3 tahapan mudah stek batang yang mudah di praktekkan

3 Tahapan Stek Batang Yang Mudah Dipraktekkan

Diposting pada

Pengembangan atau pembudidayaan tanaman menggunakan cara stek batang bukanlah satu cara yang tergolong asing dalam dunia pertanian. Dalam pengertian singkatanya sendiri stek batang ini berarti deengan menanam batang pada tanaman yang kemudian di tancapkan pada media tanam setelah melaui berbagai tahap dan waktu yang telah di tentukan. Cara pembudidayaan menggunakna tekhnik ini di harapkan dapat memaksimalkan pembentukan akar yang lebih cepat di bandingkan dengan metode lainnya. Tetepi, pada kenyataannya tidak semua jenis tanaman dapat di budidaya dengan cara stek batang ini.

stek batang yang mudah

Sebelum anda memulai mempraktikkan metode ini, sebaiknya anda memepersiapkan terlebih dahulu beberapa barang pendukungn seperti pisau atau cutter yang harus tajam, beberapa plastik bening, dan juga polybag sebagai media tanam nantinya.

Pada jenis stek batang kali ini kita akan menggunakan metode stek  batang dengan menyambungkan bagain batang dari tanaman induknya sehingga akan menghasilkan produk tanaman yang kualitas dari indukan dan batangnya. Selain itu, terlebih dahulu kita harus memperhatikan beberapa syarat yang akan kita gunakan dalam menggunakan metode stek bantang. Diantara syarat terbentuknya stek batang sempurna adalah sebagai berikut:

  • Pertama adalah dengan memilih tanaman induk yang harus sehat dan tentunya bebas hama penyakit serta sedang dalam masa bertunas
  • Jika anda hendak menggunakan stek batang pada tanaman berbuah, pilih lah terlebih dahulu tanaman induk yang memiliki kualitas buah prima dan produksi tinggi

Tahapan Stek Batang

Pada hakikatnya pengembang atau pembudidaya kebanyakan menggolongkan tahapan pada stek batang ini menjadi 3 tahapan yang mudah untuk anda lakukan sendiri di rumah, seperti periapan stek batang, pemotongan dan penyambungan pada stek batang. Untuk lebih rincinya lagi, mari kita simak langakah-langkahnya di bawah ini.

1. Tahap Persiapan Stek Batang

  • media tanam yang terdiri atas campuran tanah, pupuk dan kompos dari sekam.
  • polybag atau wadah lain/pot berukuran kecil/sedang
  • masukkan media tanam ke dalam pot atau wadah
  • jangan semua menutup dengan tanah, melainkan harus sisakan 3 cm di bawah bibir wadah/polybag
  • dan setelahnya Siramlah dengan air sampai media tanam benar-benar basah seluruhnya

2. Pemotongan Batang

2. Pemotongan Batang

Pada langkah pemotongan sebaiknya anda memeperhatikan terlebih dahulu batang yang akan anda potong, apakah keras, sedang  atau hanya lunak. Di karenakan akan memiliki metode berbeda dalam pemotongannya.

Pemotongan batang lunak dan sedang

Jika anda memotong pada batang tanaman yang lunak maka harus dengan memotong pada 10 atau 12,5 cm dan diameter 0,5 cm.  Jangan membuang semua daun pada batangnya, tetepi sisakan sedikit pada pucuknya.

Stek batang keras

Jika anda memotong pada batang yang keras, maka sebaiknya anda memotong kisaran panjang 15 s/d 20 cm. Dan potong pada bagian di bawah batang yang lunak. Dan juga sama seperti di atas, jangan membuangn semua daun, tetapi sisakan sedikit di atas.

3. Penyambungan Batang

Dalam proses penyambungan langkahnya adalah dengan menyambungkan pangkal stek dengan batang yang sebelumnya telah anda beri sayatan di sana. Namun sebelum itu di lakukan, untuk mendapatkan proses yang lebih cepat kami ada tipsnya, yaiitu dengan menggunakan zat perangsang akar seperti ZPT atau lainnya. Untuk mendapatkannya anda dapat membeli di toko pertanian terdekat pada kota anda.

Setelah anda selesai dalam proses penyambungan tadi, kemudian langkah selanjutnya denga cara membungkus sambungan anda dengan plastik transparan yang sudah anda siapkan tadi. Cara menggunakan plastik transparan memiliki fungsi yang peting, dimana dari plastik transparan ini nantinya cangkok yang anda buat dapat mendapat sinar matahari yang baik sehingga tidak mudah mengalami penyakit jamur. Dan langkah yang terakhir adalah dengan menempatkan batang tang telah tercangkok di area yang teduh dalam kurung waktu 1 minggu.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *