4 Langkah Mudah Membuat Cocopeat Di Rumah

Diposting pada

Pada dasarnya negara indonesia kita merupakan negara yang terdiri dari beberapa pulau yang memungkinakn untuk tanaman jenis kelapa tubuh dengan subur. Apalagi menurut data terkemuka menyatakan bahwa sebagian besar penduduk kita hingga 80% penduduk desa mengolah jenis buah ini sebagai mata pencaharian. Namun pada umumnya buah kelapa yang paling umum di ambil adalah bagian dalamnya atau daging buah dan air kelapanya saja, dan di gunakan sebagai santan dan juga makanan penambah nutrisi lainnya yang sangat berguna bagi manusia.

Namun apakah anda pernah berfikir tentang gunanya batok kelapa, sabut kelapa atau juga bisa di katakan limbah dari kelapa tersebut…?  ya. Kali ini kami akan membahas beberapa penggunakan limbah dari buah kelapa ini yaitu menjadi Cocopeat.

Cocopeat

Dari sekian banyak anda mungkin masih asing dengan istilah Cocopeat ini, namun mungkin juga ada yang sudah sering dalam mendengarnya. Cocopeat pada dasarnya merupakan bagian luar yang terdapat pada buah kelapa yang berupa spons atau yang biasa di sebut dengan sabut kelapa. Untuk anda yang belum paham sama sekali, Cocopeat ini memiliki warna coklat yang di mana terdiri dari serat-serat yang menyatu seperti jaring. Selain itu, Cocopeat ini memiliki kemampuan yang berguna dalam  menahan sejumlah besar air seperti gunanya spos pada umumnya. Dari perhitungannya sendiri dalam 1kg Cocopeat ini biasanya dapay menampung hingga kurang lebih 16 liter air. Waow sangat menakjubkan bukan. Bagi anda yang panasaran bagaimana cara membuat hingga menjadikan limbah tersebut bermanfaat, simak lebih lanjut di bawah ini.

Langkah-Langkah Membuat Cocopeat

Di bawah ini beberapa langkah mudah yang bisa anda sendiri praktikka  di rumah guna memanfaatkan dari sabut kelapa yang anda punyai. Biasanya dalam penggunaan yang paling umum adalah di gunakan sebagai pupuk atau tambahan nutrisi pada tanaman.

1. Mengumpulkan Sabut Kelapa.

Cara yang pertama adalah dengan mengumpulkan sabut kelapa yang sudah tak di gunakan lagi. Anda bisa mencari di pengolahan kopra atau juga bisa mencari di tempat-tempat pengolahan buah kelapa lainnya. Namun jika anda memiliki pohon kelapa sendri tentunya akan lebih mudah dalam mengumpulkannya.

Kemudian keringkan sabut kelapa tersebut jika yang anda dapatkan sabut kelapa yang masih baru dan basah.  Penting untuk di ketahui, kalau bisa jangan mengumpulkan sabut kelapa yang masih basah biasanya akan memerlukan waktu yang cukup lama dalam pengeringannya.

2. penguraian.

penguraian.

Penguraian ini merupaakan langkah yang paling utama dalam pembuatan Cocopeat. Setalah kemudian anda mendapatkan sabut kelapa yang kering, langakah selanjutnya dengan menggunakan alat mengurai mesin yang di sebut dengan decorticating. Namun alat ini cukup mahal apalagi anda orang dalam ekonomi menengah ke bawah.  Namun tenang saja, ada beberapa cara lain guna mengatasi masalag ini yang lebih mudah dan praktis dan juga pastinya sudah tersedia di rumah anda yaitu mixer yang biasa anda gunakan sebagai penggiling kacang dan jenis lainnya. Caranya cukup mudah diantaranya adalah:

  • Langakah Pertama yaitu dengan memotong pada sabut kelapa kemudian menjadi bagian yang lebih kecil anda bisa menggunakan gunting dalam hal ini.
  • Langakah selanjutnya dengan menggiling sekam kelapa ini ke dalam mixer anda.
  • Jangan lupa untuk Pisahkan serbuk dan serat kelapa.
  • Setelah itu, anda bisa mgnggunakan Serat kelapa ini dengan pengolahan lebih lanjut hingga akhirnya menjadi Cocopeat.
  • Selain itu, Serat kelapa ini juga dapat digunakan untuk membuat tali, tikar dan jaring pancing, dll.

3. Pencucian.

Langakah terakhir adalah dengan mencuci hasil dari gilingan pada sabut kelapa anda tadi. Pencucian ini bertunjuan untuk menghilangkan unsur-unsur yang terkandung dalam sabut kelapa seperti  kalium, kloridan dan juga natrium. Selain itu, pencucian ini juga dapat membuat kandungan garam tang terdapat di dalamnya dapat hilang sehingga nantinya baik untuk tanah yang yang akan menjad media tanam anda.

4. Pengeringan

Anda bisa mengeringkan hasil sabut yang telah anda cuci dengan matahai langsung, atau juga jika dalam sekala besar anda bisa menggunakan over dengan ukuran maksimal. Pengeringan ini juga bertujuan untuk menghilangakan kandunagan kalium [1+] dari serbuk kompleks kelapa juga sebagai pengawet alami dari sabut tersebut.

Pengeringan

Setelah pengeringan selesai dan benar-benar kering, maka Cocopeat anda sudah siap anda gunakan. Dalam pengaplikasiannya sendiri Cocopeat ini dapat anda gunakan di kebun atau juga bisa pada tanaman pot anda. keunggulan lain dari Cocopeat ini dapat bertahan hingga beberapa tahun dan masih layak di gunakan untuk tanaman anda.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *