatkan resiko infeksi pada janin yang sedang anda kandung.

Selain itu tingkat kematangan suatu masakan juga dapat menjadi penyebabnya. Telur setengah matang, steak daging dengan kematangan medium dan olahan susu produk yang tidak di pasteurisasi ( pemanasan yang bertujan membunuh bakteri dan virus)  sedikit contoh makanan yang harus anda hindari.

2. Membersihkan kotoran

Memiliki kegemaran memelihara hewan adalah hobi yang banyak dilakukan baik oarng di sekitar kita maupun anda sendiri. Memang menjadi rasa kesenangan tersendiri saat kita bermain dengan hewan peliharaan yang kita miliki. Untuk anda yang sedang hamil hukumnya di perboleh kan jika hanya mengelus dan bermain-main dengan hewan peliharaan anda tetapi tidak dengan membersihkan koyoran hewan tersebut. Pasalnya kotoran hewan dapat berakibat kurang baik bagi janin anda.infeksi toksoplasmosis yang berujung pada terganggunya gangguan syaraf, reardasi, gangguan penglihatan dan gangguan pendengaran pada bayi adalah beberapa penyakit yang timbul di karenakan di dalam kotoran hewan biasanya menjadi tempat bersarangnya sejumlah parasit dan dan bakteri terutama toxoplasma gondii.

3. Makanan laut

Yang ketiga ini nampaknya perlu anda waspadai sebab umum di konsumsi di kalangan ibu-ibu hamil atau bahkan keluarga anda sendiri. Namun yang di maksud makanan laut disini adalah ikan-ikan laut yang memiliki zat merkuri tinggi. Karena dapat mengakibatkan efek yang kurang baik seperti terganggunya sistem syaraf, ginjal akan bermasalah, menurunnya sistem kekebalan tubuh, yang akan berpengaruh besar dalam tumbuh kembangnya si anak.

Makanan laut

Namun bagi anda yang gemar akan ikan laut seperti ikan todak, blue marlin, hiu dan kerang tetap boleh di konsumsi namun masih dalam porsi yang wajar yaitu tidak lebih dari 1-2 porsi per bulan atu akan berakibat buruk seperti yang di jelaskan di atas tadi.

Sebagai pengganti cobalah mencari makanan laut yang rendah akan zat merkuri diantaranya ikan salmon, ikan patin, ikan mas dan masih banyak lagi. Kandungan lemak omega 3 di dalam ikan-ikan tersebut tentunya juga sangat baik bagi tumbuh kembang janin anda. Untuk masalah porsi cukup dengan konsumsi 2-3 kali dalam seminggu anda sudah dapatkan manfaat baik dari makanan tersebut.

4. Rokok dan minuman beralkohol

Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa Merokok dan minum-minuman berlkohol tentunya memiliki sederet efek yang sangat buruk bahkan untuk anda yang sehat apalagi untuk anda atau pasangan anda yang sedang mengandung. Keguguran, prematur hingga cacat saat lahir adalah resiko yang harus anda tanggung jika anda tetap mempertahankan kebiasaan buruk tersebut.

Rokok dan minuman beralkohol

Namun bagaimana jika yang ,merokok atau minum minuman beralkohol adalah suami anda apakah memilikin efek yang sama..? tentunya, karena paparan asap rokok juga sama bahayanya. Hindari paparan tersebut baik dari orang lain atu bagi suami anda mintalah untuk segera berhenti demi menjaga kesehatan janin yang sedang anda kandung.

Selain itu ada beberapa yang perlu di perhatiakan untuk menjaga kesehatan janin yang sedang anda kandung selain 4 hal di atas:

  • Hindari olahraga terlalu berat atau aktifitas berlebih
  • Jangan konsumsi kafein seperti kopi dan semacamnya secara berlebihan.
  • Hindari duduk terlalu lama, terutama bagi anda yang sedang bekerja di perkantoran.
  • Obat flu juga berpengaruh buruk pada awal kehamilan

Kesimpulannya adalah selalu jaga kehamilan anda dengan tidak mengkonsumsi makanan mentah, makanan tinggi zat merkuri, jangan membersihkan kotoran hewan dan tentunya hindari merokok dan minum-minuman keras.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *