Benarkah Sakit Pinggang Menjadi Pertanda Ada Masalah Di Organ Dalam Hingga Beresiko Kematian..??

5 min


Banyak dari sebagian kita mengalami sakit pinggang yang amat sangat maupun sakit pinggang yang hanya datang sementra saja. Apakah ada hubungannya dengan kerusakan atau masalah organ dalam…??

Dalam kasus ini banyak orang yang mengkaitkanya dengan masalah di atas. Namun ada juga yang berpendat bahwa pada dasarnya sakit pinggang juga akan muncul dari beberapa kebiasaan berikut, seperti menggendong berat berlebihan, salah otot dan masih banyak penyebab lain.

Lalu bernarkah sakit pinggang bagian bawah pertanda munculnya masalah di bagian organ dalam anda..??

Menurut kajian para ahli kesehatan sakit pinggang akan muncul apabila bagian pelvis atau bagian pinggang itu sendiri mengalami infeksi di karenakan ada ketidak sinambungan dengan bagian organ dalam anda. dan berarti pertanyaan itu benar adanya.

Sakit Pinggang

Selain itu berikut kami sajikan beberapa penyebab sakit pinggang secara umum:

Ginjal anda bermasalah

Ginjal adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh anda yang berfungsi sebagai media penyaringan kotoran (urea) dari saluran darah sehingga dapat di buang bersama dalam bentuk urine (air kencing). Apabila ginjal anda bermaslah maka proses tersebut juga tidak akan berjalan lancar yang berujung dengan timbulnya rasa nyeri pada bagian bawah pinggang anda baik itu pinggang kanan maupun kiri.

Penyakit-penyakit yang muncul akibat ketidak lancaran proses penyaringan tersebut biasanya adalah baju ginjal, infeksi saluran kencing dan sakit ginjal dengan ciri-ciri seperti diatas. Penyakit tersebut muncul biasanya di tandai dengan rasa sakit saat kencing, kencing keluar darah, susahnya untuk mengelurakan urin (air kencing), muntah , hilangnya kesadran secra tiba-tiba dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan masalah ginjal.

Masalah otot

Dalam maslah berkikut adalah penybab umum yang sering anda alami. Masalah otot yang di maksud adalah tegangnya masa otot yang barakibat munculnya sakit pinggang. Contoh beberapa masalah otot  yang membuat otot tegang adalah cidera saat berolah raga, mengangkat beban terlalu berat dengan posisi punggung yang tidak benar dan salah melakukan gerakan sebelum tubuh siap merespon.

Penyakit tulang belakang

Pada umumnya penyakit ini akan menyerang pada usia-usia dewasa -> senja. Penyakit ini juga berakibat apabila tulang di daerah lumbar mulai mengalami pengroposan. Kondisi akan lebih berpengaruh terhadap orang yang memiliki kelebihan berat badan secara abnormal (Obesitas). Karena orang yang mengalami obesitas sendi-sendi yang mereka miliki akan jarang di gunakan dan berujung pada kerapuhan.

lumbar disc syndrom

Lumbar disc syndrom

Penyakit yang satu ini akan mucul akibat kurangnya fungsi disc ( diskus ) pada tulang rawan di bagian tulang belakang tubuh anda. selain itu celah yang terdpat pada diskus tulang rawan akan melakukan penyempitan volume sehingga tulang akan terdorong. Akibat dari terdorongnya tulang tadi, saraf apada punggung akan terganggu  dan menjadikan rasa sakit pada punggung seperti nyeri, kesemutan hingga mati rasa atu mudah sakit saat di sentuh.

Munculnya gejala radang panggul

Panggul erat kaitannya dengan pinggang. Di karenakan letak panggul yang di temukan diantara tulang punggung dan tulang tungkai bawah. Penyakit pada panggul PID ( pelvis inflammotory diseases) adalah jenis penyakit panggul yang umum diderita masyarakat luas terutama wanita. Penyakit ini dapat terjadi di area sistem reproduksi wanita.

Keputihan yang abnormal adalah contoh dari penyakit tersebut yang ditandani dengan munculnya rasa sakit disaat melakukan buang air kecil. Kondisi ini disebabkan adanya bakteri-bakteri yang penularannya melalui hubungan seksual.

Gejala radang usus buntu

Usus buntu atau ( apendistisis ) adalah penyakit yang berkaitan dengan usus yang di tandai dengan munculnya rasa sakit pada pinggang sebalah kanan dan berlangsung dalam kurun waktu beberapa hari. Selain itu tanda-tanda sederhana seperti hilangnya nafsu makan , demam, muntah, mual bisa menjdi pertanda lain dari penyakit radang usus buntu tersebut.

Gejala radanag usus buntu biasanya awal mula anda mengalami rasa sakit di sekitar pusar lalu merembet ke sisi kanan bawah perut hingga berujung rasa sakit yang amat parah di area pinggang sisi kanan bawah apabila di sentuh.

Empedu

Empedu

Batu empedu dan kolik empedu adalah 2 contoh penyakit umum yang sering di alami. Penyakit ini muncul akibat empedu mengalami peradangan atau kram sehingga memancing rasa sakit keluar dan berujung munculnya sakit pinggang terutama pinggang sebalah kanan.

Demikianlah beberapa penyebab sakit pinggang yang anda derita akibat gangguan organ dalam yang mungkin terjadi. Jangan langsung berperasangka buruk akibat sakit pinggang yang anda alami, kenali dahulu berbagai tanda-tanda penyakit di atas.

Jangan lupa segera berkonsultasi ke dokter kesehatan tulang yang berada di klinik maupun rumah sakit sekitar anda apabila rasa sakit pinggang tak kunjung sembuh dan malah berpotensi menjalar di bagian tubuh lain.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *