Cara Pemakaian Pupuk Bawang Putih Pada Tanaman Secara Tepat dan Benar

Diposting pada

Bawang putih merupakan salah satu jenis rempah yang di mana di dalamnya kaya akan manfaat baik pada tubuh manusia dan jugauntuk tanaman anda. pemanfaatan pada manusia sendiri bisa di lihat mampu menekan asam lambung dan juga dapat memperlancar darah anda. sedangkan pada tanaman ini juga tidak kalah menakjubkan. Seperti dapat mengusir  hama dan juga  menetralisir kandungan berbagai zat berbahaya dalam tanah sehingga tanah menjadi siap untuk media tanam.

bawang putih dapur

 

Selain di percaya ampuh mengusir atau bahkan membunuh berbagai serangga pengganggu seperti rayap, lalat, ulat, kumbang,penggerek, siput, ulat bulu, dan ulat daun kadang bawang putih juga di sebut-sebut sebagai pengganti ampuh dalam penggunaan pestisida kimia. Seperti yang telah kita ketahui bersama, pestisida kimia ini memang tidak di ragunakan dalam keampuhannya. Namun perlu di garis bawahi, bahwa berbagai bakteri baik yang berada dalam tanah juga dapat mengalami kematian. Hingga akibatnya setelah anda menggunakan pestisida kimia bisa di pastikan keberadaan bakteri baik dan berupa hewan cacing di dalmnya tak akan mau untuk tinggal di tanah yang telah melalui proses penyemprotan zat kimia ini. dan efek buruknya akan berakibat pada tanah tidak akan bisa di tanami jenis sayuran atau tanaman apapun. meskipun bisa, mungkin tumbuh kembang tanaman akan berbeda seperti daun kecil dan kerdil serta tidak menghasilkan hasil yang maksimal.

Untuk menangani masalah tersebut, maka kami di sini akan memberikan sedikit inspirasi tentang cara pengaplikasian yang tepat pestisida bawang putih pada tanaman anda, sehingga tumbuh tanaman akan berkembang dengan baik dan tidak akan saling merugikan baik dari sisi tanah dan juga keberadaan bakteri-bakteri baik di dalamnya.

Untuk masalah pembuatan pestisida bawang putihnya anda bisa lihat di postingan sebelumnya, Mulai dari pembuatan, dalam proses dan juga menjaga agar pestisida ini dapat bertahan lama.

Cara Aplikasi Pestisida Organik Bawang Putih

  • Langkah pertama anda dapat menyiapakan cairan atau pestisida bawang putih kedalam sebuah botol
  • Kemudian lakukan penyemprotan pada tanaman anda setidaknya seminggu sekali guna menghindari tanaman dari serangan serangga.
  • Selain itu, bebeda Pada musim penghujan Anda perlu melakuakan penyemprotan sebanyak dua kali seminggu.
  • Perlu anda ketahui bahwa Pestisida organik bawang putih ini biasanya memiliki rasa yang sangat kuat. Dalam satu kali semprotan saja biasanya  rasanya akan tetap ada di tanaman selama sekitar satu bulan.ini tentunya mengakibatkan tanaman anda bebas dari berbagai serangga pengganggu
  • Pada proses penyemprotan sebaiknya jangan pernah menyemprot pestisida alami ini terlalu dekat dengan waktu panen buah atau sayuran anda, karena dapat mengganggu buah atau sayuran yang dihasilkan, seperti berbau bawang dan akan berpengaruh pada rasa.
  • Selain itu, Bawang putih merupakan salah satu pestisida berspektrum luas. Ini berarti anda harus  berhati-hati dalam  menyemprot hanya bagian tanaman yang penuh saja. Karena  Ini akan membantu anda dalam meminimalkan penghancuran serangga yang menguntungkan.

Cara aplikasikan pupuk bawang putih pada tanaman yang tepat dan benar

Air rendaman Bawang Putih

selain pestisida bawang putih, ternyata ada metode lain dalam pemanfaatan bawang putih ini yaitu perendaman menggunakan bawang putih. Cara sendiri cukup mudah hanya dengan merendam bawang putih dengan air beberapa liter dan dengan waktu yang telah di tentukan kemudian hinga menungu kurang lebih beberapa hari maka cairan rendaman bawang putih bisa anda manfaatkan.

Air rendaman bawang putih ini juga kaya manfaat trutama merujuk pada media tanamnya yaitu tanah. Diantara manfaatnya adalah:

  • Rendaman air bawang putih dapat secara efektif mengontrol nematoda yang telah disiramkan ke tanah.
  • Ketika air rendaman terserap oleh akar tanaman bisanya akan mengusir kumbang Jepang, ngengat, lalat wortel dan belatung yang berada di dalam maupun di sekitar kulit akar.
  • Paling ampuh dalam membunuh siput.
  • Pemanfaatan air rendaman bawang putih bahkan di luar negeri di anggap sebagai cara efektif dalam menjauhkan rusa dan kelinci dari bunga di kebun para petani.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *