Cara Membuat Stater Kompos Dari Nasi Basi Anti Gagal

Cara Membuat Stater Kompos Dari Nasi Basi Anti Gagal

Diposting pada

Kompos merupakan salah saru jenis pupuk organik dari sekian jenis atau bahkan puluhan pupuk organik lainya. Kompos sendiri adalah pupuk alami yang biasanya penggunaan bahan bakunya menggunakan bahan-bahan alami yang sudah tak terpakai atau bahan-bahan alami berupa tanaman yang banyak terdapat di lingkungan anda. selain itu bahan kompos sendiri lebih cenderung mengarah pada bahan-bahan yang sudah tak terpakai atau anda bisa menyebutnya sampah. Bahan ini bisa dari sampah organik dan juga anorganik. Jenis sampah ini bisanya dari sisa-sisa makananan yang sudah terbuang seperti nasi bekas, sisa-sisa sayuran atau juga limbah dapur.

Tidak hanya itu kebanyakan pembuatan kompos ini kadang memanfaatkan bergabgai tanaman  seperti biggol pisang dan sebagainya. Namun perlu anda ketahui pembuatan kompos biasanya tidak terlepas dari apa yang di namakan dengan stater. Stater ini biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap atau bahan yang bisa membuat kopos anda menjadi sempurna.tanpa adanya stater ini kemungkinan besar kompos anda akan sulit terbentuk dengan baik.

Stater Nasi Basi

Nah, disini kami akan memberikan beberpa tips pembuatan stater kompos yang biasanya di gunakan dalam pembuatan kompos jadi. Adapun dalam bahannya sendiri pembuatana stater untuk kompos ini tidaklah rumit yaitu hanya menggunakan nasi sisa yang sudah terbuang. Umumya keberadaan nasi ini tidak ada manfaatnya lagi atau paling banyak hanya di manfaatkan sebagi pakan ternak. Namun kali ini kita akan membuat stater dari nasi basi yang tentunya dapat anda praktikkan dengan mudah di rumah. Penasaran, mari ita simak beberapa langkahnya di bawah ini:

Bahan-bahan yang perlu anda siapkan:

  • Anda bisa membuat staer ini dari jenis nasi baru atau juga nasi yang sudah basi.
  • Kemudian anda bisa membaut bulatan-bulatan dengan cara mengepal nasi tersebut. Adapun ukurannya selera anda bisa sebesar bola pingpong atau juga lebih kecil lagi.
  • Buat bulatan-bulatan ini sebanyak 4 buah.
  • Siapkan wadah berupa keranjang yang terbuat dari bambu. Atau jika memeng tidak ada anda bisa meletakkan di dalam wadah sesuai keinginan anda.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan mendiamkan bulatan tersebut selama kurang lebih 3 hari.
  • Setelah itu bisanya akan terbentuk berupa jamur dengan warna kuning, jingga dan juga ada yang berwarna abu-abu
  • Setelah anda mengetahui bola nasi anda mengeluarkan jamur, langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan bola tersebut ke dalam botol atau sebuah wadah dari bahan plastik.
  • Cara selanjutnya adalah anda bisa menyiapkan 4 sendok gula dan jangan lupa pula dengan air dengan takaran kira-kira 1 gayung saja.

 Nasi Basi

  • Kemudian anda bisa mencampurkan air dan gula dalam satu wadah dan aduk hingga kedua bahan ini tercampur rata.
  • Setelah itu anda bisa menuangkan cairan gula ini kedalam botol yang sudah terisi dengan bola nasi tadi.
  • Diamkan selama satu minggu, campuran nasi dan air gula tersebut akan berbau asam seperti tape ataupun peueum. itu menandakan starter sudah bisa digunakan.
  • Dimakan carian yang tercampur dengan nasi ini selama kurang lebih 1 minggu. Pada masa ini biasanya akan tercium dengan bau seperti tape dengan asam.
  • Jangan khawatir. Karena sesungguhnya proses pembuatan stater kompos yang anda buat sudah berhasil dengan baik.

Jika sudah berhasil dengan baik, nantinya anda bisa mencampurkan stater ini dengan berbagai kompos, seperti kopos nasi basi, kompos takakura dan jenis-jenis kompos lainnya. Karena pada dasarnya manfaat stater ini adalah sebagai media penambah atau penyempurna agar kompos anda  berhasil dengan hasil yang memuaskan.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *