Cara Merangsang Akar Pada Stek Batang
Cara Merangsang Akar Pada Stek Batang

Cara Merangsang Akar Pada Stek Batang

Diposting pada

Mungkin dari sekian banyak anda sudah sering mendengar dengan stek batang. Teknik ini mulai banyak di praktikan setelah mereka tau dengan mudahnya menanam tanaman  hanya dengan menggunakan batangnya saja bukan dari biji. Cara ini mulai merajahi dunia pertanian sejak tahun 2000 an. Selain mudah, teknik ini juga di anggap salah satu cara yang paling efesin guna memperoleh bibik tanaman yang hasil dari batang terbaik itu sendiri.

Cara penanaman mode stek batang yang telah jadi ini hanya dengan menancapkannya di media tanam yang sudah tersedia. Perlu anda ketahui bahwa metode stek batang ini tujuan utamanya yaitu menambah jumlah akar baru dalam stek. Mekipun tekhnik ini di anggap salah satu cara paling efesien di dalam penanaman modern, tetapi tidak semua jenis tanaman bisa anda praktikkan dengan metode ini hanya tanaman dengan jenis tertentu saja.

Stek Batang

Di lihat dari beberapa tekhik dalam stek batang, terdapat 3 jenis stek batang yang paling umum dan sangat mudah untuk anda aplikasikan di rumah anda, yaitu:

Stek Lunak.  Ini merupakan jenis stek yang diambil dari cabang yang masih muda atau sedang dalam masa pertumbuhan

Stek setangah Lunak.  Ini merupakan metode yang paling sering di gunakan dalam menghasilkan bibit yang baik yaitu stek yang diambil dari cabang tanaman yang tidak tumbuh lagi dan berada dalam proses menuju batang tua atau kisaran tumbuhan yang dalam 1 tahun pertumbuhan.

Stek Keras. Ini merupakan tekhnik stek batang yang diambil dari batang yang sudah sangat keras dengan umur lebih dari satu tahun.

Cara mudah Stek batang lunak & setengah lunak

Langkah ini paling sering di gunakan dalam beberapa percobaan, dan terbukti cepat tumbuh dalam pengaplikasiannya

  • dengan memotong batang tanaman yang masih lunak dengan panjang kira-kria 10 atau 12,5 cm dengan diameter batang 0,5 cm.
  • Kemudian buang semua daun pada bagian bawah batang dan hanya sisakan beberapa helai saja.

Cara Stek batang yang keras

Cara Stek batang yang keras

Jika anda berkeinginan mempunyai tanaman hias atau buah-buahan yang ternyata memiliki batang keras, berkut ini kami berikan beberapa tekhik stek batang yang mudah sekali anda praktikan sendiri di rumah, yaitu:

  • Yang pertama dengan memotong batang dengan panjang antara 15 s/d 20 cm
  • Kemudian potongan yang anda lakukan harus berada dibawah bagian batang yang lunak
  • Setalah itu sisakan antara 3-4 helai daun pada bagian atas batang
  • Dan yang terakhir Potong daun yang terlalu lebar hingga tersisa setengah bagian saja.

Tips Mempercepat Tumbuhnya Akar

Metode Pengeratan

Terlepas dari cara stek di atas,  anda harus memperhatikan pula beberapa hal di dalam sistem pertumbuhan tanaman, yaitu akar. mengapa demikian,  pada dasarnya di setiap pohon maupun tanaman yang memiliki hasil melimpah, ini dapat di karenakan memilliki akar yang kuat dan banyak sehingga dapat menyerap nutrisi-nutrisi secara maksimal yang kemudian di distribusikan pada batang, sehingga induk batang dapat tumbu maksimal dengan baik.

Merangsang Akar Pada Stek Batang

Cara mempercepat pertumbuhan akar adalah dengan menggunakan metode pengeratan. berikut langkah yang bisa anda lakukan dengan mudah di rumah :

  • Kupas bagian batang selebar 2 cm dengan jarak antara ujung batang dan keratan adalah 30-40 cm
  • Tunggu selama 2-4 minggu sehingga terlihat muncul benjolan disekitar keratan
  • kemudian potong batang tersebut untuk distek

Perawatan Hasil Stek

Setelah anda sudah dapat memotong, jangan lupa untuk melakukan perawatan pada hasil stek batang yang telah anda lakukan. Caranya tidak sulit hanya dengan beberapa langkah di bawah ini:

  • cek stek batang Setelah 1 minggu karena umumnya di umur sedemikan sudah terlihat tumbuh daun baru yang masih segar
  • cek juga pada bagian pangkal sambungan karena biasanya sudah mulai berakar
  • tunggu kira-kira 1 bulan untuk bisa tanaman di pindah di pot atau media tanam lain

perlu anda ingat, bahwa di atas hanyalah gambaran saja. Karena pada umumnya setiap tanaman memiliki jangka waktu yang berbeda dalam setiap pertumbuhannya.

Setelah perawatan di atas rutin di lakukan hingga terlihat akar yang mulai mejalar keluar, kemudian pindahkan hasil stek anda ke media yang sudah di siapkan sebelumnya seperti pot, atau semacamnya atau juga bisa langsung anda tanamkan di tanah yang telah melalui proses. Berangkat dari sini, perawatan kemudian harus ekstra anda lakukan seperti:

  • yang pertama dengan rutin menyiram dengan air bersih agar jangan sampai tanaman anda mengalami kekeringan
  • perlu anda ketahui, Dalam menyiram tanaman harus sesuai dengan kebutuhan tanaman, jangan sampai berlebihan karena dapat menyebabkan kebusukan dalam akarnya
  • Berikan makanan tambahan pada tanaman, seperti pupuk atau semacamnya.

Demikianlah beberapa tips dan trik stek batang mulai dari cara stek, pemilihan batang stek, dan sampai pada perawatan yang bisa anda sendiri lakukan di rumah dengan mudah. Selama mencoba..!!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *