4 Teknik-Teknik Seniman Yang Harus Anda Ketahui Dalam Menciptakan Seni Rupa 2 Dimensi

4 Teknik-Teknik Seniman Yang Harus Anda Ketahui Dalam Menciptakan Seni Rupa 2 Dimensi

Diposting pada

Ada banyak tema atau model seni di dunia ini mulai dari 2D 3D dan masih banyak yang lain. Karya seni yang di buat dengan baik dan menghasilkan sebuah bentuk yang indah tentu akan membuat semua orang yang melihatnya akan senang dan merubah mood yang tadinya bosan atau sedih menjadi bersemangat lagi. Berangkat dari sana, tentunya keberadaan seni ini tentunya sangat penting di kehidupan sehari-hari manusia agar hidup tidak mudah bosan dan terasa hambar begitu-begitu saja.

Dari sekian banyak karya seni, pada kesempaatan kali ini kita akan ulas tentang karya seni 2 dimensi atau 2D. Jenis karya seni satu ini tentu saja juga memiliki nilai artistik  di bandingkan dengan karya seni jenis lainnya. Adapun untuk pengertian sebenarnya dari karya seni 2D ini adalah sebuah karya seni rupa yang hanya mempunyai dua sisi saja yaitu sisi lebar dan juga sisi panjang.

Teknik-Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Berbeda dengan jenis karya yang lainnya, pada karya seni 2D ini ia tidak memiliki ruang karena pada dasarnya semua jenis 2D tidak memiliki unsur ketebalan di dalamnya. Jika di artikan dalam sisi yang berbeda, karya 2D ini juga bisa di artikan adalah sebuah karya yang hanya bisa di lihat atau di nikmati pada satu arah saja.

Di dalam seni 2 dimensi ini pula, hasil karyanya juga hanya bisa di nikmati melalui indra penglihatan dan juga indara perabaan. Maka dari itu harus di perlukan beberapa tekhnik yang mumpuni agar tercipta kayra yang dapat di nikmati dan juga di dalamnya harus terdapat unsu-unsur artistik dan nilai dari karya seni itu sendiri. Untuk lebih mengenal lagi apa-apa saja tekhnik yang bisa anda aplikasikan dalam menciptakan karya seni 2D ini adalah sebagai berikut:

Teknik-Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Teknik Plakat

Teknik Plakat

Untuk tekhnik yang pertama yang bisa anda gunakan untuk menciptakan karya seni 2D adalah tekhnik Plakat. Di dalam metode penggunaan Teknik Plakat ini nampaknya sudah cukup umum di gunkan oleh para seniaman-seniaman lukis. Adapun sebenarnya Teknik Plakat ini adalah penciptaan karya seni menggunakan cat poster dan cat minyak akrelik dan cara pengaplikasiannya adalah dengan menggoreskan pada bidang lukis dengan ketebalan yang cukup. Akibat dari ketebalan ini biasanya akan menciptakan sebuah karya seni yang benar-benar bagus, padat dan juga pekat.

Teknik Kolase

Teknik Kolase

Jenis teknik dalam menciptakan karya seni yang kedua adalah tekhnik Kolase. Pada jenis tekhnik ini anda bisa menggunakan metode atau cara dengan memotong sebuah kertas dengan ukuran tertentu dan kemudian anda bisa menempelkan kembali pada objek tertentu dan akan membentuk sebuah likisan. Keunggulan dari tekhnik ini biasanya akan menciptakan sebuah karya seni dengan abstarak akibat adanya potongan-potongan yang di satukan kemebali. Untuk hasil dari penciptaan karya seni ini di sebut dengan mozaik.

Teknik Transparan

Teknik Transparan

Dari nama tekhniknya saja mungkin anda bisa membayangkannya dengan jelas yaitu transparan. Di dalam tekhnik ini anda bisa menggoreskan atau menggambar pada sebuah bidang lukis dengan tekanan yang cukup rendah atau tipis-tipis saja. Alat yang umum di gunakan dalam tekhnik ini adalah menggunakan cat air atau sejenisnya.

Teknik Melipat, Menggunting, Dan Merekat (3 M)

Teknik Melipat, Menggunting, Dan Merekat (3 M)

Untuk tekhnik yang terakhir ini cukup banyak langkanya. Dimana anda harus menggunting kemudian melipat dan setelah itu anda bisa menempelkan. Adapun untuk keseluruhan langkah ini juga dapat di sebut dengan tekhnik memanipulasi suatu karya dengan sedemikian rupa agar menghasilkan karya yang dapat dinikmati dan juga membetuk karya seni rupa 2 dimensi dengan sempurna.

Pada dasarnya sebuah karya seni tidak akan memiliki suatu nilai jika di dalamnya tidak memiliki sebuah artistik yang menjadikan karya seni itu indah dan bisa di nikmati. Maka dari itu di butuhkan berbagai cara seperti di atas agar niali artistik itu tercapai.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *