Bukan obat tidur, Berikut Cara ampuh agar tidur malam anda lebih cepat

6 min


Pada dasarnya tidur adalah sebuah kebutuhan pokok bagi setiap manusia.terutama tidur di malam hari. Tidur nyenyak dan berkualitas menjadi hal penting selain makan dan berolahraga. Namun banyak sebagian orang menglami susah datangnya rasa kantuk meski tubuh sudah merasa lelah. Hal ini kerap menjadi masalah yang pelik bagi sebagian orang dan kerap berujung dengan frustasi.

Tak jarang obat tidur menjadi solusi praktis bagi pengidap serius masalah ini . namun yang perlu di waspadai adalah kecanduan akan obat tersebut. Tentu saja akan berakibat buruk bagi anda terutama di kesehatan anda.

Kurang tidur umumnya akan berpengaruh munculnya beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes dan lain sebagainya. Karena bagi setiap orang jam tidur yang ideal adalah 7-8 jam sehari. Namun tidak jarang kita sering mengabaikannya sehingga muncul masalah-masalah kesehatan seperti di ats tadi.

tidur malam

Cobalah untuk merubah pola tidur anda. Dengan tidur di bawah waktu tengah malam. Berikut kami akan paparkan beberapa tips ampuh membuat tidur malam anda lebih cepat meskipun tidak menggunakan obat tidur.

1. Lingkungan nyaman

Menciptakan lingkungan yang nyaman di kamar anda sangat berpengaruh bagi kualitas tidur malam anda. Kamar yang sejuk, tenang, rapi dan bersih akan lebih cepat membuat anda terlelap di malam hari ketimbang dengan kamar yang panas, kotor, dan bau.

Lakukan selalu pengecekan di setiap sudut-sudut ruangan kamar anda. jangan lupa mengganti sprei anda minimal 1 kali dalam seminggu. Untuk urusan perlengkapan tidur seperti kasur, bantal dan guling, hindarilah meggunaka perlengkapan yang keras atau membal. Dan Sebaiknya gunakan kasur dan sebagainya dengan bahan yang lembut sehingga anda terbebas dari sakit dan nyeri pada leher dan punggung di saat bangun tidur.

2. Nonaktifkan lampu & gadget

Begitu meremehkannya kita akan satu hal ini.  Kebanyakan dari kita lupa bahkan sengaja menggunakan gadget sebelum tidur. Tanpa disadari kebiasaan ini dapat berdampak buruk dalam kesehatan anda. cahaya yang terdapat dalam elektronik baik tv, gadget, laptop akan berdampak pada otak kita. Menurunnyamelatonin menyebabkan ganggunan kesehatan yang terutama adalah susahnya anda untuk tidur malam.

Nonaktifkan lampu & gadget

Demi menghindari hal itu cobalah matikan perangkat gadget dan lampu anda 30 menit seblum tidur. Agar anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

3. Pakain yang nyaman

Mengenakan pakaian pun nampaknya juga dapat berpengaruh agar dapat tidur malam lebih cepat. Pakaian yang nyaman dan longgar serta hangat membantu mempertahankan suhu tubuh anda menjadi ideal. Dengan demikian anda dapat tidur malam dengan cepat dan nyenyak.

4. Mandi

Mandi yang di maksudkan disini tentunya adalah mandi dengan air hangat. Badan yang terasa capek setelah bekerja/ beraktivitas selama seharian dapat di manjakan dengan mandi air hangat ini.  Karena air hangat dapat menurunkan suhu tubuh dan merilekskan otot-otot yang tegang. Menurut beberapa penelitian ahli kesehatan menunjukkan bahwa mandi air hangat 90 menit sebelum tidur dapat mempengaruhi saraf-saraf sehingga anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

5. Makan makanan pengundang rasa kantuk

Buah pisang, madu murni, kangkung atau sayuran hijau lainnya adlah jenis-jenis makanan yang baik di konsumsi dan berguna sebagai pengundang rasa kantuk. Karena di dalam makanan-makanan tersebut umumnya dapat merangsang kinerja otak untuk mengeluarkan hormon melatonin yang berpengaruh pada ritme sirkadian sehingga anda bisa lebih cepat mendapatkan rasa kantuk.

Namun ada juga makanan dan minuman utamanya yang harus anda jauhi diantaranya: minuman yang berkafein kopi dan lain sejenisnya.apalagi anda konsumsi minuman tersebut tepat sebelum tidur. Efek dari minuman tersebut adalah nokturia ( sering terbangun akibat buang air kecil) kebiasaan ini tentunya akan sangat mengganggu anda di saat tidur.

6. Olahraga

Rutin berolahraga sangat baik bagi anda dan memiliki segudang manfaat di kehudupan anda tentunya juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh anda.

Olahraga

cukup lakukan aktivitas ini selma kurang lebih 20 menit ada sudah bisa merasakan manfaatnya apalagi bagi anda penderita gangguan tidur (insomnia). Dengan berolahraga pagi maupun sore hari terbukti efektif dapat meningkatkan serotin pada tubuh sekaligus menurunkan kadar kortisol di otak sehingga mempermudahkan rasa kantuk untuk datang. Olahraga sejenis ini biasanya adalah: yoga, bersepeda santai, serta joging yang umum di lakukan oleh masyarakat di sekitar kita.

7. Teknik pernapasan 4-7-8

Langkah yang ke 7 ini cukup mudah dan sederhana untuk di lakukan di rumah anda demi meraih tidur malam yang lebih cepat :

  1. Letakan ujung lidah anda tepat di area giusi gigi depan.
  2. Buang napas melalui mulut anda hingga mengeluarkan suara mendesing
  3. Tutup mulut anda dan tarik napas melalui hidung sampai hitungan 4
  4. Tahan napas anda sampai 7 detik.
  5. Buang napas sepenuhnya melalui mulut anda dengan desingan sampai 8 detik.
  6. Tarik napas
  7. Ulangi metode tadi selama 3 kali.

Demikianlah tadi beberapa tips dan cara ampuh agar anda cepat tidur malam tanpa menggunakan obat tidur. Praktikkan secara bertahap dan jangan ragu berkonsultasi pada dokter dan ahli kesehatan jika anda menemui gangguan tidur yang cukup parah sehingga nantinya berefek buruk pada kesehatan anda sendiri.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *