3 Pakaian Adat Bali Yang Terkenal Hingga MancaNegara.


Indonesia terdiri dari berbagai daerah yang memencar di banyak pulau. Akibat banyaknya pulau ini pastinya di dalamnya juga terbentuk akan suatu atau kumpulan masyarakat yang memiliki satu kesatuan. Hal ini biasanya berupa budaya dan beberapa kesamaan lainnya. Dalam sebuah budaya dapat di ketahui dari berbagai hal misalnya makanan, pakaian dan juga berbagai ciri khas lain seperi bangunannya dan sejenis nya.

Dalam setiap budaya di daerah indonesia identik dengan berbagai keragamannya. Hal ini dapat di buktikan bahwa budaya di sumatera tidak pernah sama dengan budaya jawa. Selain itu, dalam budaya ini banyak menyantumkan berbagai kesatuan yang menyatukan masyarakat tersebut sebagai identitasnya. Identitas yang paling banyak di ketahui adalah lewat pakaian adat.

Nah pada kesempatan kali ini, kita sedikit akan mengulas beberapa pakaian adat bali yang memiliki niali serta norma di dalamnya. Seperti yang kita ketahui bali merupakan salah satu pulau yang sangat terkenal dan bahkan sudah terkenal di luar negeri. Berbagai keunikan bali menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing yang datang ke indonesia. Daya tarik ini mulai dari pantai, budaya dan juga pakaian adatnya. Pakaian adat bali sudah menjadi daya tarik tersendiri oleh wisatawan-wisatawan yang melancong ke pulau bali. Lalu, apa sajakan pakaian bali yang menjadi daya tarik tersebut, berikut diantaranya:

Pakaian Adat Bali

Baju Safar

Baju Safar

Jenis pakaian adat yang pertama adalah baju safari. Untuk jenis baju adat yang pertama ini merupakan sebuah baju yang biasanya di pakai oleh kaum pria. Adapun untuk beberapa karakteristik dari baju safari ini adalah sebagai berikut:

  • Baju adat ini berbentuk seperti kemeja pada umumnya
  • Selain itu baju ini terdapat pula kerah dan kancing
  • saku di bagian kiri atau kanan pada kemeja
  • Warna Baju Safari identik warna putih. Warna ini di pilih sebagai lambang kebersihan.

Sanggul (Pusung)

Sanggul (Pusung)

Perhiasan pada kepala wanita atau sering juga di sebut sanggul merupakan salah satu budaya bali yang sampai saat ini masih di jaga dengan baik. namun berbeda dengan daerah lain, sanggul atau hiasan pada kepala ini di bali dinamanakan dengan Pusung. Pada dasarnya jenis pusung ini juga ada berbagai macam pada masyarakat bali diantaranya seperti pusung kupu-kupu dan pusung gonjer. Kedua pusung ini menjadi ciri khas pada masyarakat bali terutama bagi perempuan. Namun taukah anda bahwasaanya kedua pusung ini memiliki fungsi yang berbeda. Pada pusung gonjer banyak di pakai wanita bali sebagai identitas wanita yang belum menikah atau lajang. Sedangkan pada pusung kupu-kupu di pakai pada wanita yang sudah bersetatus janda.

Kemeja Putih

Kemeja Putih

Jika anda sering bolak-balik wisata ke bali tentu  tidak asing dengan pakaian kemeja yang sering di pakai oleh para pria di sana. Baju ini biasanya banyak di pakai apabila mereka hendak melakuakan sembahyang. Asalan pemakaian baju kemeja putih ini, mereka berpendapat bahwa warna putih merupakan warna yang sakral dan juga memiliki kesucian yang hakiki.

Demikianlah tadi beberapa contoh pakaian budaya bali yang paling sering mereka pakai baik dalam keseharian maupun dalam berbagai ritual agama. Selain itu, keberadaan pakaian ini juga menjadikan  seseorang yang memakainya menjadi lebih mempunyai citra yang baik di dalam masyarkat. Kita sebagai  anak bangsa yang memiliki kecintaan tanah air seharusnya bangga dengan keanekaragaman budaya ini baik dalam bidang budaya apapun termasuk pakaian adat di dalamnya.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *