9 Manfaat Garam Dapur sebagai Pupuk Organik Tanaman

9 Manfaat Garam Dapur sebagai Pupuk Organik Tanaman

Diposting pada

Garam dapur adalah salah satu bumbu wajib yang harus ada di dalam makan kita. Seperti pepatah mengatakan bagai sayur tanpa garam, ini membuktikan bahwa di setiap makanan kita baling banyak akan mengandung garam. Garam merupakan sebuah zat yang di gabung dari dua unsur yang berbeda yaitu  Natrium dan Chlor, yang kemudian di sebut dengan NaCl.

GARAM DAPUR

Tanpa anda sadari di dalam garam dapur ini sendiri kaya akan manfaat dan nutrisi, baik itu nutrisi untuk manusia atau juga tanaman. Seperti ada kejadian di kalimantan, seorang  petani di kalimantan tidak sengaja menanam buah jeruk di pinggir pantai, karena mereka pikir lokasi yang mereka punyai tidak luas hingga memutuskkan untuk menanam di tepian pantai. Namun apa yang terjadi, setelah jeruk berbuah tidak di sangka buah tersebut memiliki rasa manis bahkan cenderung mengalahkan rasa manis di kebanyakan jeruk yang di tanan  jauh dari tempat itu. Nah mulai dari sini, beberapa petani jeruk mulai melakukan inofasi dengan melakukan pemupukan menggunakan garam di daerah yang lumayan jauh dari pinggir pantai. Namun apa hasilnya, ternyata tanaman jeruk yang telah di pupuk menggunakan jeruk memiliki rasa manis yang sama dengan jeruk di pinggir pantai tadi.

Setelah lama-kelamaan, tekhnik pemupukan jeruk menggunakan garam ini sudah merambah ke dunia yang lebih besar, bahkan ada yang mulai menggunakan garam sebagai pupuk tanaman lainnya, seperti kopi kakao dan jenis lainnya. Ternyata tanaman yang telah di pupuk dengan garam tersebut juga memberikan dampak yang sangat baik pada tanaman, seperti memiliki daun lebat dan juga buah yang sangat melimpah. Setelah di teliti lebih lanjut, ternyata garam dapur ini memiliki fungsi lain di tanaman sebagai penambah nutrisi dan dapat menggantikan pupuk kimia KCL.

Selain itu, beberapa manfaat lain yang bisa anda dapatkan saat mengaplikasikan garam dapur ini menjadi pupuk tanamnan anda adalah sebagai berikut:

Manfaat Garam Dapur sebagai Pupuk Organik Tanaman

1.Menetralkan tanah asam dan alkalis.

Menetralkan tanah asam dan alkalis.

Tanah jenis ini biasanya tanah yang pernah di gunakan untuk ternak, yang kemudian di dalamnya memiliki kandungan urin hewan dan kotoran hewan yang di mana ini termasuk kedalam tanah pH basah atau tanah alkali. Selain itu, garam dapur juga dapat menetral kan kandungan di dalam tanah yang merupakan bekas pembakaran dan terdapat sisa-sisa tanaman dalam proses pembusukan. Jika anda memberikan larutan garam dapur ini maka dengan mudah tanah tersebut dapat segera di netralkan.

  1. di dalam tanah terdapat kandungan berupa unsur natrium dan klor, yang di mana keduanya merupakan unsur yang penting dan sangat di butuhkan oleh tanaman. Maka jika anda menggunakannya pada tanaman anda tentunya akan baik hasilnya.
  2. tanaman memerlukan nutrusi tambahan agar dapat tumbuh dengan cepat dan masksimal. Tanpa anda sadari, ketika anda menggunakan garam untuk tanaman anda maka unsur mikro berupa sodium dan klor di dalam garam juga dapat membantu tanaman tersebut untuk tumbuh kembang secara maksimal.
  3. NaCl atau garam dapur ini merupakan unsur kimiawi yang dapat memancing keberasaan mikroorganisme yang berada di dalam tana, seperti cacing, bakteri dan beberapa jenis lainnya.
  4. di dalam garam dapur juga terdapat salah satu zat dengan nama Potassium klorida. Dimana zat ini secara tidak langsung dapat menarik unsur hara esensial lainnya yang berada di dalam tanah sehingga mampu di manfaatkan tanaman melalui proses dekomposisi
  5. selain dapat memancing bakteri atau organisme baik di dalam tanah, nampaknya garam juga bermanfaat dalam membunuh bakteri dan jamur yang merugikan pada tanaman.
  6. keuntungan lain pada garam dapur ini merupakan bukan zat yangmerusak tanaman sehingga anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama karena zat di dalamnya tidak akan hanyut oleh air.
  7. malahan jika anda menggunakan garam dapur ini, keberadaan kandungan air di dalam tanaman anda akan tetap terjaga hingga tanaman anda tidak mudah layu atau kering.
  8. dan manfaat yang bisa anda ambil ketika menggunakan garam ini adalah dapat memperkuat daya tahan hidup tanaman anda.

Demikianlah tadi 9 dari manfaat jika anda menggunakan garam sebagi pupuk pada tanaman. Selian murah, tantu mudah sekali untuk anda dapatkan bukan. Selamat mencoba..!!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *