2 Tokoh Seni Rupa Terkenal Dunia – Yang Satunya Dari Indonesia Lho…!!


Setiap manusia di dunia pasti memutuhkan suatu kepuasan hidup. Kepuasan ini bisa di rauh dalam berbagai cara termasuk di dalamnya adalah seni. Tanpa adanya seni di dalam kehidupan manusia akan terasa hambar dan monoton atau biasa saja. Namun bila kehidupan di sekeliling anda tedapat beragam seni tentulah akan menjadikan kepuasan tersendiri secara tidak langsung. Manfaat lain daru adanya seni ini adalah menjadikan hidup seseorang tidak mudah bosan.

Yan paling penting dari adanya seni ini adalah menjadikan seseorang yang mulanya tidak semangat dan lelah, bisanya jika di hibur dengan adanya seni akan menjadikan mood berubah menjadi senang dan juga semangat. Tentunya keberadaan seni ini tidak usah di pertanyakan lagi kepentingannya. Dalam berbagai hal seni dapat anda jumpai baik di dalam maupun luar rumah anda.

Seni Rupa 2 Dimensi

Namun pada kesempatan kali ini kita membahas seni rupa 2 dimensi yang umum untuk di ketahui.Dalam pengertiannya sendiri karaya seni 2 dimensi ini mempunyai arti sebuah kayra seni yang hanya bisa di nikmati dari dua sisi daja dari lebar maupun panjangnya. Selain itu karya seni satu ini tidak memiliki ruang sehingga anda tidak bisa memasukkinya. Lebih jelasnya lagi karya seni rupa 2 dimensi ini hanya bisa di nikmati melalui 2 indra saja yaitu indra penglihatan yaitu mata, dan juga indra peraba. Dalam istilah lain karya seni juga sering di artikan sebagai karya seni dalam bentuk visual art atau dapat di lihat dan mempunyai wujud nyata.

Dalam pembentukan karya seni rupa 2 dimensi ini ada berabagai cara pembuatannya. Diantarannya adalahs sebagai berikut:

Teknik-Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

  1. Teknik Plakat
  2. Teknik Kolase
  3. Teknik Transparan
  4. Teknik Melipat, Menggunting, Dan Merekat (3 M)

Berbagai tekhik di atas bisa anda aplikasikan dengan mudah menggunakan media-media yang cukup umum anda bisa temui, mulai dari cat, kanvas, kain, kertas dan masih banyak lagi. Nah adapun beberapa hasil dari karya seni ini ada beberpa macam pula dalam penamaannya. Penamaan ini di ambil tentunya jugaberdasarkan proses atau cara pembentukan karya seni 2 dimensi ini. adapaun beberapa contoh seno rupa 2 dimensi adalah sebagai berukut:

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

  1. Gambar
  2. Lukisan
  3. Seni Grafis’
  4. Seni Mozaik
  5. Poster

Beberapa contoh hasil karya seni rupa di atas cukup sering anda temui di keliling anda bukan. Atau anda sebenarnya malah tidak menyadari bahwa setiap kehidupan anda ini di kelilingi dengan berbagai karya seni seperti di atas.

Seni Rupa 2 Dimensi

Berangkat dari sana, tentunya tidak afdhol bila kita belum mengetahui pencipta atau juga kadang bisa di sebut dengan tokoh dalam pembuatan karya seni 2 dimensi ini. dalam berbagai catatan sejarah , ada beberapa tokoh-tokoh seni rupa yang menghasilkan berbagai karyanya dan termsuk cukup indah sampai sekarang. Tokoh-tokoh ini tentunya sangat terkenal dari masa dahulu hingga sekarang. Tokoh ini salah satunya  ada yang berasal dari nusantara lho. Penasaran, simak 2 tokoh yang sangat di segani secara internasional.

Raden Saleh Sjarif Boestaman

Merupakan tokoh seni rupa asli indonesia yang lahir di semarang tahun 1807. Dalam bakatnya membuat seni rupa ini sudah terlihat semenjak beliau kecil dan kemudian mendapat bimbingan lagi dari pelukis keturunan Belgia, dengan nama A.A.J. Payen. Setelah beliau melahirkan berbagia karya seni rupa kemudian beliau wafat pada tahun 1880 di bogor.

Vincent Van Gogh

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh satu ini. karyanya sungguh sangat mempengaruhi dunia pada saat itu. Vincent Van Gogh lahir pada 30 Maret 1853 dan beliau wafat pada tahun 1890 tepatnya pada tanggal 29 Juli. Vincent Van Gogh sendiri merupakan tokoh yang berasal dari bangsa eropa. bahkan karyanya sangat terkenal samapi sekarang.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

M. Ali Munir

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *