9 Langkah Menanam Tabulampot Pisang Dengan Mudah Di Rumah Dan Gak Ribet

9 Langkah Menanam Tabulampot Pisang Dengan Mudah Di Rumah

Diposting pada

Pisang merupakan salah satu tanaman yang memiliki ciri khas unik pada setiap batang daun dan juga buahnya. Tumbuhan ini pula di anggap tanaman paling populer di setiap daerah terutama yang memiliki iklim tropis dan juga sub-tropis. Buah pada jenis tanaman pisang ini memiliki berabagai macam jenis, mulai dari berwarna kuning, hijau dan juga ada yang berwarna merah. Selain buahnya yang memiliki cita rasa lezat dan juga manis, buah pisang sendiri memiliki segudang manfaat untuk tubuh karena seperti di lansir dari berabagai media bahwa kandungan dalam pisang sangat banyak mulai dari vitamin, nutrisi dan berabgai kandungan lainnya yang bermanfaat untuk tumbuh kembang sel-sel manusia.

Tabulampot Pisang mudah

Namun, akhir-akhir ini ada trend lain yang berbeda dari kebanyakan pemanfaatan jenis tanaman pisang ini yaitu di buat sebagai hiasan ruangan serta pekarangan rumah. Cara ini bisa di lakuakan mengguankan tekhnik yang tergolong sudah sangat populer yaitu tabulampot. Pada kesempatan kali ini kita akan lebih menguak apakah itu tabulampot pisang dan bagaimana cara pengaplikasiannya pada tanaman.

Menjadi keuntungan tersendiri bagi kita yang berada di daerah tropis tentunya. Mengapa demikian, karena pada iklim tropis yang dimana tinggi akan curah hujan serta penyinaran yang memadai tanaman jenis ini akan mudah sekali dalam penanamannya baik mulai perawatan dan juga pemilihan serta persiapan sebelum anda melakukan tabulampot.

Persiapan yang perlu anda lakukan sebelum melakukan tabulampot adalah sebagai berikut:

Menyiapkan bibit pisang yang akan di gunakan tabulampot

Pemilihan ini merupakan langkah pertama yang harus anda lakukan. Pilihlah bibit atau varietas pisang yang memiliki ukuran mini atau kerdil. Pemilihan ini bukan tanpa alasan, ya di karenakan kita akan menanam pada media yang terbatas yaitu pot.

Beberapa varietas yang bisa anda pilih diantaranaya haruslah memiliki tubuh pisang yang kira-kira tidak memiliki tinggi berlebih, maka dari itu, kami memiliki beberapa jenis kriteria pohon pisang yang bisa anda jadikan referensi diantaranya adalah:

  • Ensete ventricosum
  • Musa sikkimensis ‘Red Tiger’
  • Musa ornata
  • Dwarf Brazilian
  • Dwarf Jamaican
  • Rajapuri
  • Williams Hybrid
  • Gran Nain

Selain cocok untuk di pekarangan rumah, berabagai jenis tanaman pisang di atas juga bagus jika anda hendak meletakkannya di dalam rumah sebagai penghias ruang tamu.

Menyiapkan media tanam

Menyiapkan media tanam

Untuk metode penanaman tabulampot ini, anda haruslah menyiapkan pot dengan kualitas terbaik. Anda bisa mendapatkannya di berabagai toko ataupun anda bisa membuatnya sendiri. Namun pada proses ini anda haruslah memperhatikan kualitas bahan pot anda. pastikan janagan memilih bahan yang terbuat dari seng karena akan membuat berkarat jika terkena air pada proses penyiraman nantinya. Pilihlah pot dari semen atau bahan lain yang kuat dan tidak mudah rusak jika terkena air.

Langkah membuat tabualampot Pisang

  • Ambil bibit dengan varietas kerdil yang telah anda pesiapkan sebelumnya
  • Hindari memilih bibit yang cacat. Ini dapat di lihat dengan daun yang memiliki bercak dan keriting serta kadang pada batang terdapat warna yang cendrung pucat berbeda dengan kebanyakan bibit sehat lainnya.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan ke dalam pot dan tutup dengan median tanam berupa tanah yang sudah mengandung nutrisi
  • Lakuakan penyiraman minimal 2 kali sehari pada pagi dan sore hari
  • Letakkan pohon tabulampot pisang anda dengan intensitas cahaya yang memadai
  • Jangan menaruh pada lahan yang mudah tertiup angin karena tabulampot akan mudah rusak
  • Berikan perawatan ekstra seperti pupuk dan sebagainya guan menunjang tumbuh kembang tabualmpot anda
  • Rutinlah dalam mengecek berabagai kendala terutama pada tanah, jangan sampai tabulampot kekurangan air karena akan mengalami masalah berupa daun kuning dan juga batang akan membusuk
  • Cegah berbagai hama dan penyakit yang bisanya akan menyerang tabulampot anda dengan menggunakan pestisida baik yang alami maupun kimia yang mudah anda temukan di toko-toko pertanian terdekat anda.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *