Cara Budidaya Tomat Hanya Dari Bijinya

Cara Ampuh Budidaya Tomat Hanya Dari Bijinya

Diposting pada

Tomat merupakan jenis sayuran berbuah yang memiliki bentuk bulat dan juga lonjong. Pada dasarnya kriteria tomat terdapat banyak macam mulai berwarna merah, kuning dan juga hijau. Selain itu yang menjadi kriteria dari buah ini adalah memiliki rasa asam dan segar dan dapat di jadikan salah datu bumbu makan dan menambah cita rasa masakan anda.

Tumbuhan tomat ini dapat tumbuh antara 0 sampai dengan 1 setengah meter di kebanyakan jenis tomat indonesia. Namun pada varietas lain, tanaman ini bahkan dapat tumbuh hingga 3 meter namun harus di bantu dengan penyangga pada batang tomat. Karena seperti yang kita ketahui bersama, batang pada tanaman ini sangat mudah patah dan tanpa adanya bantuan dari kayu maupun tali susah untuk tumbuh dengan tinggi.

Tomat

Adapun tomat merupakan salah satu  tumbuhan yang bisa anda budidayakan sendiri di rumah dengan mudah. Selain itu, budi daya jenis tanaman ini juga bisa anda jadikan sebagai peluang usaha, karena pada umumnnya di pasar lokal maupun internasional kabutuhan tomat ini setiap tahunnya dapat di pastikan selalu meningkat. Maka dari itu, tidak ada alasan lagi jika anda hendak membuat usaha dari budidaya jenis sayuran buah ini.

Dalam pembudidayaannya sendiri, tomat tergolong tanaman mudah yang dapata anda budidaya di rumah dengan memakai berbagai media. Jika anda mempunyai media yang cukup, anda bisa menanam langsung pada tanah yang subur dengan perawatan yang tidak rumit. Namun jika lahan di rumah anda sempit anda juga dapat memakai berbagai cara atau metode dalam penanamannya seperti aeroponik, akuaponik dan juga hidroponik. Beberapa metode ini selain mudah dalam perawatan juga tentunya akan membantu dalam memaksimalkan kondisi sempit lahan anda.

Nah selain itu  penanaman tomat ini juga bisa melalui berbagai cara dan salah satunya yang akan kita bahas pada artikel ini adalah cara menanam tomat dari bijinya. Selain benih yang bisa anda cari sendiri bekas buah sisa tomat anda di rumah, tentunya cara penanaman ini tergolong mudah di bandingkan dengan metode lainnya. Oke, langsung saja anda siapkan beberapa langkah di bawah ini.

Cara Menanam Tomat dari Buah

Cara Menanam Tomat dari Buah

  1. Langkah pertama yaitu mendapatkan buah yang akan anda jadikan bibit. Disini anda dapat memetik atau membeli atau bahkan anda sudah mempunyai buah tomat sendiri di rumah.
  2. Selanjutnya adalah dengan memilih kriteria buah tomat yang akan anda jadikan bibit. Pastikan buah tomat yang benar-benar sudah tua dan masak .
  3. Setelah itu, siapkan terlebih dahulu media tanam guna menanam biji tomat anda tadi. Dalam media tanam ini sebaiknya anda menggunakan tanah dengan kulaitas terbaik dimana tanah yang  terdiri atas campuran tanah, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Yang dimana ini merupakan media terbaik bagi tanaman tomat anda nanti
  4. Setelah mendapatkan tanah dengan kualitas terbaik, masukkan tanah ke dalam media penyemain. Namun sebelumnya anda dapat membasahi media tanam tersebut dengan air.
  5. jika media tanam sudah siap maka langakah selanjutnya dengan mengiris buah tomat dengan ketebalan secukupnya.
  6. Setelah anda mengiris-iris buah tomat ini, kemudian masukkan ke wadah yang sudah anda sipakan sebelumnya.
  7. Tata dengan rapi irisan yang telah anda buat pada media tanam. Jangan sampai saling bertumpuk.
  8. Selanjutnya adalah dengan menutp irisan tomat tadi dengan media tanam lagi di atasnya. Namun perlu anda ingat, dalam penutupan ini jangan terlalu tebal, tutuplah dengan kurang lebih 1 cm saja.
  9. Langkah selanjutnya dengan melakukan penyiraman tanah dengan air bersih. Dan jangan lupa untuk meletakkan media yang berisi bibit tomat ini di tempat yang teduh.

Oke, di atas tadi merupakan beberapa langkah dalam proses penumbuhan biji tomat ke dalam media tanam dalam pertumbuhannya sendiri anda akan menunggu berkisar antara beberapa minggu kedepan dan anda akan mendapatai biji anda mulai mengelurkan daun dan siap di pindahkan pada media tanam yang lebih memadai. Namun dalam proses pemindahan tanaman tomat ke dalam pot atau media lainnya serta beberapa perawatannya akan kami sampaikan di next artikel TRIMUKTI.ORG dan pastikan anda selalu menyimak beberapa tips dan trik menarik dari kami.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *