Cara Sederhana Tabulampot Kelengkeng Beserta Perawatannya

Cara Sederhana Tabulampot Kelengkeng Beserta Perawatannya

Diposting pada

Masih membahas tentang budidaya tanaman yang sedang tranding di masyarakat yaitu Tabulampot. Tabulampot sendiri merupakan metode penanaman tumbuhan yang dalam media tanamnya mengguanakan pot. Selain memudahkan dalam menanam pada cara ini, Tabulampot tentunya juga tidak memerlukan tempat yang luasa sehingga anda dapat meletakkan di sembarang tempat seperti teras, belakang rumah atau bahkan dalam jenis tanaman hias bisa anda tempatkan di dalam rumah

Tabulampot Kelengkeng

Kembali pada pokok permasalahan pertama yaitu cara mudah Tabulampot kelengkeng di rumah terlebih dahulu kita harus mengetahui spesifikasi dari buah kelengkekng ini.

  • Buah dengan nama lain Dimocarpus longan
  • Buah berbentuk bulat dan memiliki kulit, daging dan juga biji berwarna hitam di dalamnya.
  • Memliki rasa yang manis
  • Tanaman bercabang banyak dan bisa tumbuh hingga 40 meter
  • dapat tumbuh pada ketinggian 200-400 mdpl

Cara Tabulampot Kelengkeng agar Cepat Berbuah

Di bawah ini ada beberapa langkah yang anda persiapakan terlebih dahulu sebelum anda mulai mencoba dalam menanam tabulampot kelengkeng. Perlu anda ketahui, dalam percobaan pasikan anda menyiapkan bahan dengan baik dan perhatikan secra rinci agar nantinya tabulampot yang anda buat dapay berhasil dengan sempurna.

Media Tanam Tabulampot Kelengkeng

Yang pertama adalah dengan menyiapkan media tanam untuk tabulampot anda. umumnya anda bisa menggunakan media pot yang ukurannya agak lumyan besar yaitu sekitar 40 – 100 cm. Selain itu, untuk isi dari pot ini nantinya anda jangan hanya mengisinya dengan tanah biasa saja, melainkan harus dengan beberapa campuran yang berguna dalam kesuburan kelengkeng anda. campuran ini adalah:

  • tanah lempung
  • pasir halus
  • kompos
  • pupuk kandang
  • sekam

dalam takaran pembuatan campuran ini adalah dengan perbandingan 1:1:1:1

Pemeliharaan Tanaman Kelengkeng

Pemeliharaan Tanaman Kelengkeng

Setelah anda sudah mendapatkan bibit dengan kualitas baik dan terjamin, beberapa hal lain juga tentunya harus di perhatikan lebih utama lagi seperti kesehatan pada tumbuhan, kesuburannya, dan juga apakah kelengkeng anda dapat segera berbuah atau tidak. Untuk itu semua harus di perlukan perawatan yang ekstra. Perawatan yang di maskudkan seperti

  • melakukan penyiraman,
  • melakukan pemupukan,
  • melakukan pencabutan gulma,
  • melakukan pemangkasan,
  • melakukan pencahayaan yang pas.
  • melakukan pencegahan hama penyakit pada batang, daun dan juga buah kelengkeng.

Untuk lebih jelasnya lagi anda bisa simak dengan seksama langkah-langkah perawatan tersebut di bawah ini.

Melakukan rutinitas Penyiraman

Penyiraman pada tabulampot kelengkeng merupakan hal yang wajib anda lakukan. Karena seperti kebanyakan tanaman yang lain jia tabulampot kelengkeng anda kekurangan cairan atau air tentu akan mengalami masalah berupa layu, daun kekuningan, dan bahkan mati. Selain untuk menjaga agar itu tidak terjadi, penyiraman mempunyai fungsi utama sebagai penjaga kelembapan pada tabulampot anda. namun perlu anda ingat, jangan berlebih dalam memberi siraman hingga becek pada tabulampot karena dapat menyebabkan membusuknya akar kelengkeng.

Pemupukan

Pemupukan merupakan kunci sukses jika anda menanam jenis kelengkeng ini. karena kelengkeng merupakan jenis tanaman yang haus sekai dengan nutrisi agar tumbuh dengan maksimal dan menghasilakan buah yang melimpah. Pemupukan harus anda lakuakan baik itu menggunakan pupuk kimia maupun organik yang dimana dapat membantu tumbuh kembang dari si kelengkeng tersebut. Jangan lupa untuk memperhatikan dosis dari pupuk anda. pastiakan melakukan pemberian dengan benar dengan memperhatikan umur kelengkeng dan kondisi kesehatan pada tanaman.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian Hama dan Penyakit

Penegndalian tanaman dari penyakit juga harus anda lakukan dengan rutin guna menjaga tanaman anda tumbuh dengan baik tanpa mengalami masalah sedikit pun. Pada umumnya gangguan pada tanaman ini pastilah muncul baik dari faktor serangga, dan juga beberapa jamur yang biasanya mulai menggangu akar dan juga daun kelengkeng. Segera lakukan penanganan yang tepat agar kelengkeng anda dapat memprodusi hasil yang baik bukan malah mati karena terserang hama ini. beberapa penyakit atau hama yang biasanya dapat menyerang tanaman kelengkeng anda adalah sebagai berikut:

  1. Hama trusuk
  2. Hama penggerek batang,
  3. Hama ulat,
  4. Hama kelelawar,
  5. Hama thrips, dan
  6. Hama kutu
  7. Penyakit Busuk daun,
  8. Penyakit black spot,
  9. Penyakit akar putih,
  10. Penyakit layu,
  11. Penyakit kapang daun
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *