Cara Membuat Cocopeat Dari Limbah Kelapa Dengan Mudah Di Rumah

Cara Membuat Cocopeat Dari Limbah Kelapa Dengan Mudah Di Rumah

Diposting pada

Mungkin beberapa kebanyakan anda pernah bertanya-tanya apa yang akan terjadi pada batok kelapa setelah anda menggunakan  air dan dagingnya sebagai olahan masakan. Negara kita Indonesia merupakan salah satu  negara agraris yang terbesar dengan menggunakan  pertanian sebagai sumber mata pencaharian utama. Bahkan pada data yang telah ada terdapat sebanyak lebih dari 80% penduduk desa menggunakan kelapa sebagai mata pencaharian utama. Dan hal ini kebanyakan pada pesisir desa yang masyarakatnya  menanam pohon kelapa yang kemudian memasoknya hampir ke setiap pelosok negeri tercinta ini.

Cara Membuat Cocopeat

Cocopeat ini sendiri adalah produk sampingan kelapa yang bisa anda oleh sendiri di rumah. Dalam konsep sederhana cocopeat adalah berupa  spon yang berasal dari serat sabut kelapa dengan melalui berbagai proses yang sangat mudah untuk anda lakukan di rumah.

Langkah-Langkah Membuat Cocopeat

Dalam proses pembuatan bahan Cocopeat umumnya akan melibatkan beberapa langkah yang kemudian akan menghasilkan serbuk cocopeat yang bisa anda gunakan untuk kebu. Maka dari itu di bawah ini  beberapa langkah untuk anda membuat Cocopeat di rumah.

  1. Mengumpulkan Sekam/Sabut Kelapa. Anda bisa mendapatkan di berbagai pasar bekas para pedangang kelapa yang paling banyak atau anda juga dapat mengumpulkan sediri di rumah
  2. Menguraikan sekam. Dalam proses ini anda bisa menggunakan alat khusus atau dengan alat yang bisa anda buat sendiri.
  3. Pencucian. Pencucian dengan air ini berguna untuk menghilangkan berbagai unsur-unsur seperti kalium, natrium dan klorida yang terdapat dalam serabut.

4 cocopeat siap di gunkan. Dalam penggunaan ini anda dapat mengaplikasikan pada kebun langsung atau juga bisa menuggu beberapa bula kedepan untuk menghasilkan cocopeat yang sempurna.

Cara Membuat Cocopeat

Pengaplikasian Cocopeat

Ada 4 metode pencampuran yang bisa anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk yang Pertama anda bisa masukkan 30% tanah kebun normal dalam pot anda,
  • Kemudian anda bisa tambahkan 30% kompos organik,
  • Tambahkan pula 20% dari Cocopeat yang telah anda buat sebelumnya
  • dan yang terakhir anda bisa campurkan sebanyak 20% serbuk kayu

dengan berbagai campuran di atas sekarang media tanam yang penuh dengan berabagai nutrisi baik telah siap untuk anda gunakan. Selain itu, di dalamnya juga kaya akan kandungan unsur hara yang dibutuhkan tanaman anda . namun ada pula cara praktis yang bisa anda coba yaitu dengan membeli gambut dari pasar. Perlu di perhatikan sebelum anda memakainya anda harus merendamnya dengan air sebelum menambahkannya dalam media tanam anda . Karena yang palig umum di pasar dijual dalam bentuk terkompresi yang tidak dapat dicampurkan langsung dengan tanah tanpa dilakuakan perendaman terlebih dahulu .

Demikianlah sahabat bahasan kami tentang artikel cara membuat cocopeat dari limbah kelapa yang bisa anda buat dengan mudah di rumah. semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi infomasi dan motifasi anda lagi untuk mengolah berabagai limbah tak terpakai yang tanpa di sadari dapat memberikan manfaat lain pada tanaman.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *