4 jenis tanaman air yang mudah dalam perawatannya

4 Jenis Tanaman Air Yang Mudah Dalam Perawatannya

Diposting pada

Jika anda memiliki kolam rasanya kurang pas jika tidak di tanami dengan berabagi tanaman termasuk jenis tanaman air berikut ini. selain dapat memberikan nilai estetika tersendiri adanya tanaman hias air yang berada di atas kolam juga dapat mempercantik kolam anda tentunya. Tanaman air sendiri secara ilmiah di artikan sebagai jenis tanaman hidrofit dimana ini di ambil dari kata hidro yang artinya air sebagai media tanaman jenis ini tumbuh.

Dalam pengertian lainnya juga menyebutkan bahwasaanya jenis tanaman ini biasanya merendamkan sebagian atau semua akar, daun atau batang pada air.  Selain itu akhir-akhir ini banyak pembudidaya ikan yang kerap memadukan tanaman air ini dengan ikan yang berada di dalam kolam. Cara ini di anggap ampuh untuk keberlangsungan hidup ikan yang secara alami dapat memakan bahkan menjadikan tanaman ini sebagai sarang atau tempat berkembang biaknya.

Keberadaan jenis tanaman air di kolam selain  mempunyai manfaat pada ikan juga kadang pada beberapa jenis tanaman tertentu bisa berguna sebagai pembersih alami kolam. Dan ini tentunya dapat menjadi keuntungan lebih jika anda salah satu orang yang kurang rajin dalam membersikan kolam baik itu akibat pekerjaan atau karena memang kondisi kolam yang besar dan membutuhkan waktu lama untuk membersihkannya.

Untuk itu dibawah ini beberapa jenis tanaman air yang sangat kami rekomendasikan untuk anda baik untuk tanaman hias kolam atau sebagai tanaman hias yang mempercatik pekarangan anda.

Tanaman Hias Teratai (Nyamphaea)

Tanaman Hias Teratai (Nyamphaea)

Jenis tanaman air yang pertama yaitu dengan nama Teratai. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan jenis tanaman yang satu ini. adapun untuk habitat alami pada tanaman air ini biasanya terdapat di rawa-rawa atau juga tempat-tempat genangan air yang lebar lainnya. Adapun untuk beberapa ciri dari tanaman ini adalah memiliki warna-warni pada varietas jenis bunganya, tumbung mengapung di atas air, bunga memiliki diamter sekitar 45-90 cm. Selain itu nampaknya jenis tanaman ini paling cocok jika anda tanam pada kolam ikan anda. karena akar pada tanaman ini biasanya dapat di jadikan tempat berkembang biak untuk ikan anda.

Melati Air (Echinodorus paleafolius)

Melati Air (Echinodorus paleafolius)

Seperti yang banyak di ketahui, umumnya jenis tanaman melati merupakan jenis tanaman yang hidup didarat yang memiliki bunga putih dan juga berbau wangi. Namun pada kali ini sedikit berbeda, di karenakan tumbuhan melati ini hidup di air sehingga sangat bagus untuk di jadikan hiasan pada kolam anda. adapun untuk beberapa karakeristik dari jenis melati air ini adalah sebagai berikut:

  • berdaun kaku dengan bulu kasar di bagian atas maupun bawah daunnya.
  • daun berbentuk lonjong kecil bertitik,
  • kadang juga Melati dengan daun lonjong besar dan bulat besar.
  • Paling sering di temukann hidup di kawasan perairang yang berlumpur seperti rawa-rawa dan sungai

Tanaman Lidi air (Typha angustifolia)

Tanaman Lidi air (Typha angustifolia)

Lidi air merupakan jenis tanaman yang memiliki spesifikasi khas dengan bentuk menjulang kecil seperti lidi terbalik. Selain itu karakteristik lainnya seperti berbentuk pipih berwarna hijau dan kemudian memiliki guratan berwarna kuning pada ujungnya. Selain bagus untuk kolam nampaknya tanaman ini juga cocok untuk penghias pekarangan rumah anda.

Tanaman Air Lotus (Nelumbo nucifera)

Tanaman Air Lotus (Nelumbo nucifera)

Dan yang terakhir jatuh kepada pilihan terbaik yaitu jenis tanaman hias air Lotus. Jenis tanaman ini dalam daerah lain juga di sebut dengan nama seroja. Selain itu, tanaman ini memiliki keunggulan yaitu sangat mudah hidup di pot atau di letakkan pada wadah-wadah tertenu. Adapun untuk karakteristik pada jenis Lotus ini adalah sebagai berikut:

  • Lotus memiliki bunga indah yang kecenderungan memiliki¬† warna kombinasi antara merah dan putih
  • mempunyai berbagai ukuran daun, mulai dari yang lebar dengan varietas lain ukuran daun lebih kecil
  • dapat tumbuh hingga ukuran 1 meter dan bahkan lebih
  • jika anda berminat menanam jenis tanaman satu ini anda haruslah membutuhkan ruang tumbuh yang lebih besar dibandingkan tanaman hias air lainnya.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *