3 Syarat mudah jika anda hendak menanam sayuran di ruamah, walaupaun lahan sempit.

3 Syarat Mudah Menanam Sayuran Dengan Lahan Sempit Di Ruamah

Diposting pada

Sayuran adalah salah satu  kebutuhan yang paling wajib di konsumsi manusia agar mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin yang menjaga kesehatan tubuh secara alami. Sayuran di perlukan tubuh terutama untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap lancar dan berjalan sebagai mana mestinya. Bisa dilihat dari orang yang kurang dalam konsumsi sayuran ini biasanya akan mengalami masalah pada pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar dan lain sebagainya.

3 Syarat mudah jika anda hendak menanam sayuran di ruamah, walaupaun lahan sempit.

Bagi anda yang tinggal di pedesaan dan memiliki sektor perkebunan yang luas menanam sayuran bukanlah hal yang sulit untuk di lakukan, bahkan sebagian besar sayuran yang masuk ke dalam kota merupakan hasil dari perkebuanan sayur yang ada di desa. Namun ini akan menjadi sedikit masalah jika anda tinggal di perkotaan yang memiliki lahan sempit dan memiliki keinginan tinggi untuk menanam sayuran di rumah. Apakah ada solusinya..? tentu ada pastinya. Kami di sini sedikit akan memberi beberapa tips dan trik yang bisa anda lakukan di rumah jika berkeinginan menanam sayur secara mandiri meski dengan lahan yang tidak memadai atau sempit.

Akhir-akhir ini banyak pembudidaya yang mengembangkan berbagai macam varietas sayuran yang dalam penanamnnya hanya menggunakan media-media tanam sempit saja dan ini sangat cocok dengan yang anda butuhkan.

Persiapan

Yang pertama tentunya persiapkan media tanah yang akan anda jadikan tempat tanaman tumbuh. Seperti belakang rumah, pingging atau juga bisa menggunakan pot yang mungkin bisa anda gunakan pula.

Hal yang wajib di perhatikan

Penyinaran

Penyinaran

Penyinaran merupakan hal yang wajib dalam setiap tanaman, tidak terkecuali dengan sayuran yang akan anda tanam. Setidaknya dalam sehari sayuran yang akan anda tanam nantinya harus memiliki asupan matahari sekitar 6 jam atau lebih. Karena jika kurang dari itu biasanya tanaman tidak berkembang dengan baik dan mengalami stres. Jika anda sudah memiliki tempat yang cocok dan memiliki penyinaran yang pas pula maka jenis tanaman yang kami rekomendasikan adalah berupa tanaman hijau, brokoli, selada dan jenis tanaman kacang-kacangan lainnya.

Pengairan

Pengairan

Seperti juga manusia jika kekurangan cairan maka akan mengalami masalah, ini juga akan terjadi pada sayuran anda. maka dari itu, perlu anda melakuakan penyiraman secara rutin agar nantinya tanaman tetap tumbuh subur dan juga segar. Apalagi anda menanam jenis sayuran berbuah seperti tomat biasanya akan mengalami pecah pada buah di karenakan kekurangan cairan pada tubuhnya.

Hindari mengandalakan asupan air ketika hujan saja, karena biasanya di kebanyakan kita kurang perhatian dalam menyiram sayuran ini sehingga sayuran layu, keriput atau bahkan mati. Cara lain jika anda malas dalam penyiraman setiap hari, anda bisa menggunakan metode irigari tetes. Dengan memasang beberapa peralatan yang memadai anda bisa menggunakannya dengan mudah.

Media Tanam

Media Tanam

Dan yang terakhir adalah media tanam, bisa tanah langsung atau juga tanah yang anda masukkan pada pot dan sebagainya. Jangan lupa untuk memilih tanah dengan kualitas tanah yang baik dan subur, namun jika anda kesusahan anda juga dapat membuatnya sendiri dengan mencampurkan tanah dengan beberapa pupuk atau dengan mol lainnya. Karena pada dasarnya pemilhan tanah ini nantinya hal yang dangat fatal. Mengapa demkian, karena tanah nantinya yang menjadi media utama penyabab tanaman anda bagus atau tidak.

Demikianlah beberapa syarat bertanam sayuran di rumah dengan mudah yang harus anda ketahui. Seperti asupan matahari yang pas, air yang masuk secara konsisten, dan juga kulaitas tanah yang bagus. Setelah ketiganya terpenuhi dengan semestinya, maka anda siap menanam sayuran di rumah anda walaupaun memiliki lahan yang sempit.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *