Apakah Anda Tahu Pondasi Cakar Ayam Sebenarnya Karya Asli Anak Bangsa Indonesia
Apakah Anda Tahu Pondasi Cakar Ayam Sebenarnya Karya Asli Anak Bangsa Indonesia

Apakah Anda Tahu Pondasi Cakar Ayam Sebenarnya Karya Asli Anak Bangsa Indonesia

Diposting pada

Pondasi pada dasarnya berfungsi sebagai dasar atau landasan untuk bangunan tertentu yang diatasnya akan di bangun sebuah bangunan .dalam pembangunan nampaknya Ada beberapa jenis atau macam pondasi yang dapat diaplikasikan saat membangun bangunan tertentu. perlu anda ketahui di sekian banyak jenis pondasi salah satu yang paling akrab di telinga masyarakat awam adalah penggunaan pondasi cakar ayam.

Sejarah pondasi cakar ayam

pada sejarahnya pondasi cakar ayam dapat kita pelajari pada tahun 1961. Pondasi jenis cakar ayam iniadalah suatu gagasan pemikiran yang di kemukakan oleh Prof. Dr. Ir. Sedijatmo pada tahun 1961. pada saat itu beliau berkarier di salah satu perusahaan milik negara sebagai pejabat di Perusahaan Listrik Negara (PLN). singkatnya pada masa itu, PLN tempat prof bekerja harus mendirikan 7 menara listrik tegangan tinggi di daerah berawa-rawa sekitar Jakarta.

Sejarah pondasi cakar ayam

dalam prosesnya Dua menara sudah berhasil didirikan dengan pondasi konvensional. Namun berbdeda dengan lima menara sisanya belum bisa dibangun di karenakan pada tepat daerah rawa. pembanguna ini di buat di karenakan Semua menara ini nantinya akan menyalurkan listrik dari Tanjung Priok ke Gelanggang Olahraga Senayan. Di mana pada saat itu tahun 1962 akan diselenggarakan pesta olahraga Asian Games yang bertuan rumah di jakarta.

nampaknya Ir. Soedijatmo sudah paham betul bahwa sangat sulit untuk mendirikan menara di atas tanah berawa seperti pada kejadian tersebut. selalu berpikir keras dan akhirnya beliau mempunyai ide kretif berupa cara mendirikan menara listriknya di atas suatu pondasi cakar ayam terlebih dahulu. dengan cara Di bawah plat beton ini masih ada pipa-pipa beton sebagai pendukungnya. pemakain Pipa dan plat beton ini secara kesatuan berfungsi sebgai mencengkeram tanah berawa yang lembek dengan kuat.

akhirnya setelah bekerja begitu keras lima menara listrik sisanya bisa didirikan secara tepat waktu berkat metode pondasi ide brilian Ir. Soedijatmo itu. kemudian Oleh beliau, pondasi itu diberi nama pondasi cakar ayam dan penamaan tersebut terkenal sampai sekarang.

Pengertian pondasi cakar ayam

Disebut pondasi cakar ayam karena bentuknya memang mirip seperti kaki hewan unggas tersebut, di mana di bagian bawah terdapat pipa-pipa beton yang menyerupai cakar alam. Fungsinya mencengkeram kuat tanah di bawahnya agar bangunan yang dibangun di atasnya benar-benar berdiri kokoh.

Pengertian pondasi cakar ayam

Pondasi cakar ayam sangat cocok dipakai di segala jenis atau macam tanah, baik yang bertanah lembek maupun keras. Oleh karena itu, pondasi tersebut banyak diaplikasikan untuk mendirikan gedung bertingkat.

Bukan hanya itu, pondasi cakar ayam jua diaplikasikan dalam pembangunan jalan layang, jembatan besar, hingga landasan. Tentu saja dengan struktur dan kekuatan yang berbeda, atau dengan kata lain besar kecilnya pondasi disesuaikan dengan tujuan pembangunannya.

Mengenal manfaat pondasi cakar ayam

Mengenal manfaat pondasi cakar ayam

Salah satu manfaat pokok dari Pondasi cakar ayam adalah menjadi solusi mendirikan bangunan di atas tanah yang lembek seperti rawa, gambut maupun dengan kondisi tanah lain yang tidak stabil. di karenakan tanah lembek seperti itu menyulitkan dalam proses pembangunan dengan pondasi konvensional. selain itu tanah lembek yang berair sangat mungkin mudah ambles dan juga bergerak, sehingga tidak direkomendasikan mendirikan bangunan di atasnya nanum lain halnya jika anda menggunakan tekni pondasi seperti ini.

Selain keutungan di atas ada beberapa Keuntungan lain dari pemakaian pondasi cakar ayam ini yaitu tidak adanya sistem drainase. karena pada pondasi ini seluruh isi pondasinya benar-benar berisi beton padat yang kuat. sehingga Tak ada celah atau ruangan untuk drainase seperti yang terdapat pada pondasi konvensional lainnya.

Kekurangan pondasi cakar ayam

Kekurangan pondasi cakar ayam

Selain banyaknya manfaat di atas tidak bisa di pungkiri bahwa pondasi yang sudah terkenal sebagai pondasi yang kuat dan kokoh inimasih saja ada kekurangannya. jika anda dalam waktu dekat ini ingin membangun rumah dengan sistem pondasi pondasi cakar ayam ini anda tentunya juga harus mengetahui informasi kekuranganya.
kekurangan dari pondasi ini biasanya adalah mahal dan sulitnya dalam proses pembuatannya juga di perlukan waktu yang lama.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *