Dengan ini anda dapat menghilangkan batuk pilek dalam sehari

5 min


Virus (common cold) adalah salah satu penyabab batuk pilek yang terbilang ringan , namun cukup menjengkelkan. Apalagi di cuaca seperti sekarang ini , di kombinasi dengan kondisi tubuh yang tidak fit jadi paket lengkap bagi banyak virus menyerang.

Kadang anda bingung bahkan jengkel ,tetapi menurut penelitian kondisi tersebut adalah respon alami dari tubuh bahwa sistem imum sedang bekerja untuk melawan virus yang menginfeksi.

Berikut tips menghilangkan batuk filek dalam sehari :

1.memaksimalkan porsi cairan tubuh

Tidak bisa di pungkiri tubuh manusia terdiri dari sebagian besar air. Cairan sangat di perlukan oleh tubuh di saat kondisi flu batuk maupun pilek, agar terhindar dari dehidrasi( kekurangan cairan) pada tubuh.

Lebih baik hindari minuman berkafein dan bersoda, karena pada dasarnya minuman tersebut malah akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh anda seperti halnya kesulitan tidur dan menambah dehidrasi.

Disarankan perbanyaklah minum atau konsumsi cairan yang alami, terutama air putih. Apalagi di tambah dengan jus buah segar,sup kaldu,jahe hangat, atau lemon yang di kombinasi dengan madu ccok sekali dengan kondisi tubuh anda yang sekarang ini.

2.air garam

Berkumur dengan air garam menjadi salah satu pilihan lainnya.karena cara ini cukup efektif untuk meredakan iritasi pada saluran pernapasan anda sekaligius menghilangkan rasa gatal di tenggorokan. Caranya, siapkan 1 sdt garam, air hangat, kemudian campurkan garam tersebut ke dalam wadah atau gelas lalu berkumurlah hingga rongga tenggorokan(gargle)

3.mencuci hidung

Terkadang terdengar remeh, mencuci hidung atau irigasi nasal dapat meringankan gejala pilek yang di sebabkan virus atau partikel yang mengandung banyak kuman.

Cara ini dapat anda lakukan denangan cara cukup mudah.

Siapkan:

  1. Cairan salin
  2. Spuit
  3. Suntikan tanpa jarum

Langkah:

Tuangkan cairan salin kewadah lalu sedot dengan sepuit, kemudian semprot spuit kedalam lubang hidung secara bergntian. Lakukan urutan tersebut hingga hidung terasa lega.

4.Menghirup uap hangat

Tenggorokan terasa kering dan kemacetan di saluran pernapasan dapat di tanggulangi dengan cara menghirup uap dari air hangat ini ke arah wajah sehingga dapat melembabkan di area tersebut.

Siapkan:

  • Baskom
  • Air panas
  • Minyak esensial / minyak kayu pitih
  • handuk

Langkah:

masukkan air panas kedalam baskom , tambahkan Minyak esensial / minyak kayu pitih . kemudian tutup kepala dengan handuk dan hirup uapnya dari jarak aman. Lakuakan selama beberapa menit hingga terasa hangat.

Agar tubuh lebih rileks gunakan air hangat dengan cara merendam kaki. Atau anda juga bisa mandi dengan air hangat tersebut.

5 . perbanyak vitamin/gizi

Buah-buahan dan sayuran sangat banyak mengandung vitamin yakni berguna untuk menghilangkan batuk dan pilek. Terutama vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan maupn sayuran yang banyak hidup di sekita lingkungan kita.

Tidak bisa di pungkiri banyak dari kita kehilangan nafsu makan saat sakit seperti flu dan pilek. Kondisi tersebut cukup wajar . memaksa tubuh anda adalah salah satu pilihan agar Sistem kekebalan tubuh (imun) dapat melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh anda.

6. Obat apotik

Bebrapa obat yang di jual di apotik dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anda seperti paracetamol, dekongestan, antihistamin , suplemen zinc dan vitamin C yang berpern penting dalam menurunkan gejala flu dan pilek anda.

Banyak dari orang tua kita yang mengatakan jangan membiasakan minum obat-obatan baik dari apotik maupun obat warung. Hal itu benar adanya , karena terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan dapat berakibat kurang baik bagi tubuh atau bahkan ketagihan. Sangat di sayangkan apabila keadaan itu terjadi pada anak-anak anda.

7. Jaga Tidur Anda.

Menjaga tidur dengan tidur secukupnya sangat penting bagi anda sekarang yang sedang mengalami flu dan pilek. Dengan anda tidak keluar rumah ,anda juga mencegah penularan penyakit batuk pilek lebih cepat. Selain itu dengan istirahat tubuh anda dengan sendirinya akan bekerja melawan virus dan bakteri penyebab penyakit tersebut.

Menempatkan bantal di tengkuk atau bawah kepala dapat meredakan flu,batuk dan pilek anda . dan pastikan anda mendapat waktu tidur yang cukup baik siang maupun malam hari. Kamar bebas dari bau rokok dan sejuk menjadi salah satu pilihan agar tubuh anda rileks dalam kondisi tersebut.

Dari ke 7 cara di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa untuk sembuh dari batuk, pilek, dan flu anda cukup beristirahat yang cukup , konsumsi vitamin dan gizi, di barengi dengan pengobatan alami atau herbal seperti berkumur dengan air garam. Dan perlu di ingat, boleh menggunakan obat-obatan asal jangan terlalu sering apalagi obat-obatan yang di jual bebas di warung-warung sekitar anda.

Periksakan segera kondisi anda apabila batuk, pilek dan flu lebih dari seminggu . karena menurut para ahli kesehatan kondisi tersebut sudah melebihi batas wajar apalagi anda penderita gangguan imun ( sintem imun yang lemah) akan berakibat komplokasi seperti sinusitis, pneumonia, infeksi telinga dan bronkitis .

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *