Pohon Pepaya Bisa Di Cangkok.. Kenapa Tidak

5 Langkah Mudah Mencangkok Pohon Pepaya

Diposting pada

Pepaya merupakan salah satu dari sekian buah-buahan yang paling mendominasi di negara teropis. Selain mudah dalam pembudidayaannya, buah ini juga kadang dapat tumbuh tanpa sengaja kita tanam. Pada dasarnya pepaya merupakan buah berdaging lembut yang di dalamnya terdapat banyak biji. Batang dari buah pepaya ini kadang menjuntai paling tinggi hingga 5-6 meter. Dalam produksi buah pepaya di negara kita tentunya sangat mudah di temukan, baik di pasar buah maupun di supermarket ternama.

pohon pepaya

Buah dengan kandungan yang sangat baik pada tubuh ini, umumnya sangat bermanfaat dalam melancarkan metabolisme tubuh. Seperti jika anda mengalami sembelit, cobalah untuk konsumsi buah satu ini di jamin anda akan segera merasakan BAB yang lancar. Selain dari sekian banyak manfaat lainnya, dalam pembudidayaan yang biasanya kita lebih kenal dengan generatif yaitu dengan melalui biji dari buah ini. namun, belakangan ini pembudidaya lainnya mencoba dengan cara lain dengan cara mencangkok pohon pepaya nya. Apakah mungkin..? mungkin fikiran itulah yang pertama kali mucul di fikiran anda dan sekian banyak orang lainnya. Jika anda penasaran dari metode pncangkok an pada pohon pepaya ini untuk lebih jelasnya mari kita simak di bawah dengan cara seksama.

Cara Mudah Cangkok Pepaya

untuk anda yang sudah terinspirasi untuk mencoba metode baru dalam penanaman pohon pepaya dengan cara pencangkok an, sebelumnya anda harus menyiapkan beberapa hal di bawah ini diantaranya adalah:

Yang perlu anda perhatikan pertama adalah mencari pohon yang akan anda cangkok benar-benar sehat bugar yang di tandai dengan tumbuh besar dan mempunyai banyak daun. Hindari pohon yang terserang penyakit seperti daun bolong atau daun yang kekuningan di pinggirnya.

Pastikan terlebih dahuu buah pada pohon pepaya yang akan anda jadikan cangkon memiliki kualitas terjamin, seperti danging buah manis, lembut dan juga besar

Pilih juga pohon pepaya yang sudah masuk pada vase geratif, dimana tumbuhan tersebut sudah pernah berbuah dan siap di jadikan bibit.

Pada umumnya terdapat 2 metode pencangkokan pada pohon pepaya ini.

pohon pepaya

  • Penyayatan pada batang
  • Merekatkan batang yang akan di cangkok

Syarat yang lain adalah jika pada pohon sendiri sudah terdapat batang cabang itu akan memudahkan anda, yaitu dengan mencangkok pada batang yang bagus.

Setelaha anda mengetahui dari beberapa hal di atas yang harus terlebih dahulu di perhatikan sebelum mencangkok, maka di bawah inilah proses mudah yang bisa anda lakukan dalam mencangkok pohon pepaya sendiri di rumah.

Persiapan alat dan bahan-bahan

  • Media tanam pot, langsung ke tanah, atau juga bisa menggunakan wadah yang sudah tak terpakai
  • Pisau yang tajam dan bersih
  • Potongan kayu sebagai ganjalan

Langkah pertama

  • Siapkan tanaman yang akan anda sayat
  • Tentukan bagian terbaik untuk sayatan anda
  • Penyayatan di lakukan dengan cara ke atas dengan sudut sayatan 45 derajat
  • Sayatan ini sampi setengah pada batang bohon pepaya

Langkah ke 2

Siapkan beberapa bahan lain guna merangsang agar bibit dari cangkok capat dalam berakar. Biasanya ini bisa anda dapatkan dengan memberi zat ZPT. Untuk mendapatkannya anda bisa membli di toko pertanian di kota anda. jika cara ini di anggap ribet, cara lain yaitu dengan menggunakan bawang merah sebagai zat alami ZPT.

pohon pepaya

Langkah ke 3

Setelah anda memberikan cairan perangsang, kemudain ganjal dengan kayu yang sudah tesedia tadi. Cara ini di lakukan agar kedua sayatan tidak menempel.

Langakah 4

Setelah selasai, kemudain lakukan pembungkusan dengan media tanam sang sudah tersedia pada sayatan and. Pastikan pada pembungkusan iki hanya kelembapannya saja,jangan sampai terlalu basah atau terlalu kering.

Langakah 5

Selesai. Anda telah mendapatkan metode pencangkokan pada pohon pepaya. Setelah itu, anda hanya tinggal menuggu dengan cara mengecek apkah akar sudah terlihat. Begitu akar sudah mulai nampak, pastikan dulu bahwa akat tumbuh panjang dan siap di pindahkan ke pada median tanam lain.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *