Benarkah Haid tidak teratur, salah satu ciri wanita mandul..?

4 min


Wanita adalah makhluk tuhan yang di berkati dengan berbagai hal istimewa seperti halnya  takdirkan tuhan untuk mengandung. Tanpa adanya ibu (wanita) kita juga tidak akan lahir ke dunia ini. Begitu banyak pasangan yang mendambakan keturunan Namun mendengar kata mandul hati siapa yang tidak teraniaya, harapan pupus dan mejadi tekanan mental tersendiri bagi salah satu pasangan anda.

Dalam pengertian ilmiah mandul itu sendiri berarti ketidak mampuan dari salah satu pasangan baik suami maupun istri untuk memperoleh keturunan. Terutama bagi kaum hawa kemandulan dapat terjadi akibat terhambatnya saluran tuba falopi  atau kegagalan fungsi ovarium dalam melepaskan sel-sel telur.

Dari sekian banyak kasus kemandualn ini, tercatat sekitar 30-40% kemandulan yang berasal dari laki-laki sedangkan bagi kamun wanita mencapai 40%. Sedangakan untuk 30-40% lainnya berasal dari kedua belah pihak.

Kembali pada pertanyaan di atas tadi  “apakah haid tidak teratur merupakan salah satu ciri bahwa wanita tersebut mengalami kemadulan”  berikut penjelasaannya.

Menurut para ahli pakar kesehatan pertanyaan tersebut namapaknya betul adanya. Siklus haid yang tidak teratur berkaitan erat dengan masalah hormon dan sindrom ovarium (polycytic ovary syndrome, PCOS) yang berkelanjutan pada kontrubusi masalah infertilitas. Namun yang perlu di ketahui siklus haid yang tidak teratur mengacu pada lamanya anda tidak mengalami menstruasi yang berlangsung kurang dari 21 hari bahkan melebihi dari 356 hari.

Selain haid yang tidak taratur berikut kami juga berikan beberapa ciri-ciri wanita hamil yang harus anda ketahui:

Berhentinya siklus haid

1.Berhentinya siklus haid anda

Hampir sama dengan penyebab di atas tadi, berhentinya haid (amenorhea)  juga menjadi salah satu penyebab kemandulan pada wanita. Berhentinya haid ini terbagi atas dua golongan. Perimer dan sekunder. Dalam masalah amenorhea primer adalah tak juga mendapatnya haid meski telah pada usia pubertas. Sedangkan pada sekunder adalah berhentinya siklus haid yang berlangsung dalam 6 bulan.

Mengapa amenorhhea menjadi penyebab kamandulan. Karena masalah ini dapat menyebabkan komplikasi yang berujung tidak adanya ovulasi dan rendahnya kadar estrogen. Selain itu gaya hidup kurang sehat dan kondisi medis seperti tumor ovarium serta produksi hormon seks wanita menjadi sedikit, hal-hal itulan menjadi faktor pendukung gangguann ini terjadilah kemandulan.

2.Nyeri haid

Nyeri yang terasa di saat anda menstruasi umum terjadi pada setiap wanita. Namun bila rasa nyeri ini berlebih dan berlangsung lama anda perlu mewaspadainya. Masalah-masalah seperti ini bahkan akan menyulitkan aktivitas anda. Kemandulan adalah resiko yang sangat tinggi yang di sebabkan oleh rasa nyeri pada haid ini.

Nyeri haid

Karena dalam nyeri haid merupakan datangnya pertanda penyakit serius pada organ dalam anda terutama organ reproduksi. Endometriosis adalah sedikit penyakit yang timbul di organ reproduksi yang dapat menghalangi bertemunya sel telur dengan seperma bahkan merusak keduanya . efek dari masalah ini tentunya adalah kemandulan.

3.Perubahan fisik anda

Perubahan bentuk fisik anda nampaknya juga berpengaruh dalam anda mengetahui sebenarnya anda itu mengalami kemandulan atau tidak.

Berikut kami sampaikan beberapa ciri-ciri dari perubahan fisik:

  • Mengalami banyak kerontoka rambut hingga mengalami kebotakan
  • Berat badan terus bertambah tanpa sebab yang jelas
  • Puting mengeluarkan cairan meski tidak hamil atau menyusui
  • Bulu yang tumbuh tidak di tempat sewajarnya sepeti wajah
  • Kemunculan masalah jerawat yang cukup parah
  • Selalu kedinginan terutama di tangan dan kaki.

Selain itu adapula ciri-ciri yang sangat koangkrit dan mempertegas bahwa anda atau pasangan anda mengalami kemandulan yaitu apabila anda sudah 1 tahun melakukan hubungan intens dan tanpa menggunakan alat kontrasepsi namun pasangan anda masih belum mendapatkan kehamilan. Lain halnya dengan wanita yang sudah berumur 36 tahun tanda ini akan muncul jika sudah 6 bulan berhubungan intens masih saja belum mendapatkan kehamilan juga.

Periksakan kedokter spesialis kandungan yang berada di klinik-klinik terdekat anda. Untuk lebih jelas dan memastikan benar adaknya kondisi tersebut. Bebrapa rangkaian  pemeriksaan biasanya akan di lakukan oleh dokter tersebut seperti pemeriksaan cadangan sel telur pada ovarium, pemeriksaaan USG panggul, tes hormon, histeroskopi dan tes ovulasi.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *