Cara Menumbuhkan Biji Kurma Sekaligus Cara Pemindahan Di Pot Yang Baik Dan Benar.

Cara Menumbuhkan Biji Kurma Sekaligus Cara Pemindahan Di Pot Yang Baik Dan Benar.

Diposting pada

Kurma merupakan salah satu jenis buah yang sangat banyak manfaat di bandingkan dengan jenis buah-buahann lainnya. Jenis buahan satu ini bisa di golonglan memenuhi berbagai jenis nutrisi dan vitamin yang di butuhkan tubuh manusia. Selain itu, cara penanaman kurma ini tergolong bisa dengan mudah apabila anda berada dalam derah tropis seperti indonesia ini.

Menumbuhkan Benih Kurma

Di bawaah ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan sebelum proses menumbuhan pohon kurma dari biji. Catat dan amati dengan baik-baik agar biji dari kurma anda dapat tumbuh dengan maksimal tanpa adanya halangan.

Benih kurma

  1. Beli biji buah kurma dengan ketrakteristik benar-benar sudah matang sempurna yang biasanya di tandai dengan buah yang kusut tapi masih terlihat segar.
  2. Bersihkan biji dengan harti-hati. Kupas pada kulit ari biji kurma yang berawarna putih.
  3. Biji harus di rendam sebanyak 48 jam guna menghindari berjamurnya biji anda bisa mengganti air sehari sekali.
  4. Pilih biji yang tenggelam. Karena biji tersebut adalah biji dengan kualitas terbaik.
  5. Letakkan biji pada kain basah yang tebal. Tutup biji dengan rapat dan saling terpisah.
  6. Masukkan benih dan kain basah tersebut dalam kantong plastik dan tutup rapat. Pastikan benih yang ada dalam kain tersebut berada dalam kantong plastik yang tersegel rapat dan kedap udara.
  7. Setelah itu masukkan kain wadah tersebut kedalam plastik lagi untuk mendapatkan suhu yang di inginkan. Biasanya pada prose ini di perlukan suhu kira-kira 21 hingga 24 ° C.
  8. simpan di dalam plastik kurang lebih 6-8 minggu.
  9. Anda perlu mengganti kain basah untuk media biji minimal 2 minggu sekali. Ini bertujuan agar biji tidak berjamur dan rusak
  10. Saat kecambah terlihat mulai tumbuh pada biji, maka ia siap untuk dipindahkan ke media tanam/pot.
  11. Kurrang lebih setelah menunggu beberapa minggu, anda bisa membuka plastik dan anda bisa pastikan bahwabiji kurma anda sudah mulai mengelarkan akar dan siap untuk di pindahkan ke pot.

Menanam Benih Kecambah Kurma

Setelah anda bisa dan sukses dalam penumbuhan biji kurma melalui cara sederhana, anda selajutnya dapat melakukan pemindahan biji kurma pada pot atau wadah dengan kualitas terbaik. Hindari penggunaan pot dengan bahan metal karena dapat merusak tanaman jenis ini.

Untuk menanam benih yang anda tumbuhkan sendiri anda dapat menyiapkan beberapa hal di bawah ini  diantaranya adalah:

kurma dalam pot

  1. Langkah pertama siapkan pot yang mempunyai drainase atau lubang di bawahnya.
  2. Siapkan pot dengan ukuran yang sesuai pada bibit kurma anda.
  3. Letakkan beberapa campuran isian wajib 3/5 yang biasanya untuk media tanam seperti pupuk, tanah dengan kulalitas terbaik dan juga tentunya sekam. Dari beberapa bahan di atas haruslah mempunyai perbandingan 1:1:1.
  4. Langkah selanjutnya adalah anda bisa langsung mengambil bibit yang sudah siap kemudian letakkan pada tengah media tanam.
  5. Lakukan beruap perawatan pada bibit anda ini dengna cara menyirami minimal 2 kali sehari pada sore dan pagi hari pastikan media tanah dapat basah secara keseluruhan. Karena pada dasarnya tumbuhan yang sudah mempunyai akar akan melalukan pertumbuhan dengan cepat dan membutuhkan asupan nyutrisi berupa pupuk,mol dan sebagainya.

Demikianlah sahabat bahasan kami tentang artikel cara mebumbuhkan sekaligus menanam bibit biji kurma dengan mudah. Semoga dengan adanya artikel anda bisa lebih memanfaatkan biji kurma yang biasanya terbuang begitu saja setelah anda memakannya.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *