5 Tips Perawatan Terbaik Agar Kelengkeng Anda Mendaptkan Hasil Yang Maksimal .

Diposting pada

Pada dasarnya di semua jenis pertanian perawatan merupakann hal yang sangat penting untuk di lakukan. Di masa perawatan ini pula, kita dapat menentukan apakah tanaman yang kita miliki ini nantinya akan berkembagn dengan baik atau tidak. Seperti yang kebanyakan di di persoalkan masyarakat adalah pada masa perawatan ini cederung mereka malas dalam melakukkannya. Dan jika demikian, tentulah hasil yang di nanti-nantikan kebanyakan tidak memenuhi ekspentasi mereka.

Perawatan dikatakan paling penting karena di masa ini biasanya orang yang memiliki pertanian akan melakukan beberapa hal seperti memupuk, menyiran dan juga menangani berbagai masalah pada tanaman seperti hama, penyakit dan jenisnya. Jika seseorang lalai dalam hal ini tentu tanaman yang akan mengalami masalah dan  berujung pada kematian pada tanaman itu sendiri.

Tidak bisa di pungkiri, di dalam masyarakat kita tinggkat seseorang dalam memelihara tanaman ini sangat minim sekali. Kebanyakan mereka hanya bersemangat sewaktu pertama menanam tanaman tersebut dan juga pada masa panen. Nah, kami di sini akan memberikan beberapa tips dan trik perawatan yang mudah dan bisa anda aplikasikan pada tanaman anda trutama kelengkeng.

perawatan kelengkeng.jpg

Seperti yang kita ketahui bersama,kelengkeng merupakan tumbuhan yang gampang-gampang susah dalam perawatannya. Meskipun demikian disini kami akan memberikan sedikit beberapa cara yang baik dan benar agar tanaman kelengkeng anda mendapatkan hasil yang maksimal sehingga tidak merugikan anda secara materil.

Penyiraman

Penyiraman merupakan hal yang sangat penting pagi tanaman jenis kelengkeng ini. hal ini di karenakan karena kelengkeng membutuhkan bantang yang selalu terjaga kelembapannya denga baik. nah maka dari itu sebaiknya anda melakukan penyiraman sebanyak 2 kali dalam sehari. Namun hal ini jangan di lakuakan ketika musim hujan tiba. Anda hanya perlu memastikan tanah pada bawah batang kelengkeng anda jangan sampai tergenang air.

Pemupukan

Selain penyiraman di atas, ada kalanya sebuah tanaman juga memerlukan sebah nutrisi bagi tubuhnya. Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari pemupukan. Pemupukan ini juga bisa anda lakukan ketika tanaman sudah mulai bertumbuh besar, selain pada saat awal penanaman kelengkeng. Jika batang sudah cukup besar anda bisa memberikan pupuk kandang sebanyak 1 bulan sekali. Cukup mudah bukan.

Pendangiran

Mungkin anda masih asing dengan kata “Pendangiran” ini. Pendangiran merupakan salah satu proses yang di lakukan dengan penggemburan tanah yang berada di sekitar kelengkeng tersebut. Selain bertujuan memudahkan air untuk segera di serap oleh tanaman, Pendangiran ini juga di butuhkan untuk membersihkan berbagai gulma seperti rumput liar dan sejenisnya sehingga kelengkeng dapat tumbuh dengan sempurna.

perawatan kelengkeng

Pemangkasan

Pada dasarnya tidak semua jenis tanaman memerlukan proses ini. namun pada jenis tanaman kelengkeng pemangkasan harus di lakukan. Hal ini bukan tanpa alasa, di karenakan cara ini bertujuan agar batang pada tanaman kelengkeng menjadi lebih banyak dan produktif. Cara yang perlu anda lakukan cukup mudah adalah dengan cara memotong pada pada cabang yang tidak produktif. Setelah anda melakukan pemotongan, pastikan pula pemotongan yang anda lakukan menimbulkan seluruh bagian pada pohon kelengkeng terkena sinar matahari dengan baik.

Penyiangan

Untuk yang terakhir tanaman kelengkeng memerlukan langkah penyiangan yang baik dan benar. Untuk anda yang belum mengetahi apa arti penyingan ini adalah melakukan pencabutan atau mematikan berbagai jenis gulma yang berada pada tanaman kelengkeng anda. cara ini bisa anda lakuakan menggunakan berbagai cara seperti menggunakan bahan kimia dan juga organik.

Perlu anda ketahui, jika anda menggunakan bahan kimia ini biasanya kurang baik pada kelengkeng itu sendiri namun akan cepat dalam menanggulangi masalah tersebut. Namun jika anda menggunkaan  bahan yang aman seperti organik, umumnya kelengkeng anda juga akan mendapatkan efek baik dari bahan organik tersebut.  Namun untuk cara penggunaan yang paling di anjurkan, anda bisa menggunakan cara manual seperti mencabutnya menggunakan tangan.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *